prinsip prinsip etika bisnis pada perusahaan

 

Dalam sebuah perusahaan nilai-nilai etika diperlukan untuk mencapai keberhasilan bisnis. Sebab etika bisnis itu sendiri merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek perusahaan.

Semua komponen dalam perusahaan diatur melalui etika bisnis. Oleh karenanya etika bisnis tidak dapat dipisahkan dengan perusahaan. Lalu apa saja prinsip-prinsip etika bisnis sebuah perusahaan? Berikut uraiannya:

  1. Prinsip Kejujuran

Prinsip-prinsip etika bisnis yang pertama yaitu kejujuran. Kejujuran merupakan kunci sukses sebuah perusahaan. Kejujuran merupakan karakter terbaik. Sifat jujur akan menghasilkan rasa saling percaya baik antar sesama karyawan, atasan, maupun pada klien dan konsumen.

Salah satu bentuk kekujuran sebuah perusahaan yaitu pada penjualan. Kejujuran perusahaan terlihat ketika harga yang ditawarkan pada sebuah produk sesuai dengan kualitasnya.

Jika prinsip etika kejujuran seperti ini diterapkan, maka kredibilitas perusahaan akan baik di mata masyarakat. Dengan begitu peluang perusahaan untuk berkembang akan semakin nyata.

  1. Prinsip Keadilan

Untuk prinsip yang selanjutnya yaitu keadilan. Selain jujur, keadilan juga elemen yang penting dalam perusahaan. Terutama bagi atasan.

Banyak ditemukan kasus dalam sebuah organisasi maupun perusahaan masih kerap melakukan nepotisme. Akibatnya berimbas pada kesuksesan bisnis dan perusahaan. Praktekketidakadilan dalam menjalankan sebuah bisnis sebaiknya harus dihindari.

Keadilan juga menyangkut pada hak-hak semua elemen perusahaan. Semua pihak pelaku bisnis harus memberikan kontribusi yang sama untuk keberhasilan perusahaan.

Begitu pun perusahaan harus memberikan reward terhadap semua elemen perusahaan atas keberhasilan yang telah dicapai.

  1. Prinsip Loyalitas

Loyalitas merupakan perilaku yang menunjukkan kesetiaan pada perusahaan. Kesetiaan ini seperti menjalankan tugas dengan tepat, hubungan yang baik dengan berbagai elemen perusahaan, serta tidak mencampurkan urusan pribadi dengan bisnis.

Prinsip ini dapat menciptakan profesionalitas, sebab loyalitas mengarahkan seseorang untuk tidak mencampurkan urusan pribadi dengan perusahaan.

Sebuah perusahaan tidak akan berjalan tanpa loyalitas yang tinggi karyawannya. Karyawan merupakan roda penggerak perusahaan.

Jika roda mengalami masalah atau tidak sinkron berputar maka perkembangan perusahaan pun akan melambat, bahkan terhenti. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang rela menghabiskan banyak uang untuk memfasilitasi para karyawan untuk meningkatkan loyalitas karyawan.

  1. Prinsip Otonom

Prinsip ini berkaitan dengan jiwa kepemimpinan seseorang. Baik bagi kepala divisi maupun karyawan, harus dapat mengambil keputusan dengan tepat dan cepat. Di samping itu juga harus dapat mempertanggungjawabkan keputusannya.

Prinsip ini penting karena sangat berperan dalam mengatasi masalah internal maupun eksternal perusahaan.

Prinsip otonom ini juga berkaitan dengan pelaku bisnis yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap kewajibannya.

Apalagi bagi seorang atasan, harus paham mengenai apa yang seharusnya dikerjakan, situasi yang sedang dihadapi, dan berbagai tuntutan yang berlaku. Prinsip etika otonom ini sangat penting dimiliki oleh seorang ketua.

  1. Prinsip Integritas Moral

Tak hanya  pada sebuah bisnis dan perusahaan, integritas moral memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Bahkan beberapa penelitian setuju bahwa kecerdasan manusia berpengaruh pada nilai integritas moral individu tersebut. Dengan integritas moral yang baik para karyawan, maka akan berdampak positif bagi kemajuan perusahaan.

Integritas moral sangat menentukan nama baik perusahaan. Jika satu orang karyawan saja memiliki integritas moral yang buruk, kemudian melakukan sebuah tindakan yang ceroboh seperti mencuri atau asusila maka akan berimbas pada nama baik perusahaan. Jika sudah begini maka perusahaan yang akan dirugikan.

Berbicara soal bisnis memang tidak dapat dipisahkan dengan perusahaan dan karyawan. Ketiganya memang harus diatur melalui prinsip etika bisnis.

Prinsip-prinsip etika bisnis yang telah disebutkan di atas adalah hal penting dalam sebuah perusahaan. Pada intinya keberhasilan suatu bisnis sangat bergantung pada karyawan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika bisnis.