Apa Syarat Membuat Kartu ATM di BRI?

Buat Kartu ATM BRI

Untuk bisa memiliki kartu ATM BRI maka syarat utamanya yaitu anda harus menjadi nasabah bank BRI dengan membuka rekening tabungan, anda bisa membuka rekening britama atau simpedes. Karena setiap membuka rekening di BRI, nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM untuk memudahkan melakukan transaksi.

Namun jika anda sudah memiliki tabungan di BRI dan yang anda tanyakan ada membuat kartu atm bri karena hilang maka anda bisa membuatnya langsung ke kantor cabang BRI tempat dimana anda membuka rekening pertama kali. Syarat yang dibutuhkan hanya membawa : Buku Tabungan, Surat Keterangan Hilang, dan KTP.

Sedangkan untuk pembuatan kartu ATM Baru dan anda belum memiliki rekening di BRI maka anda bisa membuka rekening BRI terlebih dahulu, anda bisa pergi ke kantor cabang BRI yang sesuai dengan KTP Domisili anda. Contoh: Jika KTP anda diterbitkan kabupaten Garut maka anda hanya bisa buka rekening di Garut.

Untuk membuka rekening baru anda cukup membawa KTP, Kartu Keluarga, dan Setoran Awal. Setoran awal tergantung jenis tabungan yang ingin anda buka, untuk tabungan simpedes setoran awal minimal Rp100 ribu, sedangkan untuk tabungan BRITama setoran awal minimal Rp250 ribu.

Baca Juga : Pilih Tabungan BRItama atau Tabungan Simpedes

Saat pembukaan rekening calon nasabah juga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kalau belum memiliki NPWP, calon nasabah akan diminta mengisi formulir pernyataan belum memiliki NPWP.

Saat mengisi formulir permohonan pembukaan rekening, anda dapat memohon pembuatan kartu ATM. Dengan begitu anda dapat memiliki kartu ATM BRI dan bisa anda gunakan untuk transaksi di mesin ATM seperti tarik tunai, transfer uang dan pembayaran.

Cara Buka Tabungan Simpedes di BRI :

  1. Pergi ke Kantor Cabang BRI
  2. Isi Formulir Permohonan Pembukaan Rekening
  3. Serahkan Fotocopy KTP Elektrik sesuai Domisili
  4. Setoran Awal Minimal Rp100.000

Pergi ke kantor BRI pada jam kerja namun kami sarankan untuk pergi pada hari Rabu untuk menghindari antri panjang. Isi Formulir dengan jelas dan lengkap sesuai data yang diminta, membawa KTP Elektrik jika anda sedang tinggal di luar kota maka anda bisa membawa surat keterangan kerja dari kantor anda.

Setelah rekening tabungan di buat maka anda akan mendapatkan buku tabungan simpedes (yang fungsinya untuk mencatat informasi keluar masuk nya uang atau transaksi yang pernah anda lakukan) dan kartu ATM (yang berfungsi sebagai alat transaksi di mesin ATM BRI atau jaringan lainnya).

Demikian informasi ini kami sampaikan, apabila ada yang kurang jelas dapat anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini, sebutkan nama, email, alamat dan pertanyaan anda? 



234 COMMENTS

  1. kenapa waktu sy buka rekening & sy mminta krtu Atm ny blm bisa di proses katanya gangguan ,,, stelah ±2mnggu sy kembali tp hasilnya sama sdg gangguan & 2mnggu lg sy kmbali ttap saja dg jwbn yg sama .

  2. Mas jika saya sudah punya atm lalu saya ingin menggantinya dengan yg baru,,tetap dengan atm yg sama apakah bisa,,,,?soalnya kartu atm yg saat ini saya gunakan nomer rek nya sudah di ketahui oleh penipu,,,

  3. Kalo mau bikin buku rekening bisa ga pke ktp sementara.. soalnya bikin ktp elektrik skarang lama bgt.???

  4. Kalau pake kartu mahasiswa untuk buka atm bisa gk.kartu mahasiswanya KUPANG NTT tapi buka kartu atm nya di jawa timur lamongan apa bisa ya. Trimakasih

  5. Kalau pake kartu mahasisawa untuk buka rekening bri bisa gk tapi kartu mahasiswanya kupang NTT buka rekeningnya di lamongan jawa timur

  6. @margaretha: sepertinya tidak bisa, karena untuk membuka rekening tabungan harus pakai KTP sesuai domisili, mungkin untuk surat keterangan kerja baru bisa.

