Cara Mengurus Kartu ATM yang tertelan mesin ATM

kartu-atm-tertelan

Mesin ATM sangat membantu para nasabah bank dalam melakukan transaksi, transaksi menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang bank.  Transaksi yang dapat dilakukan di mesin ATM yaitu seperti mengambil uang, transfer uang, cek saldo dan beberapa transaksi pembayaran lainnya.

Mesin ATM merupakan sebuah alat yang dibuat oleh manusia, adakalanya mesin atm mengalami gangguan, eror atau rusak. Namun disisi lain juga ada nasabah yang teledor dan mengalami kesalahan dalam menggunakan ATM. Sehingga keduanya dapat menyebabkan terjadinya ATM tertelan.

Kasus kartu ATM tertelah sering kali terjadi dan dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Kami sendiri pernah mengalami hal semacam ini, mungkin saat ini giliran anda yang mengalaminya. Namun tak perlu khawatir, karena masalah ini dapat teratasi. Anda perlu melakukan beberapa proses yang akan kami jabarkan di bawah ini :

1. Hubungi Call Center untuk Blokir Kartu ATM

Jika anda mengalami kartu ATM yang tertelan maka langkah awal yang harus anda lakukan yaitu dengan memblokir ATM agar tidak terjadi yang tidak diinginkan. Hubungi Call center bank yang anda gunakan, pada tahap ini anda akan diverifikasi data seperti dengan ditanyakan : Nama, Alamat, nama Ibu Kandung, dll.

Jangan beranjak pergi dari mesin ATM yang ada kartu ATM anda tersangkut didalamnya sebelum dipastikan kartu ATM anda benar-benar diblokir. Setelah, positif terblokir maka rekening anda sudah dalam kondisi aman dan selanjutnya anda pergi ke kantor cabang bank.

2. Kantor ke Kantor Cabang Bank Anda

Setelah permintaan kartu ATM anda diblokir disetujui maka selanjutnya anda mendatangi kantor cabang bank dimana anda menabung, jika anda nasabah bank Mandiri maka datanglah ke kantor bank mandiri, jika anda nasabah bank Bni maka datanglah ke kantor BNI dan seterusnya.

Anda perlu membawa beberapa dokumen pendukung saat datang ke kantor cabang bank terkait, silahkan bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), membawa buku tabungan dan membawa surat keterangan hilang dari kepolisian.

3. Mengambil Nomor Antrian di Kantor Cabang

Saat datang ke kantor cabang maka anda langsung ambil nomor antrian untuk pelayanan Custumer Service. Jika anda bingung bisa tanyakan ke pak satpam yang sedang bertugas disana, bilang aja mau mengurus kartu ATM yang tertelan.

4. Dilayani CS dan Serahkan Dokumen Kepadanya

Setelah giliran anda mendapatkan layanan oleh Custumer Service, maka anda dapat menyampaikan keluhan anda berkenaan dengan kartu ATM tertelan. Selanjutnya anda akan diminta untuk menunjukan Dokumen pendukung sepeerti yang telah disebutkan diatas.

Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disiapkan custumer service. CS akan mengecek dan memverifikasi data anda, jika sesuai maka proses pergantian kartu akan di proses. Kartu ATM yang tertelan akan dianggap hilang oleh CS sehingga anda akan mendapatkan kartu ATM yang baru.

Biasanya untuk mengurus ATM seperti ini akan dikenakan biaya seperti kartu atm yang hilang, setiap bank biaya nya berbeda – beda, namun yang paling umum biasanya antara Rp10 ribu sampai dengan Rp25 ribu, bawa uang sekitar Rp50 ribu saja cukup sudah termasuk materai nantinya.

Baca : Kartu ATM BCA Tertelan