Tarik Tunai Antar ATM Milik Bank BUMN Gratis

tarik-tunai-gratis

Menteri BUMN tengah mentargetkan penyatuan ATM untuk 4 bank BUMN dapat selesai pada akhir tahun 2016. Sehingga, nasabah di keempat bank tersebut dapat melakukan tarik tunai di ATM mana saja dengan biaya gratis, penerapan ini akan berlaku pada kuartal I-2017.

Apa saja Empat bank BUMN tersebut? terdiri dari PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). 

Jadi nasabah BRI dapat tarik tunai di ATM Bank Mandiri, nasabah Bank BNI dapat tarik tunai di bank BRI, nasabah bank Mandiri dapat tarik tunai di Bank BNI dan seterusnya. Untuk transaksi tarik tunai di ATM ini tidak dikenakan biaya.

Apabila akhir tahun ini Bank Indonesia memberi izin switching maka pada awal tahun 2017 fasilitas transaksi tarik tunai gratis melalui jaringan ATM yang dikelola empat bank BUMN ini akan dijalankan.  terang Rini, Menteri BUMN.

Menurut pernyataan Dewan Ketua Komisioner OJK, Mulimanan D Hadad pada akhir tahun lalu, yaitu “dengan ada nya sinergi antar bank BUMN maka bisa meningkatkan daya saing perbankan di Indonesia”.

Bentuk Sinergi yang akan direalisasikan tahun depan yaitu nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai melalui jaringan ATM yang dikelola bank BUMN tanpa dikenakan biaya (gratis).

Diharapkan dengan adanya sinergi ini dapat memberikan langkah efisien dan membawa dampak positif bagi perbankan lainnya, sehingga mampu meningkatkan daya saing perbankan Indonesia, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekononi Asean (MEA).





Comments are closed.