5 Tips Sukses Bisnis Bengkel Motor untuk Pemula

tips sukses membuka usaha bengkel motor

Saat ini motor sudah menjadi transportasi yang paling umum digunakan, hampir semua orang punya motor dirumahnya karena harga yang terjangkau dan banyak kemudahan untuk bisa membelinya bahkan ada orang yang punya motor lebih dari satu.

Berdasarkan pantauan kami, penjualan sepeda motor terus meningkat setiap tahunnya baik motor baru maupun motor bekas, karena banyak lembaga kredit yang menjembatani masyarakat untuk bisa membeli kendaraan roda dua yang mereka inginkan.

Meningkatkan pengguna sepeda motor, artinya semakin besar peluang bisnis di bidang bengkel sepeda motor, sepeda motor harus mendapatkan perawatan berkala dalam kurun waktu tertentu.

Bagi anda yang ahli dibidang mesin dan onderdil sepeda motor, tak ada salahnya untuk mencoba membangun usaha di bidang perbengkelan, prospek kedepannya bisnis bengkel sepeda motor akan sangat menjanjikan.

Bagi anda yang saat ini akan ataupun yang telah membuka bisnis bengkel sepeda motor, alangkah baiknya untuk membaca beberapa tips sukses menjalankan bisnis bengkel motor untuk pemula.

1. Menentukan Lokasi sebagai Tempat Bengkel Anda

Sebuah usaha yang sukses tak luput dari tempat yang tepat, khususnya untuk bisnis bengkel sepeda motor, anda perlu mencari tempat yang strategis sehingga mudah diketahui para pengguna motor.

Walaupun memang memilih tempat strategis membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk menyewa, tapi anggaran tersebut akan berbuah manis karena peluang bisnis anda akan mudah dilihat oleh orang yang melintas.

2. Harus memiliki Passion dan Ilmu dibidang Otomotif

Sebagai pengusaha bengkel motor setidaknya harus mengerti dibidang otomotif terutama hal mengenai sepeda motor, maka dari itu anda sendiri perlu mempelajarinya, bisa nonton youtube, bisa main-main ke bengkel orang dll.

Karena memulai usaha bengkel sepeda motor bisa dibilang susah, itulah alasannya mengapa seseorang perlu memulai usaha sesuai bidang yang dikuasai. Kalau hobinya otomotif ya buka bengkel, kalau hobinya foto ya buka usaha studio foto dll.

3. Merekrut Montir yang Handal dan dapat dipercaya

Keahlian dibidang bengkel paling tidak sudah anda kuasai, sehingga anda sendiri faham dengan kerja montir. Anda bisa menjalankan usaha bengkel sendiri tanpa montir tambahan, tapi kalau sudah kewalahan bisa cari montir untuk membantu.

Jangan sampai anda merekrut montir abal-abal yang dapat membuat perkembangan bengkel motor anda menjadi lambat. Pastikan montir yang anda rekrut memiliki keahlian yang cukup dan dapat dipercaya.

Untuk mencari montir yang handal dapat dibuktinya dari pengalaman kerja, sertifikat montir (jika ada), ijazah kursus atau izajah sekolah di bidang mesin.

4. Cari Supplier Suku Cadang yang Bersahabat

Untuk membuka bengkel sepeda motor anda perlu menyiapkan suku cadang atau spare part sepeda motor, maka anda perlu mencari supplier atau pemasok suku cadang yang memberikan harga bersahabat.

Karena toko suku cadang akan menjadi mitra anda dalam mengembangkan bisnis bengkel motor, apalagi kalau modal yang anda punya sangat minim sehingga bisa ambil dulu di toko tersebut ketika membutuhkan sukus cadang.

5. Menyiapkan Strategi Promosi

Sebuah usaha tak terlepas dari yang namanya promosi, promosi sangat perlu dilakukan untuk memperkenalkan bengkel motor anda kepada orang lain.

Beberapa bentuk promosi yang dapat anda coba:

    • Memberikan promo menarik kepada driver ojek online
    • Menggunakan sosial media untuk publikasi
    • Masukan bengkel anda di Google Maps
    • Berikan layanan terbaik (berikan teh botol saat menunggu)
    • Buat ruang tunggu senyaman mungkin
    • Membuat bendera-bendera di pinggir jalan
    • Menyebarkan selebaran atau pamflet / brosur
    • dan lain sebagainya

Terapkan tips bisnis membuka bengkel sepeda motor ini, maka dapat dipastikan bengkel anda akan ramai. Namun sebagai catatan, bahwa agar pelanggan balik lagi maka berikan layanan yang profesional dan memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here