  7. bang klw seandainya aku nanti punya tabungan simpel ny,berapa setoran awal nya bang….?,soalnya aku belum punya ktp bang,payah ngurus ktp sekarang bang

  8. Seandai nya ktp udh E-KTP untuk buat ATM tpi untuk KK nya cma ada fotocoppy aja yang asli belom jadi gmna…ap msih bisa

  9. Kak mau tanya, npwp itu wajib ga untuk persyaratan membuka rekening baru, soalnya saya ga punya npwp

  10. Berarti untuk ktp luar daerah semisal saya dari jateng mau buka rekening bri simpedes di jakarta itu tidak bisa ya? Mohon komentarnya

  11. @anonymous : seperti yang telah kami sebutkan di atas syaratnya, setoran awal akan masuk dalam saldo tabungan anda.

  12. Selamat pagi saya mau nanya .mau bikin rekening bri dan atm tapi ktp nya kabupaten cilacap mau bikin tabungan ditangerang kira2 bisa atau ngga ?

  13. Maaf sy mau bertanya,kartu atm suami sy sdh kadarluarsa dan hrs d ganti, sedangkan buka tabungan nya d cabang sintang kalimantan barat, sekarang suami sy sedang sekolah d bandung selama 11 bulan, yg hyn ada waktu keluar saat weekend aja, sementara buku tabungan jg sdh lupa dmana, krn pas pindahan kmaren dan mgkn ada d kalimantan, di tabungan msh ada tabungan yg d butuhkan, bisa ksh solusi utk masalah ini…

  14. @Yuliana: Ganti kartu ATM bisa dilakukan di kantor cabang mana aja, tapi jika buku tabungan anda hilang maka anda harus membuat surat kehilangan dari kepolisian yang wajib dilampirkan saat mengajukan ganti kartu ATM dan nanti akan diberikan buku tabungan yang baru juga.

  15. Misi min kalau mau bukak rekening bri tapi ktp nya masih E ktp sementara bisa ndak ya… Domisili saya klaten apakah saya bisa buka rekening di semua cabang bri area klaten ya?? Atau yg terdekat dg rumah

  16. Maaf mau tanya mas,
    Saya buat buku tabungan dikntor cabang, tapi tidak dapat kartu atm, katanya disuruh buat kartu atm nya dikantor bri pusat, apakah dikenai biaya pembutanya?
    Terimakasih

  17. Maaf Pak saya mau tanya Kalo Misalkan udah Ada Rekeningnya… Mau buat ATM syaratnya Apa Aja.. Tolong di Jawab..
    Terimakasih

  18. Ia Pak..
    Rekening BRI cuma Rekening Simpan Pinjam gitu..
    Apakah bisa kalo mau buat ATM..
    Kalo bisa syaratnya apa??

    Terimakasih

  19. Kalo buku tabungan udah lama nggak d pakek tapi tetap atas nama saya masi bisa gak di isi saldo terus buat kartu ATM nya
    Buku tabungan udah 2 lebih nggak d pakek” bisa gak om itu buku tabung pelajar om tolong bantuannya

  20. Mas @andri kalo misalnya buku tabungan saya ada tapi kartu Atmnya gak ada..apa bisa dibuatkan??
    soalnya buku tabungan itu gue terima pas msih skolah waktu terima beasiswa..

  21. @Arif: maksudnya bagaimana ya?? Sekarang sudah usia berapa? Lebih baik buat ATM Baru di Simpedes

  22. Selamat sore kak..
    Saya ingin bertanya.
    Bisa gak sih kak KTP sementara dibawa kak..
    Trus bisa gak kak tidak pake KK

  23. @Catut Nur : Benar sekali pak, anda bisa memilih kartu ATM jenis apa yang akan digunakana, Silver, Gold atau Platinum

  24. pak semisal ktp kita berasal dari lampung, terus kita ingin membuat buku tabungan dijakarta apa kah bisa, dan kalo bisa apa saja persyaratannya . terima kasih .

  25. @Anonymous: Boleh, yang penting anda membawa surat rekomendasi kerja di Jakarta dari suatu perusahaan..

  26. bang, agar bisa memiliki kartu credit clasik(warna hijau berlogo master card) harus bagemana , status saat ini sudah menjadi nasabah simpedes dengan kartu debet (warna biru)

  27. @Fernanda: Mengajukan saja kartu kredit ke BRI atau Bank Lain…
    pastikan saldo rekening tabungan anda di atas Rp50 juta ya 🙂

  28. selamat siang,, izin bertanya, untuk pembukaan awal rek BRI boleh menggunakan kartu keluarga ga? karena KTP saya hilang. terima kasih

  29. @mariana : Tergantung jenis rekening apa yang ingin anda gunakan,, untuk tabungan BRI Simpedes tidak perlu melampirkan Kartu Keluarga.

  30. SAYA BARU BIKIN REKENING BRI TADI SIANG, APAKAH TUNAINYA BISA LGSG SAYA TARIK DI ATM ATAU TUNGGU BEBERAPA SAAT? TRIMS_

  31. Kemarin saya sudah buat rekening bri, tpi saya tidak di beri kartu atm karena saya pake rekap ktp. Gimana dong?
    Masa gak bisa juga pake rekap nya, soalnya ngurus ktp sulit dan prosesnya lama.

