Syarat dan Biaya Pembuatan Paspor 2018

Biaya Pembuatan Paspor 2017

Ketika anda ingin bepergian ke Luar Negeri maka anda harus memiliki sebuah identitas berupa Paspor.

Paspor ini adalah tanda pengenal anda ketika anda sedang berada di Negara Orang, yang menyatakan bahwa anda merupakan Bangsa dari Indonesia.

Paspor ini berlaku layaknya KTP dan SIM yaitu maksimal 5 Tahun.

Tanpa memiliki Paspor maka anda tidak di ijinkan masuk ke Negera yang anda kunjungi, bahkan bisa dipermasalahan menjadi turis ilegal.

Paspor sendiri memiliki beberapa jenis, bergantung dari kegunaannya. Ada paspor yang digunakan untuk Wisata, Passpor untuk bekerja di Luar Negeri, Passpor untuk belajar di Luar Negeri.

Pembuatan paspor dilakukan di kantor Imigrasi di masing – masing kota tempat anda tinggal.

Syarat Pembuatan Paspor

Syarat untuk membuat paspor yaitu KTP Elektrik, Akte Kelahiran, Surat Nikah (bagi yang sudah nikah), Surat Keterangan Orangtua (untuk yang belum menikah), Ijazah terakhir, Kartu Keluarga, Materai dan mengisi Formulir yang telah disediakan.

Apabila anda tidak memiliki salah satu dari syarat yang telah kami sebutkan di atas maka anda harus melengkapinya. Kecuali jika anda tidak memiliki Ijazah Sekolah maka bisa digantikan dengan Surat Nikah / Akte Kelahiran saja.

Biaya Pembuatan Paspor 

Saat datang ke kantor Imigrasi pastikan anda datang pada jam kerja, yaitu sebelum pukul 12.00 , apabila anda datang diatas jam 12 maka dinyatakan terlambat dan tidak dilayani untuk permohonan pembuatan paspor, anda harus datang lagi besok.

Setelah semua berkas persyaratan dan formulir diserahkan ke Kantor Imigrasi maka selanjutnya anda bisa langsung menunggu untuk proses pengambilan foto, dan tunggu beberapa hari (sesuai yang telah di tetapkan oleh petugas) maka anda kembali lagi ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang udah jadi.

Biaya pembuatan paspor tahun 2017 yaitu sebagai berikut :

  • Paspor biasa 48 halaman per orang yaitu Rp300 ribu
  • Ganti Paspor 48 Halaman karena keteledoran Rp600 ribu
  • Ganti paspor 48 halaman disebabkan bencana alam Rp300 Ribu
  • Pembuatan Paspor 24 halaman per orang yaitu Rp100 ribu
  • Ganti Paspor 24 Halaman karena keteledoran yaitu Rp200 ribu
  • Ganti paspor 24 halaman disebabkan bencana alam Rp100 Ribu

Sumber Gambar : agungprasetyo.net
Sumber Informasi : Kantor Imigrasi