penipu instagram

Penipu di Instagram Makin Merajalela, Seakan Tak Kenal Dosa

penipu instagram

Belanja online lewat instagram memang perlu berhati-hati, karena banyak banget penipu yang membuat akun olshop fiktif hanya untuk menjerat para korban, biasanya mereka menampilkan posting barang yang dijual dengan harga yang super murah bahkan murahnya sampe ga masuk akal.

Contoh: Jual hp android, padahal harga aslinya mencapai Rp 2juta (baru), tapi di akun olshop penipu hp baru tersebut dijual dengan harga yang sangat murah yaitu hanya Rp600ribu. Mereka beralasan kalau hp yang dijual adalah barang BM (black market).

Tak hanya itu, toko penipu lainnya ada yang ngakunya jualan sembako murah, jualan masker murah, jualan sepatu, jualan pakaian wanita, dan lain sebagainya.

Korban yang tergiur akan melakukan komunikasi dengan penipu melalui DM akun atau melalui whatsapp, setelah itu penipu meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang untuk DP atau lain sebagainya.

Belanja online lewat instagram memang sangat beresiko karena memang tidak ada yang menjamin sebuah akun tersebut real atau penipu, telah banyak orang yang menjadi korban penipuan, setiap hari pasti ada dan itu kebanyakan orang-orang awam yang baru pertama kali membeli barang lewat IG.

Membeli barang di instagram itu ga semudah yang dibayangkan, karena jumlah toko online real dengan toko online penipu itu lebih banyak toko penipu. Setiap penipu bisa punya akun fiktif lebih dari 10 akun, dengan produk jualan yang berbeda-beda.

Penipu di instagram semakin merajalela seakan tak kenal dosa, buktinya saja di bulan Ramadhan juga masih banyak penipu berhasil menjerat korban, dengan enjoynya mereka menikmati hasil dari penipuan, padahal semua itu akan dipertanggungjawabkan kelak.

Penipu di instagram kerap bergonta-ganti akun olshopnya setelah berhasil mendapat korban, dan memblokir semua kontak dengan korban mulai dari akun di blok, whatsapp di blokir dan lain-lain.

  • Jangan tertipu dengan jumlah followers yang banyak, karena followers bisa di beli.
  • Jangan tertipu dengan resi atau bukti transfer palsu
  • Jangan percaya dengan testimoni palsu.

Berikut ini adalah contoh daftar toko online penipu yang telah di posting oleh akun pengumpul daftar akun penipu yaitu @penipuan_indonesia:

  • @jastip_amanah_id
  • @shoppingbag_branded

Bagi anda yang ingin belanja online harus bisa mengenali ciri-ciri akun penipu, atau lebih aman lagi belanja lewat marketplace shopee dan tokopedia.

Belanja online disana, akanl ebih terjamin keamanannya, dan banyak toko real yang berlogo star seller. Anda bisa menemukan barang yang ingi anda beli dengan harga murah, tapi murahnya masih dalam batas kewajaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published.