Setoran Awal Tabungan Pelajar di Bank Syariah Hanya Rp 1000

Simpanan Pelajar BJB Syariah

Simpanan Pelajar Bank

Jakarta, InfoPerbankan.com – Sejak bulan september 2015, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan produk tabungan khusus untuk para pelajar yang diberinama Simpanan Pelajar atau Simpel. Dalam pemasarannya OJK bekerjasama dengan beberapa Bank Syariah.

Tujuan diluncurkannya Tabungan Simpel ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sejak usia dini tentang manfaat menabung dan menumbuhkan budaya menabung.

Pada Acara Mengenal Jasa Keuangan di SD Negeri 01 Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2015). Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad mengatakan bahwa “Budaya menabung yang pernah ada disekolah – sekolah, lama kelamaan mulai luntur, hanya beberapa sekolah saja yang masih aktif melakukan budaya menabung di sekolah. Dengan adanya program Simpanan Pelajar ini kita mau mengajak masyarakat khususnya pelajar untuk menerapkan budaya menabung”.

Secara teknis perbankan supaya mengadakan kerjasama dengan sekolah, kemudian siswa dapat melakukan registrasi permohonan pembukaan rekening tabungan Simpel melalui sekolah dengan fasilitas Bank Mobile. Sehingga orangtua tidak perlu lagi mendampingi anak untuk membuka rekening mereka, rekening yang dibuka menggunakan nama pelajar sendiri.

Pelajar dapat membuka rekening simpanan pelajar menggunakan Kartu Pelajar yang mereka miliki dan memberikan setoran awal minimal Rp1000 untuk membuka rekening simpanan pelajar di Bank – Bank Syariah, begitu juga dengan setoran rutinnya minimal Rp 1000.

Pelajar akan mendapatkan fasilitas berupa Buku Tabungan, sedangkan untuk fasilitas kartu ATM syaratnya saldo minimal di rekening harus Rp100ribu. Tidak ada biaya administrasi bulanan untuk tabungan simpel ini.

Bank syariah yang menyediakan Tabungan Simpanan Pelajar meliputi Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Syariah Bukopin, BJB Syariah, Bank Mega Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) BPD Jambi, dan BPRS Al-Salaam.



Silahkan Tinggalkan Komentar