Cara Mengatasi Kartu ATM yang sudah Kadaluarsa

Kartu ATM Kadaluarsa

Setiap nasabah yang membuka rekening tabungan maka akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM, yang gunakan untuk memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi perbankan seperti transfer uang, melakukan pembayaran hingga tarik tunai ketika membutuhkan uang cash.

Namun nasabah juga perlu mengetahui bahwa kartu ATM terdapat masa berlaku (valid thru) tertulis bulan dan tahun. Contohnya tertulis : 9/21 itu artinya kartu ATM berlaku sampai dengan bulan September tahun 2021. Lewat dari bulan dan tahun tersebut maka pemilik kartu harus ganti kartu yang baru.

Sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini, kalau ternyata saat ini kartu ATM anda telah kadaluarsa maka hal yang harus anda lakukan andalah pergi ke kantor bank yang anda gunakan. Jika anda menggunakan kartu ATM BRI maka pergi ke BRI, jika anda menggunakan kartu ATM Mandiri maka silahkan pergi ke Mandiri dst.

Kartu ATM kadaluarsa maka akan dianggap sebagai kartu rusak sehingga anda perlu menggantinya dengan yang baru, hubungi petugas bank (customer service) yang sedang bertugas untuk mengganti kartu ATM anda yang telah kadaluarsa, bawa persyaratan KTP, Buku Tabungan dan Kartu ATM yang telah kadaluarsa tersebut.

Kartu ATM yang telah kadaluarsa tidak mempengaruhi rekening tabungan anda, saldo tabungan masih tetap utuh. Anda hanya perlu menggantu kartu ATM agar anda dapat menggunakannya kembali untuk transaksi.



  1. @Aisyah: Tidak bisa, jika atm anda kadaluarsa maka perlu diperbaharui masa aktifnya.. silahkan datang ke kantor bank terkait.. Terima kasih

  2. @Aisyah: Jika buku tabungan anda hilang silahkan lapor ke kepolisian dan buat buktab yang baru.

  3. BAGAIMANA JIKA BEDA KABUPATEN KITA TMPATI..MISALNYA SAAT BUKA REK. DI KAB. A TRUS AU PERBAHARUI DI KABUPATEN B

  4. Atm BRI aku sdah lama tidak di pakai, trus sekarang mau d pakai lagi, gimana cara tau nya kalau atm aku masih bisa di pakai ??
    . terimakasih

  5. @Anis: Jika kartu sudah kadaluarsa maka anda perlu menggantinya di kantor BRI, silahkan cek masa aktifnya di kartu.

  6. Mau tanya apa bisa mmperbarui kartu dgn cara online?
    Trus knapa sy tidak bisa mlakukan internet banking d Hp sy ? Apa harus ada prsaratan trtentu

  7. saya bru ganti kartu yg hampir exp.dan kartu baru pun sdh dganti.kenapa saya test belanja online pake kartu dengan no.lama msh bisa mendapat kode otp?sedang coba kartu baru blm bisa.

  8. Kalau kartu atm kadaluarso tapi buku nya d tempatjauh atau gag sengaja ke bawa adik merantau gimana ya Bapak/Ibu

  9. Mbak mau tanya, perpanjangan kartu ATM nya harus dilakukan di bank asal pertama kali kita membuat ATM, Misal BRI, atau bisa dilakukan di bank lain atau cabang BRI di tempat lain juga, tetapi masih 1 Kabupaten?

  10. Bagaiman cara mnarik min uang yg ada di Atm yg kadaluarsa yg bukunya sudah hilang trus pemilik bukunya bukan di daera gmana caranya min

  11. @Kang Fikri: Anda tetap bisa menerima transfer, hanya saja anda tidak bisa melakukan transaksi via ATM

  12. Aku mau tanya ke bank bri, kartu atm saya kadaluarsa, apakah masih bisa transfer ke rekening atm bri kadaluarsa tersebut?

  13. Bantu jawab aja, ya.

    ATM yang kedaluwarsa tidak mempengaruhi rekening. Jadi, sekali pun ATM-nya kedaluwarsa, rekening tetap jalan. Artinya transfer/nabung tetap bisa, tapi kita enggak bisa ambil uang pakai ATM (yang kedaluwarsa) itu. Harus diganti yang baru.

    Kalau kasusnya seperti Bapak Muhammadkomsin Susana, buku rekening ketinggalan (tidak ada), biasanya ditindaklanjuti buku rekeningnya dulu. Antara suruh bikin baru atau ditunggu sampai buku rekening (yang ketinggalan di kampung) ada di tangan nasabah. Kartu Tanda Pengenal (yang masih berlaku), buku rekening, dan nama Ibu Kandung biasanya jadi poin utama pengecekan kalau ke Customer Service bank terkait masalah ini. Kalau semua lengkap, baru bisa diproses.

    Kasus seperti Ibu Yustina, biasanya kalau beda cabang bank, bank yang mau dijadikan tempat pengajuan pembaharuan ATM itu konfirmasi dulu ke bank tempat Ibu buat ATM (awalnya). Kalau dari pihak bank yang di Solo kasih izin ke pihak bank di Jakarta, baru bisa proses ATM baru di Jakarta. Kalau enggak ada masalah Insyaallah bisa. Tapi yang penting Kartu Tanda Pengenal, Buku Rekening, sama Nama Ibu Kandung (waktu fulu isi formulir) harus ada dan ingat.

    Semoga membantu 🙏

  14. Saya bikin atm bri dijawa terus mau aktifin atm yg kadaliarsa dibogor bisa apa nggak?

  15. Klo mau aktifin atm yg kadaluarsa tapi gak bwa buku tabunganx cma foto buku tabunganx sma ktp bisa gak ya.karena buku tabunganx ketinggalan di kampung???

  16. beriklandisini

    saat ATM kadaluarsa kenpa kok harus di bank awal pembuatan rek tidak bisa di bank lain, misalnya kita membuat atm dan rek awal di cilacap dan kita berada di jogja pada saat dijogja ATM saya kadaluarsa dan tidak bisa jika diaktifkan lagi melalui bank di jogja padahal sma2 bank BRI?

  17. Kak atm saya baru kadarluarsa bln 6/2018 apa saya bisa transfer lewat atm pakai atm kadarluarsa saya pak .. contohnya saya mau transfer keteman sya menggunakan atm kadarluarsa saya apa bisa mohon dibantu

  18. Apakah saya bisa memperpanjang kartu atm yg saya buat dipalembang.diperpanjang nya dikota pekanbaru.soal ny saya sudah pindah

  19. @Rory : Bisa, silahkan pergi di kantor cabang dan bawa persyaratannya KTP, Buku Tabungan dan ID

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.