Jakarta, InfoPerbankan.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan berbagai bank untuk menginisiasi produk tabungan khusus untuk Pelajar (SimPel). Sebagai bentuk pembelajaran dan inkluisi keuangan kepada anak-anak sejak dini.

Namun, Bank mengalami kendala untuk menjangkau masyarakat dan siswa yang tinggal di daerah pelosok dan terpencil untuk bisa membuka produk tabungan pelajar. Karena tidak semua kantor cabang bank tersedia untuk menjangkau masyarakat secara luas.

“Kendala yang terjadi yaitu menjangkau anak-anak yang tinggal di pedalaman. Bank Mandiri berupaya mengatasinya dengan bekerjasama dengan kementerian melalui program Indonesia Pintar” terang Direktur Consumer & Retail Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hery Gunardi di SD Negeri 01 Menteng, Jumat (27/11/2015).

Hery membuat solusi dengan program branchless banking atau laku pandai untuk dapat menjangkau masyarakat dan siswa di kawasan pedalaman. Sehingga produk tabuang simpel dapat digunakan didaerah terpencil melalui agen-agen laku pandai.

“Kami sedang menganalisis bagaimana caranya manfaatkan laku pandai untuk Simpel, Bank Mandiri Berupaya Siswa Di Daerah Terpencil Bisa Buka Tabungan “SimPel” jelas Hery


Previous articleNaik Haji merupakan Ibadah utama yang diimpikan oleh semua muslim, untuk bisa mewujudkan nya kita perlu melakukan menegemen keuangan dengan baik untuk menyisihkan sebagaian penghasilan dan ditabung untuk biaya naik haji, apalagi biaya naik haji tidak lah sedikit yaitu untuk mendapatkan kursi keberangkatan kita harus membayar Rp25juta. Agar rencana lebih terarah maka perlu membuka tabungan khusus untuk Haji.Kita bisa membuka tabungan haji di BRI Syariah, karena BRI syariah juga memiliki produk tabungan haji iB yang bisa dibuka hanya dengan memberikan setoran awal Rp50ribu , dan anda bisa melakukan setoran tabungan minimal Rp10ribu, semakin rutin dan besar setoran nya maka dana yang terkumpul untuk mendaftar haji semakin cepat.[caption id="attachment_733" align="aligncenter" width="614"]Tabungan Ibadah Haji BRI Tabungan Ibadah Haji BRI[/caption]Tabungan Haji BRI Syariah ini menggunakan Prinsip Syariah dengan Akad Mudharabah Muthlaqah dengan bagi hasil yang kompetitif, mata uang yang digunakan menggunakan Rupiah. Dengan tabungan haji maka rencana persiapan untuk ibadah haji lebih fokus, karena saldo didalam tabungan tidak bisa ditarik atau digunakan untuk yang lainnya, fokus untuk dana haji, ketika terkumpul Rp25juta maka akan langsung digunakan untuk mendaftar.

Syarat dan Ketentuan

  • Mengisi Formulir di Kantor Cabang BRI Syariah
  • Melampirkan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Melampirkan fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
Nasabah hanya akan difasilitasi berupa buku tabungan untuk melihat mutasi setoran yang dilakukan selama menabung untuk merencanakan biaya ibadah haji. Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan alias Gratis. Pastikan anda terus melakukan setoran rutin karena jika rekening anda masuk kedalam kategori pasif maka sistem akan menarik biaya Rp10.000.Baca Juga : Tabungan Haji Bank BRI Konvensional
Next articleBank Tabungan Negara (BTN) – Bank BTN merupakan Bank BUMN yang berbentuk perseroan tbk, melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keuangan berupa simpanan, investasi dan kredit. yang berfokus pada 3 jenis sektor usaha diantaranya : Simpanan Tabungan dan Pinjaman, Perumahan dan perbankan komersial, dan Syariah-banking (perbankan syariah).Bank BTN menyediakan berbagai produk dan jasa di bidang perumahan, terutama melalui pinjaman (KPR), baik KPR bersubsidi untuk kelas menengah ke bawah segmen masyarakat Indonesia dan hipotik non-subsidi untuk kelas menengah ke segmen kelas atas.Bank Tabungan Negara dikenal di masyarakat dengan sebutan Bank BTN dan kantor pusatnya berlokasi di Jakarta, Indonesia. Bank Tabungan Negara secara harfiah berarti “Bank Tabungan Negara” di Indonesia. Produk Bank BTN termasuk rekening bank (tabungan, deposito saat ini dan tetap), pinjaman (pinjaman pribadi, bisnis dan rumah) dan layanan perbankan Syariah.[caption id="attachment_749" align="aligncenter" width="716"]Logo Bank BTN Logo Bank BTN[/caption]Sejarahnya : Bank BTN ini telah berdiri sejak tahun 1897 dengan nama awal Postpaarbank yang berkantor pusat terletak di Batavia. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, bank beku dan diganti dengan Tyokin Me atau Chokinkyoku.Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, bank diambil alih oleh pemerintah Indonesia pada 9 Februari 1950 di bawah Undang-Undang No.9 Darurat dan berganti nama menjadi “Bank Tabungan Pos” (Pos Bank Tabungan).Pada tahun 1963, nama saat bank, Bank Tabungan Negara diadopsi. Bank BTN menjadi bank pertama yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyediakan pembiayaan perumahan dan hipotek untuk individu berpenghasilan rendah dan menengah.Sumber : Wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.