Cara Pembatalan Pengajuan Kredit Pinjaman KTA di Bank

Pembatalan Pinjaman KTA

Cara Pembatalan Pengajuan Kredit Pinjaman KTA – Ketika mengajukan pinjaman tanpa agunan tentu harapan kita agar pengajuan pinjaman di kabulkan oleh bank dimana kita mengajukan pinjaman. Entah berapa nilai pinjaman yang akan disetujui, yang jelas dengan mendapat pinjaman kita akan dapat segera menggunakan uang itu untuk memenuhi kebutuhan yang sedang kita alami.

Namun, terkadang ada juga orang yang ternyata berubah pikiran untuk membatalkan pengajuan pinjaman yang telah terlanjur kita ajukan. Mungkin anda termasuk salah satu orang yang ingin membatalkan pinjaman kta di bank. Ada beberapa kasus yang sering terjadi mengenai pembatalan pinjaman, pengajuan pinjaman bisa saja dibatalkan akan tetapi ada 2 kasus yang terjadi :

  • Pembatalan setelah Pengajuan di Setujui dan Dana telah CAIR
  • Pembatalan sebelum Pengajuan di Setujui dan Dana belum CAIR

Posisi anda saat ini berada di kasus yang mana. Kami akan menjelaskan mengenai pembatalan pinjaman KTA. Perlu diperhatikan memang tidak setiap bank menjelaskan tentang pembatalan pengajuan KTA secara detail, adapun mengenai pembatalan pinjaman yang jelas harus melewati prosedur baku yang telah berlaku sesuai dengan kebijakan masing – masing.

Cara membatalkan KTA sebelum dana cair

Banyak hal yang menyebabkan seseorang berubah pikiran dan memutuskan untuk membatalkan pengajuan pinjaman KTA yang telah diajukan. Beberapa faktor penyebab seseorang membatalkan pengajuan pinjaman KTA diantaranya :

  • Dana yang dibutuhkan sudah tersedia
  • Mendapatkan pinjaman dari pihak lain
  • Mendapatkan tawaran KTA yang lebih menarik dari bank lain
  • Nilai pinjaman yang disetujui bank lebih rendah dari yang diharapkan
  • Sudah dalam kondisi tak memerlukan dana tunai lagi

 

Jika pembatalan pengajuan pinjaman dilakukan sebelum dana cair, proses nya masih dibilang mudah. Hanya saja tetap saja harus mengikuti prosedur, tidak serta merta mengajukan pembatalan kemudian pembatalan disetujui. Ada syarat administrasi yang perlu diselesaikan, bank membutuhkan konfirmasi tertulis dari peminjam tentang pembatalan pinjaman tersebut.


Peminjam supaya membuat surat pernyataan pembatalan pinjamn yang ditandatangani diatas materai yang kemudian diserahkan kepada pihak bank, setelah itu jangan lupa untuk minta tanda terima dari bank jika surat pernyataan telah disampaikan, Pastikan isinya ada:

  • identitas jelas petugas bank dan jabatannya,
  • waktu dan hari,
  • stempel sebagai bukti sahih bahwa sudah beres urusan.

Jangan sampai anda pergi dari tempat sebelum mendapatkan tanda terima tersebut dari petugas bank. Anda juga perlu memfoto sebagai bukti dokumentasi bahwa anda telah mengajukan pembatalan, dikhawatirkan ternyata dana pinjaman sudah dicairkan padahal kita sudah mengajukan surat pembatalan.

Sangat disarankan pengajuan pembatalan ini dengan mendatangi langsung ke bank yang bersangkutan. Hindari untuk menuntaskan masalah itu melalui call center. Umumnya, menghubungi call center kurang efektif menyelesaikan masalah. Mereka bekerja seperti robot dan bakal dijawab dengan bahasa standar.

Cara membatalkan KTA setelah dana cair

Pembatalan Pinjaman KTA ketika dana telah cair memang bisa, tapi sangat sulit dalam proses nya, hampir dikatakan tidak mungkin berhasil. Dimana bank menyetujui pengajuan pinjaman dan telah mentransfer uang sesuai dengan nominal pengajuan, sehingga nasabah memiliki kewajiban untuk mengembalikan pinjaman berdasarkan ketentuan yang telah berlaku.

Seperti : Anda harus mengembalikan pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang disepakati, sanggup membayar cicilan sesuai dengan suku bunga, membayar administrasi pinjaman dan sebagainya.

Ketika Dana pinjaman telah cair itu sama artinya seperti “nasi sudah menjadi bubur”, bank tidak mengenal pembatalan jika aplikasi telah disetujui, anda dapat membaca kembali peraturan yang telah dibuat pihak bank yang telah anda tanda tangani. Dengan kata lain keputusannya adalah ya menerima utang tersebut sebagai konsekuensi mengajukan KTA.

Tak ada jalan lain kecuali anda melunasi nya sesuai dengan jangka waktu atau pelunasan dipercepat, tapi ingat ketika anda melunasi langsung bakal ada denda pinalti yang harus anda tanggung, adapun besarnya sesuai dengan kebijakan masing – masing bank. Kebanyakan denda pinalty yaitu sebesar 5% dari pinjalan plus biaya administrasi pelunasan.

Mungkin suatu saat Anda membutuhkan dana tunai melalui KTA, tapi yang utama adalah mempelajari prosedur bakunya. Sebaiknya ketika mengajukan, tak ada salahnya menanyakan ke pihak bank bagaimana proses pembatalan KTA jika berubah pikiran. Sebaiknya berpikir cerdas untuk memanfaatkan KTA sebagai solusi keuangan instan.