  32. Saya mw bertanya kan sebelum ny saya sudah pernh buka rekening bri tp saya membuka ny d kantor cabang daerah tmpat saya di riau tp kartu atm saya d telan sama mesin atm ny jd saya rencana mw buka rekening lagi tp posisi saya sekarang lagi di medan dan ktp saya beralamatkan di riau apakah saya bisa buka rekening di medan ini…….
    Mohon informasi nya
    Sekian terimakasih

  33. Ktp saya dari kab.simalungun, saya mau membuat rekening atm di kab.Deli serdang,
    Yg keduanya sama-sama sumatera utara. Bisa gak mass ?

  34. @Pak Udin : silahkan di coba, biasanya membuat kartu ATM harus di kantor cabang yang sesuai dengan alamat domisili sesuai KTP

  35. Bang saya mau buat ATM BRI di pangandaran, tapi Saya Belum punya KTP, adanya KTP sementara, tapi KTP Sementara saya Bandung.. Apakah bisa ?

  36. @Anonymous: Membuat kartu ATM dengan KTP sementara bisa dilakukan, hanya memang dapat anda lakukan di kantor bri sesuai dengan daerah domisili.

  37. Gan kan ktp saya jakarta barat tp blm elektrik.. nah sy ikut suami di jakarta utara krna krjany ya disitu.. mau bkin atm bri bsa gak ya…

  38. saya mau bikin atm tp tempat tinggal sama alamat d ktp beda tp msh satu kabupaten cm beda kecamatan aja bsa g yah soal’y saya pindah rmh blm bikin ktp bru….

  39. @Agnes: Tidak bisa agnes, untuk buat kartu ATM BRI harus bawa KK, KTP dan NPWP (jika ada), plus Setoran Awal

  40. Permisi mw tanya tabungan sama ATM ku BRI udah lama gk d pakai bertahun” apa bisa saya pkai kembali?? Trus ATM ny jg ap bsa aktif lg??

  41. Tanya saya buka buku rekening di kc surabaya tp tidak dapat kartu atm. Ktp saya pamekasan. Apakah bisa buat kartu atm di unit bri pamekasan?tolong dijawab

  42. Gan. Atm saya hilang saya mau membuat kartu atm yang baru apakah bisa di kantor cabang lain yang bukan kantor cabang membuat tabungan pertama kali? Soalnya saya jauh dari kantor cabang pertama kali membuat tabungan tersebut.

  43. Kenapa membuat atm harus sesuai domisili ya pak ? Mohon penjelasannya
    Saya ktp jawa, sekarang di jakarta, saya pengin buat atm karena dengan keadaan harus buat atm, sebaiknya bagaimana ya ?

  44. Mau nanya, pembuatan atm bri harus terdekat dari rumah atau masih bisa di tempat lain asal masib 1 kabupaten?

  45. Kak mau tanya saya kemaren itu SMAnya di jawa terus saya kuliahnya di medan kalau pakai surat aktif mahasiswa bisa engga? Soalnya saya dlu bikin ktp katanya salalu eror sma blangkonya habis

  46. @Putra: Untuk memudahakan pemetaan nasabah… Namun ada juga bank yang bisa membuka rekening di seluruh kantor cabang..

  47. @Islamiyah: Tidak bisa…. Anda harus membuka rekening menggunakan KTP yang beralamatkan sama dengan kantor BRI. Jika anda tinggal di Jawa Tengah (tepatnya dimana?) misal di Sleman maka anda bisa buka di Sleman.

  48. kalau anak sma mendaftar atm bri, perlu dibawa tanda bukti sekolah berupa surat menyatakan siswa sma

  49. Permisi saya mau bertanya, saya mempunyai E-Ktp yg alamatnya di kabupaten kutai timur provinsi kalimantan timur, tetapi karna jauh dan saya lagi kuliah di kota samarinda apa kah saya bisa membuka rekening tabungan di kota samarinda ?

  50. @Ariyati Abdullah: Silahkan dicoba saja, jika kebijakan disana harus KTP sesuai Domisili maka anda harus pulang terlebih dahulu atau bisa buka bank lain.

  51. Jika saya sudah memiliki rekening BRI di kota yang saya buat di taluk kuantan dan saya ingin membuat atm di pekanbaru bagaimana caranya?

  52. @Nandi: Harus buat Rekening di Kantor BRI sesuai domisili. Adapun jika anda ingin buat di JKT anda harus melampirkan surat keterangan kerja dari kantor anda.

