Pengertian Layanan Transfer Uang Kliring dan RTGS di Bank

pengertian kliring dan rtgs

Setiap bank memiliki fasilitas layanan transfer, adaun layanan transfer uang di bank itu bentuknya bermacam – macam. Untuk bisa transfer kita tidak perlu memiliki rekening di bank yang sama, berbeda bank pun bisa. Seperti transfer uang dari BRI ke Mandiri

Salah satu layanan transfer uang antar bank ini kita kenal dengan istilah Kliring dan RTGS. Sebuah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah dapat melakukan transfer uang ke bank yang berbeda Jadi kalau nasabah mau transfer dari Bank BRI ke Bank lain atau antar bank lainnya maka menggunakan Kliring atau RTGS.

Kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara Kliring dan RTGS. Karena kami yakin masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan diantara keduanya, termasuk anda. Simak penjelasan sebagai berikut :

Pengertian Kliring

Kliring merupakan sebuah sistem layanan transfer uang antar bank yang berbeda, baik menggunakan dalam jaringan ATM Bersama maupun ATM Prima. Proses transfer membutuhkan waktu 2-3 hari kerja.

Jadi, apabila anda kirim uang dari Bank A ke Bank B pada hari senin maka sampainya pada hari Rabo atau kamis. Tapi, jika anda transfer uangnya pada pagi hari (biasanya sebelum jam 11) maka uang yang dikirim akan sampai pada hari yang sama (tapi agak sorean)

Layanan ini memiliki biaya transaksi yaitu sebesar Rp 5000 per transaksi, limit pengiriman uang sebesar Rp 99 juta per harinya. Kliring juga disebut dengan LLG atau SKN.

Pengertian RTGS

RTGS merupakan singkatan dari Real-Times Gross Settlement. Secara umum sama dengan Kliring, akan tetapi waktu transfer yang dibutuhkan RTGS lebih cepat yaitu hanya dalam hitungan jam (antara 1 – 3 jam).

Biaya transaksi menggunakan RTGS yaitu sebesar Rp 15 ribu dengan limit transaksi minimal Rp 100 juta. Jadi intinya RTGS merupakan layanan transfer uang diatas Rp 100 juta. Jadi, kalau memang anda hanya ingin transfer uang dibawah Rp 100 juta maka anda bisa menggunakan layanan Kliring.




Silahkan Tinggalkan Komentar