Jangan Asal Pinjam Uang ke Pinjol

jangan asal pinjam uang ke pinjol
jangan asal pinjam uang ke pinjol

Pinjam uang atau berhutang sering menjadi pilihan terakhir bagi seseorang yang membutuhkan uang cepat untuk memenuhi kebutuhannya, sampai-sampai ada orang yang mengajukan pinjaman ke pinjol (pinjaman online).

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, ada yang meminjam uang untuk kebutuhan pendidikan anak, pinjam uang untuk biaya rumah sakit, pinjam untung modal usaha, hingga pinjam uang hanya untuk kebutuhan gengsi semata.

Sebelum anda mengajukan pinjaman kepada siapapun, ukur terlebih dahulu kemampuan untuk membayar, jangan sampai anda meminjam uang dengan nominal besar tapi pemasukan anda sendiri sangat kecil sehingga tidak mampu untuk membayarnya.

Terlebih lagi jika anda meminjam uang ke pinjaman online maka hutang anda justru akan semakin menumpuk karena bunga pinjaman yang relatif lebih besar.

Jika memang ingin mengharuskan berhutang maka perlu dimulai dari orang terdekat terlebih dahulu, anda bisa coba pinjam ke keluarga, saudara atau kerabat dekat, barang kali mereka dapat membantu meminjamkan uang.

Walaupun memang sulit tapi paling tidak ada bunga yang harus dibayar, bisa anda coba bicarakan baik-baik. Bila perlu anda bisa menggadaikan sesuatu sebagai jaminannya ketika uang yang anda pinjam tidak dapat dilunasi.

Jangan Asal Pinjam Uang ke Pinjol

Banyak orang yang terbuai dengan pinjaman online cepat, bahkan mengajukan pinjaman bisa dilakuakn tanpa jaminan apapun.

Jika anda menjumpai pinjaman online yang mudah prosesnya maka dapat dipastikan bunga yang dibebankan kepada anda sangat besar, hal ini tentu akan berujung pada sita-menyita barang bahkan nilainya lebih banyak dari uang yang anda pinjam.

Tak hanya itu, jika anda meminjam uang di pinjol yang tidak di awasi oleh ojk, jika anda mengalami terlambat bayar atau kesulitan membayar maka biasanya ada ancaman-ancaman yang dapat memperburuk psikis anda sendiri.

Sedikit cerita:

Ada seseorang yang butuh uang cepat, hingga kemudian mendapatkan tawaran untuk meminjam uang di pinjol melalui aplikasi.

Mengajukan pinjaman di pinjol memang terbilang mudah, syarat nya cuma foto KTP dan menyebutkan nomor nomor orang terdekat, tanpa harus memberikan jaminan seperti bpkb atau sertifikat tanah.

Hanya dengan beberapa langkah, uang pinjaman sesuai nominal yang diajukan langsung cair ke rekening pribadi.

Karena sudah mendapatkan pinjaman maka sudah tentu memiliki kewajiban untuk mengembalikannya sesuai dengan jatuh tempo yang telah disepakati.

Namun, seiring berjalannya waktu pinjaman mengalami masalah pada tagihan yaitu menunggak bayar, hingga pihak pinjol menghubungi peminjam agar segera melunasi tagihannya.

Debt collector tidak henti-henti menghubungi peminjam yang mengalami keterlambatan bayar atau menunggak, bahkan jika tagihan tidak segera dilunasi maka orang orang terdekat akan di hubungi juga terkait tunggakan pinjaman tersebut.

Belum lagi jika terlambat bayar akan ada denda-denda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan cerita diatas, memberikan peringatan kepada anda untuk tidak sembarangan mengajukan pinjaman, apalagi seperti sekarang ini masa-masa pandemi yang ekonomi tidak menentu, jangan sampai anda memiliki hutang yang menumpuk pada pinjaman online.

Jika memang harus mengajukan pinjaman maka pilihlah pinjol yang terdaftar di ojk.

Sudah Terlanjur Pinjam Uang ke Pinjol

Nasi sudah menjadi bubur, tidak ada solusi lain kecuali anda melunasi hutang pinjaman.

Anda bisa hitung kembali berapa total pinjaman beserta bunganya pada pinjol yang anda pinjami, jika memang ada aset senilai hutang anda maka lebih baik di jual saja untuk menutup hutang tersebut.

Melunasi hutang dengan cara menjual aset adalah cara terbaik agar bisa hidup seperti semula dengan nyaman dan tenang tanpa hutang, walaupun anda harus kehilangan aset berharga.

Dengan pikiran yang lebih tenang anda bisa kembali menata ekonomi keluarga tanpa harus berhutang ke pinjaman online yang memberatkan, anda bisa mencoba membuka usaha kecil-kecilan seperti berjualan jajanan pasar.

Leave a Comment