Belanja online memang sangat menyenangkan, tapi kita juga harus menjadi pembeli yang cerdas karena banyak sekali modus penipuan yang berkeliaran di Internet.

Penipuan lewat internet sering terjadi saat melakukan belanja online lewat Instagram, banyak banget penipu yang membuat toko online palsu untuk menjebak calon korban.

Tak tanggung-tanggung, para penipu memiliki akun olshop palsu dengan jumlah followers yang banyak, hal inilah yang menjadi calon korban tidak merasa ragu untuk transfer uang padahal followers banyak tidak menjamin akun tersebut asli.

Para penipu mengunggah foto produk dan menawarkan dengan harga super murah, sehingga para pembeli dapat menjual kembali sehingga mendaptkan keuntungan yang besar karena selisih harga yang tinggi dari pasar.

Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 ulasan mengenai cara menganalisa akun toko penipu di Instagram, lakukan ini sebelum melakukan transaksi.

1. Cek Harga Pasar dan Bandingkan

Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya bahwa penipu di instagram kerap menawarkan harga jual yang miring, bahkan jauh lebih murah dari harga pasar.

Maka dari itu, cek harga pasar di shopee atau tokopedia terlebih dahulu untuk memaskan harga sebenarnya, kalau terdapat selisih yang sangat tinggi maka perlu anda curigai mungkin saja akun tersebut akun penipu.

2. Cek Profil dan Buka Websitenya

Sebelum melakukan transfer untuk membeli barang lewat instagram, sebaiknya cek profil terlebih dahulu. Biasanya toko online yang memiliki reputasi tinggi memiliki website yang bagus, cek profil nya dan buka websitenya.

Apabila anda menemukan website yang tidak bisa dibuka maka anda perlu waspada dengan toko tersebut, lebih baik ganti toko lainnya yang lebih baik.

3. Kolom Komentar Akun di Nonaktifkan atau dibatasi

Di Instagram terdapat fitur untuk menonaktifkan kolom komentar sehingga tidak orang lain tidak bisa memberikan komen di bawah foto yang di posting.

Para penipu sering banget menonaktifkan fitur komentar, karena mereka gak mau ada banyak komentar negatif dari korban-korban yang pernah di mangsanya.

Kalau memang toko itu profesional dan terpercaya, tentu ga perlu takut dengan komentar. Kenapa juga harus menonaktifkan komentar? kalau ada yang begitu maka wajib di curigai, jangan belanja di situ.

4. Cek siapa saja yang sudah Tag Photo

Sebagai toko yang terpercaya tentu sudah memiliki banyak pelanggan, dan pelanggan yang membeli produk akan merasa puas.

Kepuasan tersebut biasanya akan di utarakan pelanggan melalui posting di akun pribadi yang mana akan men tag photo ke akun toko online.

Kalau tidak ada satupun akun yang tag photo atau hanya beberapa saja maka harap di curigai, terlebih lagi jika followers nya banyak tapi ga ada yang tag photo?

5. Cek rekening penipu lewat Situs Kredibel

Kredibel merupakan sebuah start up yang memfasilitasi para pengguna untuk melaporkan nomor rekening penipu yang pernah mereka alami, sehingga akan tercatat rekening-rekening penipu disana.

Kredibel bekerja dalam mengidentifikasi rekening penipu, sebab apabila pemilik rekening keberatan no rek nya di cantumkan maka perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.