Tukar Uang Receh di Monas Maksimal Rp 3,7 Juta

Penukaran Uang Recehan di IRTI Monas

Tampak masyarakat berdatangan ke monas untuk menukarkan uang receh (pecahan kecil) di layanan penukaran uang pecahan kecil dari Bank Indonesia di Lapangan IRTI Monas. Mereka rela antri untuk bisa menukarkan uang mereka menjadi recehan.

Menukarkan uang pecahan kecil memang sudah menjadi budaya di musim Ramadhan, biasanya persiapan untuk memberi sangu kepada anak-anak kecil yang berkuncul ke rumah disaat Lebaran. Penukaran uang receh di layanan BI ini terdapat beberapa ketentuan.

Ketentuannya yaitu kami sebut dalam sebuah pertanyaan, berapa maksimal uang yang bisa ditukar menjadi uang pecahan kecil di BI ? Jawabnya adalah per orang maksimal Rp 3,7 Juta dan setiap orang hanya bisa melakukan penukaran uang 1 kali dalam sehari.


Untuk menukarkan uang cukup datang ke lokasi-lokasi penukaran uang salah satunya yang ada di Laparangan IRTI Monas dengan membawa uang yang mau ditukar dan membawa kartu Identitas (KTP), kemudian mengambil nomor anterian.

Dalam penukaran uang pecahan, Bank Indonesia telah menerapkan sistem paket yaitu dengan paket plafond maksimal Rp 3,7 Juta (dan ini harus) dengan pecahan uang yang berbeda – beda, maksudnya penukaran tidak dalam satu pecahan mata uang saja.

“Uang pecahan yang didapat akan diratakan. Sekali tukar, anda akan dapat satu paket 100 lembar Rp 20.000, 100 lembar Rp 10.000, 100 lembar Rp 5.000 dan 100 lembar Rp 2.000. Kalau ditotal Rp 3,7 juta. Jadi nggak bisa orang tukar saya mau Rp 10.000 semua, atau Rp 5.000 semua.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang ingin melakukan penukaran di bawah Rp 3,7 juta?

“Itu bisa di-mix (dicampur) pecahan Rp 10.000 dengan Rp 5.000 saja. Tapi jarang masyarakat yang mau begitu. Karena kan cuma bisa melakukan satu kali penukaran. Sedangkan kalau mereka mau ambil plafon maksimal ya harus pake paket”

Di lapangan IRTI Monas, BI membuka layanan setiap hari.  “Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran, kami membuka layanan dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Dari tanggal 6 -30 Juni,” pungkas dia.




Comments are closed.