  53. Bza tdk buka tabungan pke paspor dan kk.
    Soal y ga ada ktp . Kesemptn plng indo uga cuma sbntr …? Apakah bz ka?

  54. Saya ingin membuat ATM tapi hanya memiliki kartu kluarga dan surat kehilangan dari kpolisian..karna KTP saya hilang..ketika saya datang ke kelurahan stmpat ada ganguan jaringan jdi tidak bisa mmbuat ktp baru atau mndapat ktp smentara,,apakah saya bisa membuat kartu ATM

  55. kalo tabungan Bri pake buku tabungan doang trus udah beberapa bulan ndak nabung apakah uangnya bisa kena potongan perbulan?

  56. Saya mau buat kartu atm, tapi ktp elektrik saya propinsi banten , dan ga punya NPWF, saya pedagang kaki 5 jadi ga punya surat keterangan kerja kira kira bisa ga ya kalo buat kartu atm bri ?

  57. klw kita misal belanja makai atm apakah pihak bank akan datang ke rumah untuk nagih uangnya or nggak

  58. @Anonymous: Belanja pakai ATM akan memotong saldo tabungan… Jika dalam tabungan tdk ada saldo maka tidak bisa digunakan untuk bayar barang yang anda beli.

  59. Aq ad buku tabungan tp ATM nya ngk ad,waktu ngurusnya ATM lg k0s0ng..trus ap bs ngurus dicabang BRI ATM yg sebelumny bkn di tmpat tu aq buka tabungan…???

  60. Kalau menggunakan kartu identitas SIM bisa apa bisa untuk membuka rekening baru? Soalnya ktp nya hilang dan belum di urus

  61. Maaf saya mau nanya agak banyak tolong dijawab karena bagi saya ini sangat penting

    1. Saat buat rekening baru dan ingin punya atm apa, harus bilang dibuatkan…? atau tanpa kita meminta sudah dibuatkan sendiri

    2. Kalau harus bilang minta dibuatkan ATM,saya ngomongnya waktu proses apa…..

    3. Apakah setiap bulan saya harus setor uang….? Kalau tidak apakah bakal kena pajak / isi tabungan dipotong….?

    4. apakah kalau udah lama gak di isi dan tabungan juga kosong apakah rekening akan hangus….?

    5. Apakah semua bank sistemnya sama…? Cuman nanya saja tapi tetep mau bikin rek. BRI yang udah merakyat sepertinya

    6. Bisakah daftar menggunakan SIM, karena KTP saya masih KTP lama….?

    sekian terima kasih, tolong di jawab yah… penting

  62. Kalau mau buka rekening baru apa harus di cabang yang sesuai dg kecamatan ? Masa tdk bisa di smw cabang bri di kota tsb ?

  63. Saya tadi lihat di situs lain, yang bayar 100rb itu yag BRItama. Tapi di sini yang Simpedes ya?! Yang bener yang mana sih gan?!

  64. Kak , kalau anak dibawah umur , misalkan umur 15 thn . Mau daftar bank tpi ga punya ktp . Gimana kak ?

  65. Ka aku mau bikin kartu atm bri tapi ragu soalnya ini kan pertama kalinya,terus masalahnya kan ktp aku itu belum jadi baru ada lembarannya aja ,terus jadinya gimana ka ?

  66. @Tiara : Gk bisa, membuat kartu atm harus yang bersangkutan, walaupun masih dalam 1 keluarga tidak bisa diperwakilkan.

  67. Bisa tidak membuat kartu ATM di kantor/cabang lain.soalnya di kantor cabang BRI sewaktu saya buka tabungan BRI simpedes,sampe saat ini kartu ATM nya belum juga ada,sudah sepuluh hari saya belum punya ATM..mhon ptunjuk

  68. Mf .saya mau bikin ATM BRI di daerh tanjung priok..semua sarat lengkap.tp kenapa gk bs ya .?udh 2 kantor bnk BRI sy dtengin.jwb nya sama aj .gangguan lah .lg of line lah…selama 4 hri sy dtengin czx penasaran..tp ttp aj gk bs…cp tau dsini ad yg bs bantu or ngerti lah setidahx…trima kasih

  69. Kalau misal KTP hilang apakah masih bisa membuat ATM min,dan berapa lama buat ATM baru apakah bisa 1-2 jam ?

  70. @Cyntia: Proses buat kartu ATM hanya 40 menit, kalau KTP hilang maka anda bisa pakai SIM. Tapi kalau gak ada maka harus buat KTP dulu.

  71. Selamat pagi. Mau tanya, jika ktp saya domisili jember dan mau buat atm baru di sidoarjo. Apa bisa ? Mohon responnya

  72. Mohon d jawab ya min tadi saya buka rekening britama tapi belum dapat atm nya
    Semisal saya ga buat atm nya apa buku tabunganya masih bisa di gunain untuk menanbung???

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.