Pilih Beriklan di Facebook atau Google AdWord ?

Kini saatnya kita memasuki persaingan pasar Global, maka dalam membangun sebuah bisnis perlu yang namanya marketing. Marketing merupakan bagian terpenting untuk bisa menembus pasar sehingga dapat mencapai target, salah satu upaya yang dilakukan marketing adalah promosi.

Beragam cara dapat kita lakukan untuk melakukan promosi salah satunya dengan membuat sebuah kampanye iklan, biasanya iklan yang banyak kita tahu yaitu ada di televisi, surat kabar (koran), baliho dijalan raya, pasang spanduk dan lain-lain. Namun, dengan kemajuan teknologi kita juga bisa memanfaatkannya untuk periklanan.

Salah satu cara beriklan melalui kemajuan teknologi yaitu beriklan menggunakan internet. Karena saat ini hampir semua orang sudah online melalui hp atau laptop mereka, baik itu untuk mencari informasi maupun untuk menghabiskan waktu berinteraksi di sosial media (facebook).

Baca Juga : Bisnis Laptop Bekas

Dengan adanya Google dan Facebook ternyata berpengaruh besar dalam mengembangkan sebuah bisnis. Sebab, keduanya memiliki sebuah produk periklanan (advertising) dimana para pembisnis dapat melakukan promosi melalui produk mereka.

Pilih Beriklan di Facebook atau Google AdWord ?

Iklan Google vs Iklan Facebook
Iklan Google vs Iklan Facebook

Google dan Facebook merupakan sebuah situs yang paling banyak digunakan pengguna internet, khususnya yang berasal dari Indonesia. Dengan program periklanan yang telah dibuat memungkinkan iklan yang kita pasang dapat dilihat oleh para pengguna google dan facebook.

Banyak orang yang bertanya lebih baik memasang iklan di Google atau difacebook, mana yang lebih efektif untuk beriklan. Pasalnya keduanya memiliki pengguna yang banyak dengan berbagai jenis karakter. Disini kami akan memberikan penjelasan untuk Iklan di Google dan Iklan di Facebook, sehingga dapat menjawab pertanyaan anda.

1. Facebook Ads

Facebook menyediakan layanan periklanan kepada para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk kepada para pengguna facebook. Facebook menampilkan iklan para advertiser di sisi kanan dan disisipkan didalam berada, iklan akan muncul ketika pengguna fb melakukan scrool. Iklan fb akan ada status yaitu Bersponsor / Sponsored.

Contoh Iklan Facebook

Di Indonesia Facebook merupakan sosial media terpopuler, yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orangtua. Facebook menjadi tempat dimana banyak orang bersosial setiap harinya. Dengan begitu ini menjadi sebuah peluang yang sangat pontensial sebagai alat promosi online.

Iklan di Facebook dapat disetting sedemikian rupa hingga bisa menentukan target iklan yang akan dipasang. Yaitu diatur berdasarkan usia, status, bahasa, lokasi tinggal. Ini menjadi tempat yang perlu dicoba untuk memasarkan bisnis / produk anda, karena sebagian besar masyarakat indonesia telah memiliki akun facebook.

Baca Juga : Bayar Iklan Facebook dengan Mandiri

2. Iklan Google

Berbeda dengan Iklan oleh Google, sebuah perusahaan raksasa yang telah memegang dunia juga menawarkan sarana / layanan periklanan yang sangat tertarget. Bisa dikatakan semua orang pasti menggunakan Google untuk mencari sebuah informasi mulai dari kesehatan, teknologi, bisnis dan lainnya.

Pangsa pasar Google sangat luas sekali, karena iklan – iklan yang dipasang akan disebar keseluruh website yang menyediakan informasi dan bahkan pada halaman Google itu sendiri (ditampilkan dipaling atas / depan) atau yang muncul pada akhir tulisan ini (paling bawah).. Iklan di google juga dapat ditargetkan untuk lokasinya.

Contoh Iklan Google

Kelebihan dari iklan Google yaitu iklan akan ditampilkan berdasarkan kata kunci yang telah dibidik. Sehingga ketika orang mencari sesuai dengan sebuah kata kunci, maka iklan yang terkait akan muncul, dan akan lebih tepat sasaran. Saat ini pembayaran iklan adword juga bisa menggunakan bank lokal seperti Bank BNI.

Itulah penjelasan singkat mengenai iklan di facebook dan iklan di Google. Semua memiliki kelebihan masing-masing, maka dari itu untuk memilih media mana yang paling efektif untuk beriklan dikembalikan kepada calon pengiklan itu sendiri, anda dapat mencoba keduanya sehingga dapat menyimpulkan mana yang paling efektif untuk bisnis anda.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.