Inilah Ciri Ciri Toko Penipu di Instagram, Harap Waspada!!

akun lelang penipu

Kita tahu sekarang instagram atau yang sering kita sebut dengan singkatan IG menjadi salah satu sosmed yang paling banyak digunakan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berjualan online.

Banyak sekali orang yang sukses berjualan di instagram, karena memang banyak pengguna instragram yang demen belanja online.

Namun, disisi lain juga banyak para penipu yang berkeliaran untuk memangsa korbannya. Modus yang dilakukan yaitu membuat akun yang digunakan sebagai toko fiktif yang menawarkan barang dengan harga murah.

Agar anda tidak tertipu maka anda harus lebih berhati-hati dan waspada sebelum melakukan transaksi dengan toko-toko di instagram. Karena memang hampir susah dibedakan antara toko asli dengan toko penipu.

Inilah Ciri Ciri Toko Penipu di Instagram

Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat ulasan mengenai ciri-ciri toko penipu yang ada di instagram. Walaupun tidak 100% akurat paling tidak bisa membuat anda lebih selektif dalam belanja online di toko instagram.

1. Ya benar, Harga Barang Super Murah

Sebenernya ga ada yang salah sih seseorang menjual barang dagangannya dengan harga murah, tapi kalau murahnya kelewatan hingga lebih dari 50% dari harga pasaran maka toko tersebut patut di curigai.

Bagaimana mungkin seseorang menjual barang dengan harga dibawah pasar, bahkan bisa dibilang di bawah modal para pedagang umumnya. Maka dari itu, hindari membeli barang murah di Instagram.

2. Follower nya banyak tapi Interaksi nya sedikit

Terlihat aneh ketika ada sebuah toko online di Instagram yang punya banyak followers tapi sedikit interaksi bahkan hampir tidak ada yang kasih Love ataupun komentar.

Kalau kalian menjumpai toko online di IG dengan followers banyak tapi interaksi (komen dan like) nya sedikit maka perlu di curigai. Followers yang mereka dapatkan adalah dari beli follower jadi bukan pelanggan asli.

Jadi followers banyak, ga jamin kalau toko itu asli.

3. Aduh, ngaku-ngaku barang BM (black market)

Bisa-bisa aja nih toko jual barang BM?

Gimana ceritanya jual barang BM secara online, kalau ini ada sudah pasti di tangkap polisi karena menjual barang selundupan. Jadi, jangan mimpi beli barang BM lewat instagram. Bisa-bisa kamu kena tipu sama toko penipu di Instagram.

4. Mengirim banyak testimoni dan bukti transfer palsu

Toko asli tidak akan melakukan ini, kalau memang mau beli silahkan di transfer. Karena reputasi toko asli sangat baik, pasti pembeli dapat mengetahuinya.

Kalau akun penipu biasanya mereka untuk menjebak para korbannya, calon korban dikirimi banyak bukti testimoni dan bukti transfer palsu?? buat apa coba? buat lebih meyakinkan calon korban.

5. Kirim DP dulu, bayar lunas kalau barang sudah sampai!!

Pintar sekali toko online penipu membuat sebuah skenario jualan, yang sering dijumpai yaitu pembeli boleh bayar lunas ketika barang sudah sampai di rumah, tapi pembeli harus mentransfer DP dulu.

Tapi tahu gak? bahwa penipu itu mencoba mengambil keuntungan dari DP yang disebutkan. Setelah pembeli membayar DP maka disitulah aksi mereka berhasil, mereka mendapatkan DP anda dan barang tidak dikirim.

Baca Juga: HATI-HATI BANYAK PENIPUAN DI INSTAGRAM BERKEDOK TOKO ONLINE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here