Bisnis diusia Pensiun

Ketika seseorang sudah memasuki usia pensiun bukan berarti berhenti dari aktivitas produktif, mungkin memang usia pensiun sudah harus meninggalkan kantor yang telah dijalani selama bertahun-tahun. Ada beberapa kegiatan produktif yang tetap bisa anda lakukan ketika sudah masuk usia pensiun.

Kekhawatiran seseorang ketika menghadapi usia pensiun yaitu kehilangan penghasilan, namun hal tersebut tetap bisa diatasi dengan menjalankan bisnis yang dapat mendukung keuangan keluarga anda.

Walaupun memang tidak maksimal, tapi tetap ada pemasukan tambahan karena memang pada dasarnya kehidupan di usia pensiun sudah menjadi tanggung jawab anak-anak yang sudah besar.

Tapi menjalankan sebuah bisnis di usia pensiun juga bisa dilakukan, dengan begitu anda tidak perlu khawatir dengan keuangan anda.

Anda tidak perlu takut dalam menjalankan bisnis saat diusia pensiun, ada beberapa bisnis yang mungkin bisa anda jalankan saat anda sudah masuk usia pensiun.

Apa saja itu?

1. Menjalankan Bisnis Properti

Bagi anda yang sudah memasuki usia pensiun, bisnis yang cukup mudah dijalankan yaitu bisnis properti.

Ini merupakan pilihan bisnis yang tepat, anda bisa mengalokasikan sejumlah tunjangan pensiun untuk bisnis ini.

Karena memang untuk menjalankan bisnis ini terbilang membutuhkan modal yang terbilang cukup besar.

Modal besar tentu berbanding lurus dengan hasil yang akan didapat, karena memang keuntungan yang akan dihasilkan dari bisnis properti cukup besar, disamping itu ini bisa menjadi bentuk investasi dalam bentuk properti akan selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Bisnis properti yang bisa dijalankan seperti membuat rumah kontrakan atau kos-kosan, sewa pertokoan dll.

Baca Juga : Bisnis Properti dengan KPR Bank

2. Bisnis Rental Kendaraan

Peluang usaha yang bisa dijalankan sebagai bisnis usia pensiun yaitu menjalankan bisnis rental, modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan bisnis properti.

Rental yang dimaksud yaitu rental mobil, rental motor, rental laptop, rental komputer dll.

Ini bisa membuat waktu anda menjadi lebih produktif untuk memberikan pemasukan bagi keuangan keluarga.

Sehingga hidup anda menjadi lebih berwarna ketimbang menghabiskan waktu tanpa melakukan sesuatu apapun.

3. Bisnis Sesuai dengan Hobi

Setiap orang tentu memiliki hobi, tak terkecuali dengan diri anda sendiri. Kesempatan atau peluang bisnis yang bisa dijalankan adalah melihat dari hobi yang anda miliki.

Menjalankan bisnis sesuai dengan hobi akan membuat kita senang dalam menjalankannya, apalagi ketika usia sudah masuk pensiun.

Hobi yang dikelola dalam sebuah bisnis akan bisa menghasilkan uang, bisa saja uang yang didapat justru akan lebih besar dibandingkan dengan kerja formal yang sempat anda jalankan sebelumnya.

Misalnya : Hobi anda memancing, maka anda bisa bisnis alat-alat pancing dsb yang melayani para komunitas memancing.

4. Bisnis Berdasarkan Keahlian yang dimiliki.

Selain hobi yang bisa dijadikan peluang bisnis, namun keahlian yang anda miliki justru akan bisa menjadikan sumber penghasilan bagi anda ketika sudah masuk masa pensiun.

Setelah anda pensiun, anda bisa kembali melanjutkan profesi dari keahlian yang anda miliki, namun hanya keadaannya saja yang berbeda.

Apabila sebelumnya Anda bekerja sebagai seorang ahli mekanik di sebuah perusahaan, setelah masa pensiun, Anda bisa membuka bengkel yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Atau Anda juga bisa membuka tempat les mekanik bagi orang-orang yang berminat di bidang tersebut.

Baca Juga : Bisnis dengan Modal Kecil

5. Membuka Bisnis Klontongan

Pilihan terakhir sebuah bisnis yang bisa anda lakukan saat masa pensiun adalah membuka sebuah toko klontongan, anda bisa memanfaatkan lokasi depan rumah disulap menjadi sebuah toko.

Apabila lokasinya kurang strategis anda juga bisa membuka toko disebuah pasar atau tempat yang ramai lainnya.

Membuka bisnis klontongan sangat mudah dijalankan, lagipula modal yang dibutuhkan juga relatif lebih kecil, anda hanya perlu menyiapkan tempat.

Barang-barang yang anda bisa seperti kebutuhan dapur, perlengkapan mandi, dan lain-lain.

