Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

formulir-gadai-barang-di-pegadaian

Meminjam uang di Pegadaian terbilang sangat mudah bila dibandingkan dengan pinjam uang di Bank, karena kita cukup menggadaikan barang berharga yang kita miliki. Kita bisa menggadaikan barang elektronik seperti hp android, laptop, kamera, atau barang-barang lainnya.

Yang paling umum digunakan untuk gadai di Pegadaian yaitu berupa emas batangan. Bagi yang belum tahu bagaimana cara menggadaikan barang di Pegadaian maka silahkan disimak beberapa penjabaran dari kami.

Pegadaian merupakan suatu perusahaan BUMN yang memiliki kantor cabang di mana-mana, sehingga tidak sulit kita menjumpai pegadaian. Pegadaian melayani pembelian emas dan juga gadai barang untuk bisa mendapatkan pinjaman, nilai pinjaman tidak lebih dari nilai taksiran barang.

Misal anda menggadaikan Laptop Acer maka kemudian pegadaian akan mentaksir nilai harga barang misal nilai taksirnya Rp5.000.000, maka anda hanya boleh pinjam uang dibawah Rp5 juta atau sama dengan.

Pegadaian menawarkan pinjaman cukup dengan menggadaikan barang dengan proses yang mudah, besar bunga yang dikembalikan juga tidak besar. Pokoknya hampir semua barang bisa digadai dipegadaian.

Syarat untuk menggadaikan barang di pegadaian hanya perlu fotocopy KTP atau SIM, dan membawa barang yang akan di gadai. Selanjutya anda diminta untuk mengisi formulir penggadaian barang.

Menghitung nilai Taksir Barang yang di Gadai.

Setelah anda menyerahkan barang gadaian dan mengisi formulir, pihak pegadaian akan mentaksir harga atau nilai harga barang. Setelah nilai taksiran harga barang di tentukan maka barulah anda bisa menentukan nilai pinjaman. Nilai pinjaman tidak melebihi dari nilai taksiran barang seperti yang kami jelaskan diatas.

Saat menggadaikan barang dan mengajukan pinjaman, anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp25 ribu, dan anda akan mendapatkan surat tanda bukti kredit melakukan gadai barang di Pegadaian. Selanjutnya anda dapat menebus barang yang anda gadai dengan mengembalikan nilai pinjaman.

Barang yang anda gadai harus di tebus selama jangka waktu yang telah ditentukan yaitu maksimal 120 hari. Jangka waktu ini bisa diperpanjang jika memang anda mengininkannya. Saat menebus barang yang digadai dan mengembalikan pinjaman maka cukup bara KTP, Surat Bukti Kredit dan nota transaksi penerimaan uang.

Baca Juga : Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian