Penjual Menolak Pembatalan Shopee COD

penjual menolak pembatalan cod shopee

Shopee merupakan sebuah platform marketplace yang memfasilitas para pelaku usaha untuk memasarkan barang yang mereka jual, yang nantinya bisa langsung di order para pembeli yang aktif.

Belanja online di shopee terbilang sangat memuaskan karena banyak barang yang terseida dengan harga lebih murah dibandingkan dengan toko-toko offline terlebih lagi shopee menawarkan voucher gratis ongkir sehingga lebih hemat.

Kami sendiri sangat sering membeli barang secara online lewat aplikasi shopee, apa yang kami cari dapat dipastikan tersedia, apalagi belanja di shopee bisa menggunakan metode pembayaran COD atau bayar ditempat sehingga kita tidak perlu repot transfer uang.

Shopee COD merupakan fasilitas pembayaran yang dapat digunakan pembeli saat membeli barang, artinya pembeli dapat membayar pesanan setelah barang yang di pesan sampai ke rumah, bayar langsung ke kurir yang mengantar paket.

Penjual Menolak Pembatalan Shopee COD

Ada beberapa hal yang ingin kami bahas mengenai shopee COD yaitu banyak penjual yang sering menolak pengajuan pembatalan yang diajukan oleh pembeli sehingga membuat pembeli merasa kecewa dan dirugikan.

Pembeli memiliki hak untuk mengajukan pembatalan terhadap pesanan yang telah dibuat selama penjual belum mengirimkan paket tersebut.

Namun, sayangnya banyak juga penjual yang tidak menyetujui pengajuan pembatalan pesanan dengan alasan barang sudah di kirim, padahal status pesanan di shopee masih di kemas, terlebih baru saja melakukan checkout.

Disinilah yang dapat memicu terjadinya miss transaksi, dimana penjual menolak pembatalan, barang sudah dikirim, sehingga pembeli memutuskan untuk tidak menerima barang yang dikirim oleh kurir dengan berbagai macam alasan.

Baca Disini: 5 Alasan Menolak Pesanan COD Shopee

Mengapa Penjual Menolak Pengajuan Pembatalan dari Pembeli?

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, ada 2 alasan yang sangat mungkin mengapa penjual menolak pengajuan pembatalan yang di minta oleh pembeli, pembeli ingin pesanannya di cancel.

  1. Pesanan atau barang yang di pesan sudah dikirim ke kurir tapi shopee belum update
  2. Penjual sengaja menolak dan tetap mengirim barang agar barang yang di jual laku

Ketika penjual menolak pengajuan pembatalan COD Shopee maka pesanan yang telah dibuat akan tetap dikirim ke alamat pembeli, pembeli harus menerima paket pesanan tersebut dan membayarnya langsung ke kurir.

Pembeli juga dapat menolak paket cod shopee setelah sampai, anda bisa jelaskan kepada kurir bahwa anda menolak pesanan dengan cara yang baik, dengan begitu paket yang di bawa kurir akan dikembalikan lagi ke penjual.

Ini menjadi salah satu kerugian bagi penjual yang mengaktifkan COD, dimana paket yang sudah dikirim di kembalikan lagi karena pembeli menolak paket yang dikirim.

Penjual yang tidak ingin hal ini terjadi maka kami sarankan untuk menonaktifkan layanan COD agar pembeli tidak bisa melakukan pembelian lewat COD, terlebih sekarang banyak anak-anak yang beli di shopee pakai fitur ini menggunakan hp orang tuanya.

Leave a Comment