Ambil Uang di ATM, Tapi Uang tidak Keluar – Bagaimana Solusinya?

Tarik Tunai Tapi Uang tidak Keluar

Setiap nasabah bank akan mendapatkan fasilitas kartu ATM yang berguna untuk memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran, isi pulsa hingga pengambilan uang tunai melalui ATM yang telah disiapkan. 

Sekarang ini sangat mudah sekali menjumpai mesin ATM, karena memang mesin ATM di letakan di tempat-tempat umum seperti Mall, Supermarket, Terminal, Stasiun, Minimarket, Bandara dan sebagainya. Dengan begitu, nasabah dapat melakukan transaksi kapan saja dengan mudah.

Namun, pernahkah anda mengalami hal yang tidak diduga karena banyak sekali kejadian-kejadian yang membuat nasabah menjadi bingung. Hal yang sering terjadi dan dialami nasabah ketika melakukan transaksi melalui ATM yaitu ATM tertelan (tidak bisa keluar) dan tarik tunai tapi uang tidak keluar.

Apakah anda pernah mengalaminya?

Bagaimana solusinya ketika ini terjadi pada anda?

Untuk ATM tertelan anda bisa melaporkan ke bank melalui telp ke nomor call center yang telah disiapkan dan selanjutnya meminta untuk melakukan pemblokiran kartu, setelah ATM terblokir selanjutnya anda bisa pergi ke kantor cabang bank yang anda gunakan untuk membuat ATM yang baru.

Sedangkan bagi anda yang mengalami hal aneh yaitu “ambil uang di ATM tapi uang tidak keluar”. Entah kenapa ini bisa terjadi, tentu ini akan merugikan nasabah ketika kejadian seperti ini tidak segera di selesaikan. Misalnya, tarik tunai 2 juta, tapi mesin ATM tidak mengeluarkan uang 2 juta sesuai dengan permintaan nasabah? apakah uang itu akan hilang?

Baiklah, ketika anda mengalami kejadian ini maka ada solusi yang bisa anda lakukan, jangan terlalu panik. Ya, memang uang tersebut berharga untuk anda. Tapi jika anda panik maka masalah tidak akan selesai dengan baik, anda harus mengetahui cara mengurus masalah ini.

Jika anda mengalami kejadian ini (tarik tunai tapi uang tidak keluar) pada hari dan jam kerja maka anda bisa langsung datang ke kantor bank yang bersangkutan untuk melaporkan keluhan anda, anda dapat menyebutkan masalah yang terjadi yaitu uang tidak keluar ketika tarik tunai di ATM (kronologi) dan beritahu lokasi ATM yang anda gunakan.

Nanti, Customer Service akan membantu anda untuk membuat laporan pengaduan terhadap keluhan yang anda alami, anda perlu membawa buku tabungan / menyebutkan nomor rekening, bawa identitas, dan menyebutkan pertanyaan dari cs yang bertugas. Setelah pengaduan di buat, maka akan diproses dalam waktu 7-14 hari kerja.

Lantas bagaimana jika bank sudah tutup?

Jika bank sudah tutup maka anda bisa membuat laporan ke bank melalui nomor telp call center bank yang bersangkutan. Call center melayani nasabah selama 24 jam, anda dapat menghubungi melalui hp atau telp rumah, jika anda menggunakan hp pastikan pulsa anda mencukupi agar tidak terputus ditengah pembicaraan.

  1. Call Center Bank BRI : 1401
  2. Call Center Bank BNI : 1500046
  3. Call Center Bank BCA : 1500888
  4. Call Center Bank Mandiri : 1400
  5. dan Call Center bank lainnya.

Sebagai verifikasi data anda akan diminta untuk menyebutkan, nomor rekening, 16 digit kartu atm, nama lengkap, alamat, tanggal lahir dan nama ibu kandung, setelah semuanya benar anda dapat melanjutkan pembicaraan yaitu menyampaikan keluhan yang terjadi.

Customer Service Center akan membantu anda untuk membuat laporan atas kejadian yang anda alami, anda juga diminta untuk menunggu konfirmasi selanjutnya, keluhan anda akan di tindak lanjuti dan jika terbukti benar maka uang akan di kembalikan dalam waktu dekat.

Demikian informasi ini kami berikan, semoga dapat membantu anda. Anda tidak perlu khawatir dan cemas menganai kejadian ini. Tenang saja, pihak bank akan memberikan tanggung jawab atas ketidak nyamanan ini dengan mengembalikan saldo tabungan anda.



4 COMMENTS

  1. Baru saya ambil uang di ATM tapi uang tidak keluar dan saldo berkurang, coba saya call mandiri 14000 tapi pulsanya abis banyak dan disuruh tunggu lama banget, ada solusi lainnya untuk menghubungi call center melalui Twitter atau Facebook

  2. Saya barusan telp Call Center BNI karena tarik tunai dan tidak keluar uang. Pulsa sekali telpun sekitar 15rb dan disuruh menunggu sekitar 14 hari kerja.

    Hanif – Solo

  3. Saya tadi transaksi via ATM BNI dikuningan tarik tunai dari Debit Citibank saya uang nya ga keluar tapi saldo terpotong saya sudah laporkan hal ini ke pihak penerbit bank kartu saya dan baru akan dikonfirmasikan kembali setelah investigasi paling lambat 20 hari kerja

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.