Peluang Usaha Membuka Toko KelontongPeluang Usaha Toko Kelontong di Rumah

Toko kelontong atau sering kita sebut dengan toko sembako menjadi bisnis yang sangat menjanjikan karena tidak pernah mengenal musim dan produk yang dijual selalu dibutuhkan banyak orang, itu alasan mengapa kita perlu mencobanya.

Walaupun kita tahu bahwa telah hadir banyak toko ritel modern seperti indomaret, alfamart, seven eleven, tapi toko sembako atau toko kelontongan tetap masih dibutuhkan. Buktinya saja, terkadang kita tidak mesti belanja di alfamart/indomaret.

Bagi masyarakat yang tinggal dilokasi yang berjauhan dengan alfamart atau indomaret maka mereka pasti lebih sering untuk membeli barang di toko sembako yang ada di sekitar, karena memang secara harga tidak beda jauh.

Apalagi di tempat tinggal anda belum banyak orang yang membuka toko kelontongan, maka peluang nya masih sangat besar untuk dikelola.

Modal Awal Membuka Toko Sembako di Rumah Sendiri

Membuka toko kelontongan dirumah sendiri tidak membutuhkan modal yang besar, karena anda tidak perlu mengeluarkan biasa sewa tempat setiap tahunnya, anda hanya perlu menyiapkan modal awal untuk membeli perlengkapan toko dan barang sembako yang akan dijual.

Berdasarkan analisa kami, anda sudah bisa membuka toko kelontongan di rumah hanya dengan modal awal Rp 5 juta, yang perlu anda siapkan adalah menyiapkan ruangan di rumah yang akan di jadikan toko, atau bisa bangun toko di depan rumah, biaya untuk membuat sebuah toko bukan bagian dari modal tapi investasi.

Contoh Analisis Usaha Toko Kelontong

Baiklah, disini kami anggap anda telah menyiapkan tempat di rumah sendiri bukan lokasi/tempat milik orang lain. Dengan begitu anda tidak memerlukan biasa sewa yang harus dikeluarkan setiap tahunnya, sehingga anda hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli barang yang akan dijual dan perlengkapan toko.

Pembuatan toko dirumah sendiri tentu akan mengeluarkan biaya, tapi biaya tersebut bukan termasuk dari modal usaha melainkan adalah modal investasi, yang bisa anda jual atau yang bisa anda sewakan kepada orang lain.

Karena kasusnya anda sudah memiliki toko atau tempat yang akan dijadikan toko kelontongan dirumah, maka selanjutnya kita akan memberikan rincian modal awal hanya Rp 7 juta untuk membuka toko kelontong kecil kecilan.

1. Modal Awal Membuka Toko

  • Persediaan Barang Dagangan Rp4.000.000
  • Perlengkapan Toko Rp3.000.000
  • Total : Rp7.000.000

Modal Rp4.000.000 sudah bisa membeli banyak produk dagangan, sehingga toko kelontongan yang anda buka sudah siap untuk menjual berbagai kebutuhan rumah tangga warga sekitar atau warga yang lewat.

2. Biaya Operasional Setiap Bulan

Setiap bisnis atau usaha tentu memiliki operasional bulanan, seperti biaya listrik, biaya air, dagangan yang sudah habis dan harus beli lagi dan sebagainya. Adapun rinciannya sebagai berikut :

  • Belanja Barang yang Habis Rp2.000.000
  • Biaya Perlengkapan Rp250.000
  • Listrik, Air, Telpon, dan lain lain Rp350.000
  • Total: 2.600.000

3. Asumsi Pendapatan Perbulan

  • Pendapatan= Asumsi perhari laba Rp1.500.000 x 30 hari, maka diperoleh laba setiap bulan sebesar Rp4.500.000
  • Keuntungan= Pendapatan – Biaya Operasional Bulanan
    = Rp4.500.000 – Rp2.600.000
    = Rp1.900.000 perbulan

Perlu anda ketahui bahwa estimasi laba harian tergantung dari penjualan toko anda, semakin banyak penjualan yang dilakukan maka semakin besar keuntungan yang akan anda dapatkan dan seperti yang kami sampaikan sebelumnya modal awal Rp7 juta diluar sewa toko, karena anda sudah punya toko sendiri dirumah.

Selamat mencoba!! dan Semoga usaha anda berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.