dropship dari shopee ke shopee

Apakah Bisa Dropship dari Shopee ke Shopee?

Jualan dishopee memang bisa dilakukan secara dropship, dimana anda membuka toko di shopee yang menjual barang dari supplier anda.

Tentu anda sudah faham apa itu dropship?

Dhopship adalah teknik berjualan tanpa memiliki stok dan tanpa melakukan packing, stok dan packing dilakukan oleh supplier, anda hanya membantu menjualkan produk saja dengan markup harga.

Pelaku dropship disebut dengan dropshiper.

Agar lebih jelas mengenai pembahasan kita sebelum ke topik pembahasan, kami akan berikan sebuah gambaran sebagai berikut:

Ada 2 orang yang saling bekerja sama, orang pertama namanya Eko sebagai pemilik toko di shopee dan orang kedua namanya Ali sebagai supplier barang.

Eko berjualan di shopee tanpa memiliki stok barang dirumahnya, sehingga Eko juga tidak melakukan packing ketika ada pembeli yang melakukan pemesanan di tokonya.

Alamat toko milik Eko di Shopee disesuaikan dengan alamat supplier barang, agar tidak ada perbedaan ongkir.

Ketika ada pesanan yang masuk di toko Eko, Eko akan menghubungi Ali untuk melakukan pengemasan dan pengiriman barang ke alamat pembeli. 

Eko melakukan pemesanan ke Ali sesuai dengan barang yang di order pembeli, dan eko meminta Ali untuk mencantumkan resi otomatis dari shopeenya yaitu JP12345678.

Ali kemudian mengirimkan barang ke alamat sesuai dengan pemesanan Eko dan menulis resi otomatis pada paketnya, dan Eko melakukan pembayaran terhadap barang yang dipesan kepada Ali.

Pembeli akan menerima barang yang dipesan lewat shopee atasnama toko nya Eko, dan Eko mendapatkan bayaran dari Shopee, karena pembeli sudah membayar ke Shopee.

Nah, itu adalah sistem dropship yang dilakukan Eko di Shopee.

Dropship dari Shopee ke Shopee Bisa atau Tidak?

Lantas timbul pertanyaan, apakah bisa Dropship dari Shopee lewat Shopee.

Maksud dari pertanyaan itu adalah, menjual barang di shopee tapi kita kita dropship juga dari shopee.

Masih bingung?

Kita kasih gambaran lagi antara Eko dan Ali.

Eko dan Ali sama sama punya toko di Shopee, tapi Eko tidak punya Stok barang.

Ketika ada pemesanan di toko shopeenya Eko, Eko melakukan dropship dari tokonya ali di shopee, nah semacam ini tidak bisa dilakukan.

Kalau dulu bisa, tapi sekarang sudah ga bisa.

Sebab, di shopee tidak akan ada resi ganda karena shopee sudah menerapkan resi otomatis.

Maka dropship dari Shopee ke Shopee tidak bisa dilakukan.

Sehingga anda perlu melakukan pemesanan barang di luar Shopee, dimana supplier harus menuliskan resi otomatis di paket yang dikirimkannya.

Berbeda jika anda beli di shopee jual di shopee, artinya anda membeli dulu barang dari shopee sebagai stok di rumah, lalu anda jual lagi barang tersebut di shopee.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar, dan kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai dropship di shopee dipembahasan berikutnya.

20 thoughts on “Apakah Bisa Dropship dari Shopee ke Shopee?”

  1. Alhamdulillah sekarang jadi ngerti, berarti kalau dropship itu wajib cari supplier yang beda marketplacenya dengan tempat kita jualan yaa..

  2. Emang bisa gitu ya, karna lo pengiriman dari shoppe no resi tidak bisa di input manual, no resi otomatis terisi, yang akan di enter oleh pihak ekspedisi baru bisa prodak dalam katagori dikirim.lo tidak y masih di proses aja…

  3. Kalo suplier dari market lain ga bisa juga dijual lewat shopee? Krna auto kirim ato gimana gan?

  4. Berarti sekarang udah gabisa dropship dari shopee ke shopee? :(
    Gabisa input manual juga resi yg di dapet dr dropshipper ke dropship?

  5. kalau begitu nanti dropshipper shopee bayar ke supplier harga barangnya aja atau dengan ongkirnya juga ya?

  6. Ktanya semua sudah resi otomatis termasuk jne. Jdi dropshiper antar marketplace jd kehambat. 😭

  7. Kak mau nanya ni, jadi klo misalnya jadi dropshipper berarti kan harus beda markplace sama supplier nya, nah trus supplier nya yang nulis resi otomatis nya? Berarti itu no resi nya Kita kirim ke supplier Kan? trus kak alamat toko nya gimana ya? Misal toko aku pulau A, supplier nya pulau B, Kota C,kota D jadi itu bagaimana ya? aku mau bikin olshop shopee

  8. Misalkan supliyer A di shopee dan A jual nua di shope . Tapiiitransaksi lewat wa (transaksi diluar shopee) apakah bisa ? . Terimakasihbanyak . Kak

  9. Misalkan supliyernya saya di shopee dan saya mau jual di shopee tapi transaksi lewat WA apakah bisa kak . Terimakasih banyak

  10. @Aisyah: Bisa yang penting si supplier melayani Resi Otomatis, maka tanyakan dulu ke supplier tersebut.

  11. Kak mau tanya, no resi itu dapet dari mana ya??
    Apa dapet setelah pembeli belanja di toko kita gtu ya. ?

  12. Kak mau saya mau tanya, misal saya jual barang di shopee tapi barangnya dari supplayer yg di shopee , terus ada pembeli di toko saya di shopee, cara transaksinya gimana? Agar barang yg dari supplayer pake nama toko saya, resinya otomatis, terus pembayaran saya k supplayer gimana?terus pembayaran pembeli k saya gimana? Tolong di jawab, terima kasih

  13. Kak,kalau pesennya ke supplier lewat WA terus si pembelinya pesen lewat Shoppe.Nah,si pembeli apa bisa dapet potongan ongkir dari minimum pembeliaanya kak?

  14. @Anonymous:
    Tokomu di shopee alamatnya di samakan dengan supplier
    lalu minta ke supplier untuk melayani resi ottomatis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.