KPR Tanpa DP Tak Sesuai dengan Aturan BI

Rumah Tanpa DP Salahi Aturan BI

Jika Pasangan Cagub DKI Jakarta No.3 terpilih maka akan memberikan uang muka atau DP 0% dalam pembelian rumah bagi warga DKI, itulah salah satu program yang dijanjikan oleh pasangan Cagub DKI nomor 3 yaitu (Anies Baswedan & Sandiaga Uno).

Namun rencana program dari pasangan cagub tersebut (KPR tanpa DP) ternyata menyalahi aturan otoritas. Hal ini dinyatakan langsung oleh Gubernur BI, Agus DW Martowardojo seperti yang kami kutip pada laman Liputan6, (17/2/2017).

Peraturan Bank BI yang berlaku saat ini yaitu untuk KPR harus ada DP. BI telah menetapkan bahwa uang muka atau DP kepemilikan rumah pertama sebesar 15%, ditetapkan pada Agustus 2016.

Dalam debat terakhir pada 27 Januari 2017 lalu, pasangan nomor urut 3 mengaku ingin mewujudkan kebahagiaan bagi masyarakat dengan memberikan kredit rumah murah tanpa DP atau Uang Muka dan juga akan memasang pipa air bersih secara gratis ke rumah-rumah dengan luas minimal 150 meter di Jakarta.

Maksud dari Program Kredit Rumah tanpa DP yaitu menggunakan skema kredit KPR perbankan pada umumnya. Dimana masyarakat yang ingin mengambil KPR dengan Bank DKI maka akan mendapatkan kredit tanpa DP. “Bikin rumah dengan skema pendanaan”.