Apa Syarat Membuat Kartu ATM di BRI?

Buat Kartu ATM BRI

Untuk bisa memiliki kartu ATM BRI maka syarat utamanya yaitu anda harus menjadi nasabah bank BRI dengan membuka rekening tabungan, anda bisa membuka rekening britama atau simpedes. Karena setiap membuka rekening di BRI, nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM untuk memudahkan melakukan transaksi.

Namun jika anda sudah memiliki tabungan di BRI dan yang anda tanyakan ada membuat kartu atm bri karena hilang maka anda bisa membuatnya langsung ke kantor cabang BRI tempat dimana anda membuka rekening pertama kali. Syarat yang dibutuhkan hanya membawa : Buku Tabungan, Surat Keterangan Hilang, dan KTP.

Sedangkan untuk pembuatan kartu ATM Baru dan anda belum memiliki rekening di BRI maka anda bisa membuka rekening BRI terlebih dahulu, anda bisa pergi ke kantor cabang BRI yang sesuai dengan KTP Domisili anda. Contoh: Jika KTP anda diterbitkan kabupaten Garut maka anda hanya bisa buka rekening di Garut.

Untuk membuka rekening baru anda cukup membawa KTP, Kartu Keluarga, dan Setoran Awal. Setoran awal tergantung jenis tabungan yang ingin anda buka, untuk tabungan simpedes setoran awal minimal Rp100 ribu, sedangkan untuk tabungan BRITama setoran awal minimal Rp250 ribu.

Baca Juga : Pilih Tabungan BRItama atau Tabungan Simpedes

Saat pembukaan rekening calon nasabah juga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kalau belum memiliki NPWP, calon nasabah akan diminta mengisi formulir pernyataan belum memiliki NPWP.

Saat mengisi formulir permohonan pembukaan rekening, anda dapat memohon pembuatan kartu ATM. Dengan begitu anda dapat memiliki kartu ATM BRI dan bisa anda gunakan untuk transaksi di mesin ATM seperti tarik tunai, transfer uang dan pembayaran.

Cara Buka Tabungan Simpedes di BRI :

  1. Pergi ke Kantor Cabang BRI
  2. Isi Formulir Permohonan Pembukaan Rekening
  3. Serahkan Fotocopy KTP Elektrik sesuai Domisili
  4. Setoran Awal Minimal Rp100.000

Pergi ke kantor BRI pada jam kerja namun kami sarankan untuk pergi pada hari Rabu untuk menghindari antri panjang. Isi Formulir dengan jelas dan lengkap sesuai data yang diminta, membawa KTP Elektrik jika anda sedang tinggal di luar kota maka anda bisa membawa surat keterangan kerja dari kantor anda.

Setelah rekening tabungan di buat maka anda akan mendapatkan buku tabungan simpedes (yang fungsinya untuk mencatat informasi keluar masuk nya uang atau transaksi yang pernah anda lakukan) dan kartu ATM (yang berfungsi sebagai alat transaksi di mesin ATM BRI atau jaringan lainnya).

Demikian informasi ini kami sampaikan, apabila ada yang kurang jelas dapat anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini, sebutkan nama, email, alamat dan pertanyaan anda? 



  1. kenapa waktu sy buka rekening & sy mminta krtu Atm ny blm bisa di proses katanya gangguan ,,, stelah ±2mnggu sy kembali tp hasilnya sama sdg gangguan & 2mnggu lg sy kmbali ttap saja dg jwbn yg sama .

  2. Mas jika saya sudah punya atm lalu saya ingin menggantinya dengan yg baru,,tetap dengan atm yg sama apakah bisa,,,,?soalnya kartu atm yg saat ini saya gunakan nomer rek nya sudah di ketahui oleh penipu,,,

  3. Kalo mau bikin buku rekening bisa ga pke ktp sementara.. soalnya bikin ktp elektrik skarang lama bgt.???

  4. Andri Setiawan S.Kom

    anonym: biasanya buat ATM itu harus datang ke kantor bri sesuai domisili KTP

  5. Sya mw buat atm bri dan buka rkning tpi blm punya ktp pnya nya kartu pljar gmn dong.

  6. Kalau pake kartu mahasiswa untuk buka atm bisa gk.kartu mahasiswanya KUPANG NTT tapi buka kartu atm nya di jawa timur lamongan apa bisa ya. Trimakasih

  7. Kalau pake kartu mahasisawa untuk buka rekening bri bisa gk tapi kartu mahasiswanya kupang NTT buka rekeningnya di lamongan jawa timur

  8. Andri Setiawan S.Kom

    @margaretha: sepertinya tidak bisa, karena untuk membuka rekening tabungan harus pakai KTP sesuai domisili, mungkin untuk surat keterangan kerja baru bisa.

