3 Masalah Keuangan yang Harus dibicarakan dengan Pasangan

Dengan pernikahan maka dapat mempersatukan 2 orang yang memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda, sehingga banyak hal yang perlu disinkronkan perbedaan yang ada terutama dalam masalah keuangan keluarga.

Karena keharmonisan rumah tangga juga dapat dipengaruhi dengan masalah keuangan, namun selagi semua dapat didiskusikan dengan baik maka rumah tangga anda akan tetap harmonis dalam mewujudkan rencana masa depan.

Hidup bersama pasangan dalam membina keluarga itu sampai akhir hayat, jadi anda perlu terus melakukan diskusi berbagai keperluan yang ingin dilakukan, seperti ingin membeli rumah, ingin membangun bisnis dan masalah keuangan lainnya.

Masalah Keuangan Rumah Tangga

Ada 3 poin penting yang harus dibicarakan dengan pasangan anda, terutama bagi anda yang baru saja menikah. Perlu menyatukan persamaan agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara kalian dalam hal keuangan, simak penjelasan berikut itu :

Gaya hidup


Yah, pertama hal yang harus dibicarakan adalah mengenai Gaya Hidup yang akan dilakukan. Tentu ini menjadi masalah besar jika tidak ada kesepakatan bersama, yang satu ingin hidup mewah yang satunya lagi ingin hidup sederhana, jadi tidak ada titik temu untuk mewujudkan rencana masa depan yang lebih baik.

Mengenai gaya hidup perlu dibicarakan bersama (visi dan misi), target apa yang ingin dicapai bersama. Perlu mengevaluasi gaya hidup sehari-hari agar keuangan rumah tangga stabil, disesuai dengan target yang ingin dicapai dan penghasilan yang didapat. Jangan sampai “besar pasak dari pada tiang” artinya terjadi pemborosan.

Rencana keuangan keluarga

Setelah visi dan misi itu berhasil disatukan, maka selanjutnya perlu membicarakan soal rencana keuangan. Maka hal – hal penting yang menjadi prioritas, tentukan tujuan keuangan keluarga prioritas pembiayaan, dan dari mana sumber pemasukan dana..

Pastikan anda dan pasangan harus saling jujur dan terbuka. Terkadang ada juga suami dan istri memiliki tabungan yang berbeda, tapi walau begitu tetap harus mempertimbangkan untuk memiliki satu tabungan bersama khusus untuk pengeluaran rumah tangga.

Masalah keuangan pasangan adalah masalahmu

Intinya masalah keuangan dalam keluarga bisa memicu cerai berai nya rumah tangga jika tidak ada keterbukaan dalam masalah ini. Maka dari itu untuk tetap menjaga hubungan yang harmonis perlu saling bermusyawarah dalam mengatasi masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Misalnya, jika kelak suami nggak punya dana cadangan dan sedang perlu dana tunai untuk membawa mobil ke bengkel, sebagai pasangan kamu tentu diharapkan bisa membantu. Begitu pula saat kamu membutuhkan bantuan, pasangan bisa menyediakan solusinya. Ingat, tujuan awal menikah adalah untuk saling melengkapi.