Sumber gambar : Viva.co.id


Previous articleJalan – jalan merupakan hobi yang bisa dimiliki setiap orang apabila memang memiliki cukup uang untuk membiayai perjalanan, karena jalan-jalan sangat erat kaitannya dengan uang. Butuh yang namanya beli tiket, beli makan, beli souvenir, booking kamar hotel dll.Cukup uang bukan berarti anda harus memiliki banyak uang, namun bagi yang memiliki uang terbatas juga tetap bisa menikmati jalan-jalan tentunya harus bisa menerapkan hidup hemat dan giat menabung. Uang hasil tabungan bisa digunakan untuk membiayai perjalanan anda, apalagi jika perjalanannya ke luar negeri.Misalnya, anda ingin pergi ke Jepang maka anda perlu menyiapkan cukup uang agar anda bisa pulang lagi ke Indonesia. Jika anda ingin pergi ke jepang maka kami sarankan untuk membuat rekening bank BNI dengan fasilitas kartu debit atau bisa juga buka kartu kredit.[caption id="attachment_5184" align="aligncenter" width="906"]ATM di Jepang ATM di Jepang via www.jalan2kejepang.com[/caption]Hal ini akan membantu anda ketika berada di jepang. Anda tidak perlu membawa uang tunai saat melakukan perjalanan, karena hal ini dapat beresiko terjadi kehilangan. Maka dari itu anda bisa menggunakan kartu debit atau kartu Kredit Bank BNI.Mengapa kami menyarankan untuk membuat di BNI? Karena berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan beberapa traveler, yaitu membawa kartu debit (kartu atm) atau kartu kredit bank BNI, karena ketika sedang berada di Jepang anda tetap bisa mengambil uang di ATM di Jepang. Tentu uang yang akan keluar dari ATM di Jepang bermata uang YEN. Anda bisa menjumpai ATM di Minimarket terkenal yaitu Seven7Eleven.Karena ada biaya admin setiap penarikan uang di ATM di Jepang maka anda perlu mempertimbangkan jumlah yang akan di ambil agar tidak bolak – balik tarik tunai di ATM , karena justru akan menguras saldo rekening anda.Sumber : https://www.jalan2kejepang.com
Next articleUang Baru 2017 (Uang Kertas)Menyambut tahun baru 2017, Indonesia kembali merilis uang baru dalam beberapa bentuk pecahan uang kertas dan uang koin. Uang baru ini diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Jokowi melalui Bank Indonesia. Namun, peluncuran uang baru menimbulkan pro dan kontra, mulai dari bentuk, warna, design dan pahlawan yang ditampilkan.Uang baru ini telah resmi menjadi alat pembayaran yang sah, sehingga sebagai masyarakat Indonesia harus tetap menjaga dan menghormatinya. Pertanyaan-pertanyaan bermunculan dan mulai diperbincangkan di social media, beberapa rangkuman pertanyaan dan jawaban :Apa keunggulan dari uang baru? Uang baru 2017 memiliki keunggulan untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan seperti tuna netra, karena setiap nominalnya ada huruf brailnya, dengan begitu ini bisa membantu mereka untuk tetap bisa melakukan transaksi dan tidak mudah dibohongi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.Design uang baru kok mirip uang Yuan? Design uang NKRI ini bukan hanya seperti uang Yuan saja, tapi juga mirip dengan uang dollar singapura, dollar brunei, uang ringgit dan bath. Uang baru NKRI ini menggunakan bahan khusus anti minyak sehingga tidak mudah kucel seperti uang sebelumnya.Jika ada yang bilang ini ada konsiprasi dari pihak tertentu, itu tidak benar , Masyarakat dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.Yang terlibat dalam Design Uang NKRI ini?TIM yang mendesign dari uang baru ini melibatkan beberapa pihak termasuk budayawan, sejarawan, dan beberapa pihak berkepentingan lainnya.Apakah uang ini tidak mudah rusak? sekilas seperti Uang Mainan dan Gambar Pahlawannya kok tidak terkenal? Uang baru ini memiliki banyak sensor sebagai system keamanan, sudah jelas beda dengan uang mainan. Setiap benda pasti akan rusak jika tidak dirawat dengan baik, untuk itu jaga baik-baik uang baru ini, jangan sering kena air, jangan di remas, jangan dilipat apalagi di coret-coret.Jumlah pahlawan banyak sekali, gambar pahlawan dimuka uang NKRI ini ada yang memang sudah terkenal dan ada juga yang belum terkenal. Untuk yang terkenal seperti Soekarno dan Hatta, Tjut Meutia, yang belum dikenal seperti Sultan Mahmud Badruddin dll, dengan begitu masyarakat dapat tahu dan kenal ternyata ada nama pahlawan lain yang berjuang untuk Indonesia.Sebagai tambahan, di bagian belakang uang baru terdapat design tari-tarian nusantara yang tujuannya untuk mengenalkan pariwisata dan bahan edukasi kepada masyarakat dan juga agar tidak diakui oleh Negara Lain.Pada intinya design uang baru telah dibahas dan dipertimbangkan oleh TIM. Sebagai masyarakat Indonesia harus bisa memahami dan menghargai uang NKRI sebagai alat pembayaran yang sah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.