Apa itu Pengertian dan Kepanjangan ATM? Baca Selengkapnya

Pengertian dan Kepanjangan ATM

Dalam sebuah perbankan terdapat sebutan yang sering kita dengar yaitu ATM, sebuah alat pembayaran yang menggunakan kartu dan mesin. Setiap nasabah yang membuka tabungan di bank maka akan mendapatkan kartu ATM untuk bisa melakukan transaksi di mesin ATM. 

Lantas apa pengertian dan kepanjangan ATM

Ternyata ATM itu sebuah singkatan, kalau dalam bahasa inggris kepanjangannya adalah “Automated Teller Machine” sedangkan dalam bahasa indonesia merupakan kepanjangan dari “Anjungan Tunai Mandiri”. Secara fisik mungkin anda sudah tahu bentuk nya dan cara menggunakannya.

ATM adalah sebuah fasilitas transaksi yang diberikan oleh bank untuk semua nasabah bank sehingga dapat melakukan transaksi melalui mesin komputer yang telah diprogram. Untuk bisa mengakses komputer ATM dibutuhkan sebuah kartu khusus (disebut: kartu ATM) dan memiliki PIN.

Masing-masing nasabah memiliki pin yang berbeda-beda untuk mengakses rekening tabungannya melalui mesin ATM, sehingga PIN merupakan kode rahasia yang tidak boleh diketahui orang lain.

Baca Juga : Fungsi Kartu ATM

Berarti jika nasabah bank tidak memiliki kartu ATM maka tidak bisa mengakses rekening melalui mesin ATM, beberapa hal yang dapat di akses dan yang dapat dilakukan nasabah melalui mesin ATM menggunakan kartu ATM yang dimilikinya seperti cek saldo, transfer uang, melakukan pembayaran, mengambil uang tunaii dan lainnya.

Jika anda belum memiliki kartu ATM dan ingin memilikinya maka silahkan anda membuka rekening tabungan di Bank. Hampir semua bank mulai dari BRI, BNI, BCA, Mandiri, BTN, Danamon, Muamalat semua memfasilitasi kartu ATM agar nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi kapan saja melalui mesin ATM yang telah disediakan ditempat-tempat umum, nasabah tidak perlu lagi membawa uang tunai.



Silahkan Tinggalkan Komentar