5 Tips Mengatur Gaji untuk 30 Hari

Tips Mengatur Gaji 30 Hari

Kebutuhan ekonomi keluarga biasanya dihitung berdasarkan rentan waktu 30 hari atau 1 bulan, karena mengikuti gaji seorang pekerja atau karyawan yang diberikan setiap akhir bulan. Ketika menerima gaji perlu adanya menejemen dalam mengelola gaji tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan bulanan.

Jangan sampai kita terlena dengan gaji yang baru di terima, sehingga saat gajian beli ini itu sampai lupa dengan kebutuhan yang seharusnya di cukupi. Ujung-ujungnya ketika ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi sudah kehabisan uang. Maka dari itu kita perlu menyusun anggaran bulanan, untuk itu simak tips mengatur gaji untuk sebulan :

1. Membuat Anggaran Belanja

Kebutuhan selalu ada, terutama kebutuhan belanja, maka anda perlu membuat rencana anggaran belanja ketika menerima gaji, apalagi ketika seseorang sudah berumah tangga. Disarankan untuk mengevaluasi kembali pengeluaran selama 3 bulan terakhir. Dengan ini anda akan mengetahui, keluarnya uang digunakan untuk apa saja.

Anda perlu mencatat pengeluaran rutin bulanan. Ketika anda telah mengetahui kebutuhan belanja bulanan, maka anda dapat mudah mengatur keuangan atau gaji untuk lebih berhemat. Susun rencana anggaran bulanan secara realitis dan menggambarkan pola hidup anda sebenarnya.

2. Anda perlu Memiliki 2 rekening tabungan bank

Memiliki rekening tabungan dalam keluarga itu perlu, buat 2 jenis rekening tabungan yang berbeda fungsi. Anda dapat membuat Rekening pertama untuk kebutuhan transaksi seperti seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Rekening kedua anda gunakan untuk menabung. Jadi pilihlah bank yang menawarkan administrasi bulanan yang rendah bila perlu bebas administrasi. Batasi layanan transaksi yang bisa digunakan, gunakan saja ATM. Kemudian simpan di tempat tidak mudah dilihat sehingga kartu ini jarang digunakan.

3. Lunasi utang dan cicilan

Jika anda memiliki hutang atau pinjaman atau cicilan (tagihan apapun) maka segera bayar setelah menerima gaji, bila perlu lunasi segera ketika ada uang untuk membayar. Anda dapat menganalisa berapa kali pembayaran yang harus dilakukan untuk melunasi hutang tersebut.

Dengan minim nya tagihan maka anda dapat lebih mudah dalam mengatur gaji bulanan. Anda dapat lebih fokus dalam memperhitungkan anggaran untuk jangka panjang. Jika ingin mencicil atau kredit sesuatu, maka perlu disesuaikan dengan pendapatan atau gaji anda yaitu tidak melebihi 30% dari penghasilan. Berfikirkan dengan matang sebelum mencicil sesuatu.

4. Buat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan Bulanan

Ini sangat penting dilakukan, kebanyakan orang menyepelekan poin nomor 4 ini. Anda dapat mencatat barang apa saja yang dibeli, jika menggunakan jasa maka jasa apa yang anda gunakan, anda rinci jumlah , nominal transaksi, waktu dan tempat saat transaksi. Ini akan membantu Anda dalam mengerem pengeluaran.

5. Lakukan Perbandingan antara Pengeluaran dengan Anggaran

Bandingkan rencana anggaran pengeluaran dengan buku harian pengeluaran anda. Ini merupakan langkah terakhir dalam mengatur gaji untuk mencukupi kebutuhan selama 30 hari. Apabila rencana anggaran berbeda jauh dari kenyataan, maka Anda perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali agar Anda mengetahui pengeluaran terbesar Anda untuk kebutuhan apa.




Comments are closed.