Inilah Ciri Ciri Utama Giveaway Penipuan di Instagram

ciri ciri utama penipuan giveaway instagram
ciri ciri utama penipuan giveaway instagram

Giveaway merupakan sebuah aktivitas bagi-bagi hadiah yang sering dilakukan di sosial media terutama instagram, banyak akun seperti toko online mengadakan giveaway sebagai sarana promosi pengenalan brand.

Perlu kalian ketahui bahwa program giveaway juga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan modus penipuan, tidak sedikit yang sudah menjadi korban penipuan dengan modus giveaway di instagram jadi kalian harus hati-hati.

Kalian boleh saja ikutan giveaway, tapi juga harus waspada dan pintar jangan sampai justru menjadi korban yaitu menuruti perintah penipu untuk mentransfer sejumlah uang dengan alasan sebagai biaya admin atau lainya.

Inilah Ciri Ciri Giveaway Penipuan di Instagram

Mari sama-sama kita melek lagi agar tidak menjadi orang yang mudah di bodoh-bodohi, sehingga tergiur dengan hadiah-hadiah yang dijanjikan dalam sebuah giveaway.

Giveaway yang benar yaitu giveaway yang tidak memungut biaya apapun, ingat baik-baik bahwa giveaway yang sebenarnya pemenang tidak diminta untuk transfer uang dalam bentuk apapun karena memang giveaway itu gratis.

Jadi, jika kalian mengikuti giveaway dan tiba-tiba mendapatkan DM (pesan chat) langsung dari seseorang yang menyebutkan bahwa kalian terpilih menjadi pemenang Giveaway dan harus transfer uang maka dapat dipastikan 100% itu PENIPUAN.

Paham kan?!

Abaikan pesan tersebut, karena itu merupakan modus penipuan.

Kalian perlu cek terlebih dahulu kebenarannya di akun asli yang mengadakan giveaway, apakah betul ada pengumuman yang menyatakan bahwa kalian terpilih jadi pemenang.

Itulah ciri-ciri utama giveaway penipuan di instagram, yaitu meminta pemenang untuk mengirim uang ke rekening penipu, biasanya dengan alasan untuk biaya administrasi dan lain sebagainya.

Pokoknya jangan mau kirim uang, karena giveaway itu Gratis semua ditanggung penyelenggara.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai giveaway palsu, sehingga kalian bisa lebih berhati-hati dan tidak langsung percaya dengan pengumuman yang menyatakan bahwa kalian adalah pemenang giveaway.

Terlebih lagi giveaway yang mengaku-ngaku sebagai artis seperti Baim Wong, Kedas Beauty, dan lain sebagainya.

Kami sarankan langsung blokir saja akun yang mengirim pesan kepada kalian yang mengumumkan bahwa kalian jadi pemenang giveaway dan minta transfer uang.

Leave a Comment