5 Bisnis yang Bisa Anda Jalankan ketika Sudah Pensiun

Bisnis diusia Pensiun

Ketika seseorang sudah memasuki usia pensiun bukan berarti berhenti dari aktivitas produktif, mungkin memang usia pensiun sudah harus meninggalkan kantor yang telah dijalani selama bertahun-tahun. Ada beberapa kegiatan produktif yang tetap bisa anda lakukan ketika sudah masuk usia pensiun.

Kekhawatiran seseorang ketika menghadapi usia pensiun yaitu kehilangan penghasilan, namun hal tersebut tetap bisa diatasi dengan menjalankan bisnis yang dapat mendukung keuangan keluarga anda. Walaupun memang tidak maksimal, tapi tetap ada pemasukan tambahan karena memang pada dasarnya kehidupan di usia pensiun sudah menjadi tanggung jawab anak-anak yang sudah besar.

Tapi menjalankan sebuah bisnis di usia pensiun juga bisa dilakukan, dengan begitu anda tidak perlu khawatir dengan keuangan anda. Anda tidak perlu takut dalam menjalankan bisnis saat diusia pensiun, ada beberapa bisnis yang mungkin bisa anda jalankan saat anda sudah masuk usia pensiun. Apa saja itu?

1. Menjalankan Bisnis Properti

Bagi anda yang sudah memasuki usia pensiun, bisnis yang cukup mudah dijalankan yaitu bisnis properti. Ini merupakan pilihan bisnis yang tepat, anda bisa mengalokasikan sejumlah tunjangan pensiun untuk bisnis ini. Karena memang untuk menjalankan bisnis ini terbilang membutuhkan modal yang terbilang cukup besar.

Modal besar tentu berbanding lurus dengan hasil yang akan didapat, karena memang keuntungan yang akan dihasilkan dari bisnis properti cukup besar, disamping itu ini bisa menjadi bentuk investasi dalam bentuk properti akan selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Bisnis properti yang bisa dijalankan seperti membuat rumah kontrakan atau kos-kosan, sewa pertokoan dll.

Baca Juga : Bisnis Properti dengan KPR Bank

2. Bisnis Rental Kendaraan

Peluang usaha yang bisa dijalankan sebagai bisnis usia pensiun yaitu menjalankan bisnis rental, modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan bisnis properti. Rental yang dimaksud yaitu rental mobil, rental motor, rental laptop, rental komputer dll.

Ini bisa membuat waktu anda menjadi lebih produktif untuk memberikan pemasukan bagi keuangan keluarga. Sehingga hidup anda menjadi lebih berwarna ketimbang menghabiskan waktu tanpa melakukan sesuatu apapun.

3. Bisnis Sesuai dengan Hobi

Setiap orang tentu memiliki hobi, tak terkecuali dengan diri anda sendiri. Kesempatan atau peluang bisnis yang bisa dijalankan adalah melihat dari hobi yang anda miliki. Menjalankan bisnis sesuai dengan hobi akan membuat kita senang dalam menjalankannya, apalagi ketika usia sudah masuk pensiun.

Hobi yang dikelola dalam sebuah bisnis akan bisa menghasilkan uang, bisa saja uang yang didapat justru akan lebih besar dibandingkan dengan kerja formal yang sempat anda jalankan sebelumnya. Misalnya : Hobi anda memancing, maka anda bisa bisnis alat-alat pancing dsb yang melayani para komunitas memancing.

4. Bisnis Berdasarkan Keahlian yang dimiliki.

Selain hobi yang bisa dijadikan peluang bisnis, namun keahlian yang anda miliki justru akan bisa menjadikan sumber penghasilan bagi anda ketika sudah masuk masa pensiun. Setelah anda pensiun, anda bisa kembali melanjutkan profesi dari keahlian yang anda miliki, namun hanya keadaannya saja yang berbeda.

Apabila sebelumnya Anda bekerja sebagai seorang ahli mekanik di sebuah perusahaan, setelah masa pensiun, Anda bisa membuka bengkel yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Atau Anda juga bisa membuka tempat les mekanik bagi orang-orang yang berminat di bidang tersebut.

Baca Juga : Bisnis dengan Modal Kecil

5. Membuka Bisnis Klontongan

Pilihan terakhir sebuah bisnis yang bisa anda lakukan saat masa pensiun adalah membuka sebuah toko klontongan, anda bisa memanfaatkan lokasi depan rumah disulap menjadi sebuah toko. Apabila lokasinya kurang strategis anda juga bisa membuka toko disebuah pasar atau tempat yang ramai lainnya.

Membuka bisnis klontongan sangat mudah dijalankan, lagipula modal yang dibutuhkan juga relatif lebih kecil, anda hanya perlu menyiapkan tempat. Barang-barang yang anda bisa seperti kebutuhan dapur, perlengkapan mandi, dan lain-lain.

Sumber gambar : Viva.co.id