5 Tips Membeli Rumah dengan Gaji Pas Pasan

Tips Membeli Rumah dengan Gaji Pas Pasan

Semua sudah tentu ingin memiliki rumah pribadi, apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Namun, harga untuk membeli rumah tidak lah sedikit, butuh uang yang cukup besar untuk membelinya, maka hal ini membuat sebagian orang tidak begitu yakin dengan cita-cita yang ingin digapainya tersebut dengan alasan memiliki gaji yang pas pasan. Padahal dengan gaji pas pasan juga tetap bisa membeli rumah.

Membeli rumah merupakan hak semua orang, bukan hanya untuk orang yang memiliki gaji besar saja, melainkan orang yang memiliki gaji pas pasan (paling tidak UMR) pun bisa memiliki rumah, karena UMR merupakan sebuah ketentuan gaji yang sudah di hitung oleh para pakar ekonomi. Bagi anda yang memiliki gaji pas pasan jangan berkecil hati, yakinlah dengan impian anda pasti ada jalan untuk mewujudkannya.

Anda dapat mengikuti beberapa tips dari kamu, mungkin saja bisa memberikan solusi dan gambaran bagi anda dalam mewujudkan impian membeli rumah. Memang membeli rumah tidak mudah, butuh kesabaran dan komitemen yang tinggi agar semua nya dapat berjalan sesuai dengan rencana.

1. Merencanakan Keuangan 

Hitung berapa pengeluaran wajib yang harus anda penuhi dalam sebulan. Merencanakan keuangan merupakan langkah terpenting sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda – beda, maka lakukanlah poin 1 ini. Ketika anda sudah mengetahui pengeluaran wajib dan pengeluaran penting lainnya, maka selanjutnya anda bisa memperkirakan pengeluaran sebagai Uang Muka (DP) Rumah dan kemampuan cicilan per bulan. Kami menyarankan, cicilan rumah diberikan juga batas maksimum sebesar 30 persen dari besarnya gaji per bulan.

2. Carilah KPR yang Tepat

Bank – Bank ternama seperti Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BTN dan lainnya memiliki program KPR dengan syarat dan ketentuan yang berbeda – beda. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu KPR mana yang tepat untuk anda. Jangka waktu cicilan KPR biasanya antara rentan waktu 15 – 20 tahun, anda harus bisa memilih jangka waktu yang tepat untuk membeli rumah dengan cara kredit. Memilih jangka waktu akan berpengaruh terhadap besarnya nominal cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

3. Ketahui Nilai Investasi Lingkungan Rumah

Lingkungan juga dapat mempengaruhi harga jual rumah, maka anda bisa menganalisa tingkatan harga rumah di daerah tersebut. Anda ingin membeli rumah di daerah Pusat Kota, Pinggiran Kota atau didaerah perdesaan. Pastikan juga sesuai dengan kemampuan anda, memilih lokasi yang ramai merupakan keinginan banyak orang karena rumah juga menjadi aset investasi yang penting untuk masa depan.

4. Mulai Latihan Mencicil

Setelah itu, Anda perlu latihan mencicil selama 4-5 bulan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa melihat apakah Anda sudah bisa dan siap untuk mencicil KPR atau belum. Tidak memerlukan uang yang besar untuk melakukan latihan, cukup hanya dengan Rp 500 – 600 ribu per bulannya.

5. Siapkan Usaha Sampingan Sesuai Gaji

Selain mengandalkan Gaji anda yang menurut anda pas pasan, maka anda juga perlu mempersiapkan usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan, anda harus keluar dari zona nyaman anda jika memang anda ingin bisa membeli rumah. Anda dapat memulai sebuah bisnis atau usaha yang sudah bisa Anda geluti yang sesuai dengan gaji Anda. Jadi, jangan ragu dan takut lagi untuk membeli rumah dengan gaji pas-pasan. Dengan merencanakan gaji Anda dengan baik, semuanya pun bisa menjadi lebih mudah.