Kredit Emas atau Tabungan Emas, Pilih mana?

Kredit Emas atau Tabungan Emas

Emas merupakan sebuah barang berharga yang sangat baik sebagai saranan investasi, disamping harga nya yang terus naik juga memiliki likuiditas yang tinggi (cepat dijual dan laku). Banyak orang yang memiliki emas dalam bentuk batangan dan perhiasan, namun jika untuk investasi sangat dianjurkan untuk membeli emas batangan

Banyak cara untuk bisa berinvestasi emas, anda bisa membeli nya secara tunai dengan ukuran gram yang diinginkan, anda juga bisa membeli emas dengan cara kredit baik itu di pegadaian atau bni syariah, ada juga yang hanya menabung emas seperti produk tabungan emas yang ditawarkan Pegadaian.

Mungkin anda bingung ingin membeli emas dengan cara kredit atau ingin berinvestasi emas dalam bentuk tabungan saja, pilih yang mana? Baiklah kami akan memberikan beberapa penjelasan sehingga anda dapat memutuskan sendiri mana yang harus anda pilih.

Keunggulan Kredit Emas

Saat ini membeli emas dengan cara kredit atau pembiayaan bisa dilakukan di beberapa bank syariah seperti bank BSM, BNI Syariah dll, ada beberapa keuntunggulan yang bisa anda dapatkan :

  • Anda bisa beli emas walau dana terbatas
  • Emas Anda Tersimpan di tempat aman
  • Emas bisa dijadikan jaminan saat ada kebutuhan mendesak

Hanya saja terdapat beberapa kelemahan yang harus anda ketahui ketika anda memutuskan untuk kredit emas di bank. Tentu anda penasarankan, apa kelemahan dari beli emas dengan cara kredit diantaranya :

  1. Uang Muka 20% dari Harga Emas yang ingin di beli
  2. Terdapat bunga atau margin pada setiap cicilan’
  3. Beberapa bank juga akan menetapkan biaya pinalty
  4. Apabila gagal bayar atau tidak melunasi, emas akan ditarik bank

Keunggulan Tabungan Emas

Salah satu perusahaan finance menawarkan kepada anda untuk membeli emas dengan sistem menabung yaitu Pegadaian. Nasabah dapat mengajukan permohonan pembukaan rekening tabungan Pegadaian, dengan membawa KTP, KK, Surat Nikah dll.

baca : Tabungan Emas Pegadaian

Berikut ini adalah keunggulan yang bisa didapat dengan memiliki rekening tabungan emas. Emas tabungan dalam bentuk gram batangan, jika tabungan emas ingin di wujudkan menjadi emas fisik maka anda akan dikenakan biaya tambahan sebagai biaya cetak.

Selain itu juga anda dapat dengan mudah menabung, karena setorannya dapat dilakukan minimal Rp5000. Jika ingin cetak dalam bentuk fisik minimal tabungan emas anda sudah mencapai 5 gram.

Kesimpulan: Kredit Emas atau Tabungan Emas

Jika anda bingung memilih ingin membeli emas dengan cara kredit atau menabung dalam kurs emas seperti yang ditawarkan Pegadaian. Kredit emas sangat cocok bagi anda yang telah memiliki penghasilan tetap, sehingga anda dapat mengansur emas yang dibeli sedangkan untuk menabung emas sangat cocok bagi yang memiliki penghasilan tidak tetap karena anda bisa menabung emas minimal Rp5000.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.