  9. Andri Setiawan S.Kom

    @Anonymous: untuk pelajar ada jenis tabungan sendiri yaitu tabungan simpel 🙂

  10. bang klw seandainya aku nanti punya tabungan simpel ny,berapa setoran awal nya bang….?,soalnya aku belum punya ktp bang,payah ngurus ktp sekarang bang

  11. Andri Setiawan S.Kom

    @anonymous : untuk buka tabungan simpel BRI setoran awal nya ringan, cuma Rp5000

  12. Seandai nya ktp udh E-KTP untuk buat ATM tpi untuk KK nya cma ada fotocoppy aja yang asli belom jadi gmna…ap msih bisa

  13. Kak mau tanya, npwp itu wajib ga untuk persyaratan membuka rekening baru, soalnya saya ga punya npwp

  14. Berarti untuk ktp luar daerah semisal saya dari jateng mau buka rekening bri simpedes di jakarta itu tidak bisa ya? Mohon komentarnya

  15. Andri Setiawan S.Kom

    @anonymous : seperti yang telah kami sebutkan di atas syaratnya, setoran awal akan masuk dalam saldo tabungan anda.

  16. Selamat pagi saya mau nanya .mau bikin rekening bri dan atm tapi ktp nya kabupaten cilacap mau bikin tabungan ditangerang kira2 bisa atau ngga ?

  17. Andri Setiawan S.Kom

    @Ernawati : Bisa , anda harus membawa KTP Elektrik dan Surat Keterangan Kerja di Tangerang

  18. Maaf sy mau bertanya,kartu atm suami sy sdh kadarluarsa dan hrs d ganti, sedangkan buka tabungan nya d cabang sintang kalimantan barat, sekarang suami sy sedang sekolah d bandung selama 11 bulan, yg hyn ada waktu keluar saat weekend aja, sementara buku tabungan jg sdh lupa dmana, krn pas pindahan kmaren dan mgkn ada d kalimantan, di tabungan msh ada tabungan yg d butuhkan, bisa ksh solusi utk masalah ini…

  19. Andri Setiawan S.Kom

    @Yuliana: Ganti kartu ATM bisa dilakukan di kantor cabang mana aja, tapi jika buku tabungan anda hilang maka anda harus membuat surat kehilangan dari kepolisian yang wajib dilampirkan saat mengajukan ganti kartu ATM dan nanti akan diberikan buku tabungan yang baru juga.

  20. Misi min kalau mau bukak rekening bri tapi ktp nya masih E ktp sementara bisa ndak ya… Domisili saya klaten apakah saya bisa buka rekening di semua cabang bri area klaten ya?? Atau yg terdekat dg rumah

  21. Maaf mau tanya mas,
    Saya buat buku tabungan dikntor cabang, tapi tidak dapat kartu atm, katanya disuruh buat kartu atm nya dikantor bri pusat, apakah dikenai biaya pembutanya?
    Terimakasih

  22. Mertua saya mau bikin ATM BRI. Tapi KTP aslinya gk ada NPWP jga gk ada.. Cuma ada Kartu kluarga sama foto copi KTP doang..!!
    Bisa gk…??

  23. Maaf Pak saya mau tanya Kalo Misalkan udah Ada Rekeningnya… Mau buat ATM syaratnya Apa Aja.. Tolong di Jawab..
    Terimakasih

  24. Ia Pak..
    Rekening BRI cuma Rekening Simpan Pinjam gitu..
    Apakah bisa kalo mau buat ATM..
    Kalo bisa syaratnya apa??

    Terimakasih

  25. Kalo buku tabungan udah lama nggak d pakek tapi tetap atas nama saya masi bisa gak di isi saldo terus buat kartu ATM nya
    Buku tabungan udah 2 lebih nggak d pakek” bisa gak om itu buku tabung pelajar om tolong bantuannya

  26. Mas @andri kalo misalnya buku tabungan saya ada tapi kartu Atmnya gak ada..apa bisa dibuatkan??
    soalnya buku tabungan itu gue terima pas msih skolah waktu terima beasiswa..

  27. Andri Setiawan S.Kom

    @Arif: maksudnya bagaimana ya?? Sekarang sudah usia berapa? Lebih baik buat ATM Baru di Simpedes

  28. Selamat sore kak..
    Saya ingin bertanya.
    Bisa gak sih kak KTP sementara dibawa kak..
    Trus bisa gak kak tidak pake KK

  29. Kak ko buka rekening baru skarang ga bisa pake sim soal nya ktp saya blum jadi urus” ktp skarang ribet

  30. @Catut Nur : Benar sekali pak, anda bisa memilih kartu ATM jenis apa yang akan digunakana, Silver, Gold atau Platinum

  31. @Anonymous : anda harus menyertakan surat keterangan dari kantor / tempat anda bekerja di Jakarta.

  32. pak semisal ktp kita berasal dari lampung, terus kita ingin membuat buku tabungan dijakarta apa kah bisa, dan kalo bisa apa saja persyaratannya . terima kasih .

  33. @Anonymous: Boleh, yang penting anda membawa surat rekomendasi kerja di Jakarta dari suatu perusahaan..

  34. Fernanda eka Saputra

    bang, agar bisa memiliki kartu credit clasik(warna hijau berlogo master card) harus bagemana , status saat ini sudah menjadi nasabah simpedes dengan kartu debet (warna biru)

  35. @Fernanda: Mengajukan saja kartu kredit ke BRI atau Bank Lain…
    pastikan saldo rekening tabungan anda di atas Rp50 juta ya 🙂

Silahkan Tinggalkan Komentar