Bisakah membuka rekening bank diwakilkan orang lain?

Membuka Rekening diwakilkan

Menabung yang paling aman ya di Bank, anda bisa membuka rekening tabungan di Bank Syariah atau Bank Konvensional. Saat ingin membuka rekening, anda harus melengkapi berbagai persyaratan yang ditentukan oleh bank tersebut. 

Syarat yang harus dipenuhi biasanya seperti KTP (harus elektronik), membawa kartu keluarga (terkadang juga tidak dibutuhkan), membawa NPWP (terkadang dibutuhkan di beberapa bank tertentu), dan uang tunai sebagai setoran awal (silahkan bawa paling tidak Rp500 ribu) dll.

Kemudian, ada pertanyaan yang masuk kepada kami melalui kolom komentar, isi pertanyaan nya sesuai dengan judul pada artikel ini.

Apakah membuka rekening bank bisa diwakilkan?

Walaupun ini pertanyaan konyol, tapi tetap harus dijawab karena memang yang menanyakan hal tersebut tidak mengerti atau memang saking sibuknya sehingga tidak bisa datang sendiri ke bank untuk membuka rekening tabungan.

Jawabnya adalah ” TIDAK BISA”

Rekening merupakan tabungan dan ada hubungannya dengan UANG atau Harta seseorang sehingga memiliki tingkat ke privasi dan keamanan yang tinggi. Bank juga tidak mau dirugikan dikemudian hari jika proses pembukaan rekening dapat diwakilkan.

Disamping itu juga, saat membuka rekening harus menyertakan tanda-tangan ASLI (tinta basah) langsung di atas materai. Serta, akan menanyakan beberapa pertanyaan verifikasi keamanan dan membuat PIN Transaksi sehingga ini hanya boleh tahu si pemilik rekening tabungan.

Bank manapun BNI, BRI, BCA, MANDIRI, BSM, Bank Mega atau lainnya pun tidak mengizinkan membuat rekening tabungan dengan diwakilkan walaupun masih dalam KELUARGA dan menggunakan Surat Kuasa tetap tidak bisa. Jika anda ingin membuka rekening, maka anda harus sempatkan waktu datang ke kantor cabang.

Baca Juga : membuka rekening tabungan bank mandiri



Previous articleCara Mendapatkan Kartu Tapcash BNI
Next articleGanti Buku Tabungan BCASetiap nasabah bank BCA yang telah membuka rekening akan diberikan fasilitas berupa buku tabungan (buktab), yang fungsi nya untuk mengontrol keluar-masuk nya uang. Dalam buku tabungan tertuliskan nomor rekening dan nama anda, dalam buktab tersebut juga sudah anda tanda tangani. Untuk mengetahui catatan transaksi yang terjadi pada rekening maka anda perlu print out terlebih dahulu melalui petugas bank. Print Out buku tabungan tidak dikenakan biaya, anda bisa melakukan kapan saja diperlukan. Dalam buku tabungan BCA akan tercatat dengan lengkap dan jelas debit-kredit. Yang namanya barang terkadang bisa rusak dan hilang, bagaimana solusinya? Jika buku tabungan bca anda rusak dan hilang maka anda dapat menggantinya di kantor cabang bank BCA, namun khusus untuk yang hilang maka anda perlu membuat surat pernyataan kehilangan dari kepolisian, dan surat tersebut harus di bawa pada saat pembuatan buku yang baru. Kalau rusak, cukup bawa saja buku tabungan yang rusak nanti petugas bank akan mengganti yang baru. Sebagai catatan, anda perlu membawa KTP dan Kartu ATM pada saat ingin mengganti buku tabungan. Bagaimana jika buku tabungan habis? Juga sama, anda perlu datang ke kantor bca dengan membawa buku tabungannya, ktp dan kartu ATM. Nanti, anda akan mendapatkan buku tabungan yang baru. Namun, perlu anda ketahui. Ganti buku tabungan BCA itu tidak gratis melainkan ada biaya yang harus anda keluarga untuk biaya pergantian buku tabungan. Adapun besarnya biaya ganti buku tabungan karena hilang, karena rusak dikenakan biaya Rp5.000 dan sepertinya jika buku habis tidak ada biaya ganti buku. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya ganti buku tabungan BCA, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.