7 Cara Promosi Yang Efektif Di Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan

cara promosi yang efektif di Instagram

Instagram pertama kali muncul pada tahun 2010.

Di kemajuan jaman ini Instagram memiliki perkembangan yang sangat pesat dan telah menjadi primadona yang telah mendapatkan 1 Miliar download lebih.

Hampir setiap orang telah menginstall aplikasi instagram di ponsel android yang mereka miliki untuk bisa narsis setiap hari.

Dengan melihat banyak sekali pengguna instagram, maka banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan sosial media khususnya Instagram ini sebagai media promosi yang mampu meningkatkan penjualan dengan mempromosikan produk-produknya.

Bagi anda pelaku bisnis, tentu ingin juga memaksimalkan penjualan dengan bantuan sosial media. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagai tips mengenai cara promosi yang efektif di Instagram untuk meningkatkan penjualan?

Berikut 6 cara promosi yang efektif di Instagramuntuk meningkatkan penjualan :

  1. Selalu Update Dengan Memposting Secara Rutin

Ciri khas dari media sosial yaitu adanya linimasa yang terlihat di halaman depan dan menampilkan vidio/foto terbaru dari penggunanya.

Demikian juga dengan Instagram.

Bukan hanya sekedar menambahkan gambar atau video saja, tapi jika tidak di update secara rutin, maka followers atau calon konsumen kemungkinan besar bakalan lupa karena ada banyak foto dan video terbaru yang tampil di linimasa atau beranda instagram mereka.

Untuk memudahkan pekerjaan, Anda perlu membuat jadwal yang teratur, yaitu dengan cara menambahkan gambar pada jam-jam tertentu.

Slain itu, jangan lupa pula untuk berinteraksi dengan calon konsumen atau followers di instagram, siapa tahu mereka bisa tertarik dengan produk kamu.

  1. Posting Foto/Video Yang Menarik

Gambar menggunakan beribu-ribu kata jika tidak menarik justru akan membuat calon konsumen malas untuk membaca produk yang kamu promosikan.

Sebisa mungkin usahakan foto produk yang di upload merupakan gambar  asli hasil dari memotret produk yang sesungguhnya.

Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan dan posisi produk yang akan di foto.

  1. Gunakan Hastag Yang Spesifik

Hastag dalam upaya mempromosikan produk di Instagram akan sangat berpengaruh besar.

Dengan mengginalam hashtag yang benar dan tepat, maka kemungkinan produk yang ditemukan oleh pengguna Instagram lebih terbuka.

Orang bisa mengetahui produk-produk yang kamu promosikan dari hastag yang Anda berikan pada saat mem-posting gambar/video.

Hindari menggunakan hastag yang hanya ingin numpang tenar dan tidak ada hubungannya dengan produk yang kamu promosikan karena bisa dianggap hanya spam dan yang terjadi followers di Instagram berkurang.

Penggunaaan Hastag contohnya sebagai berikut:

Bagi anda yang memiliki masalah jerawat maka bisa menggunakan produk herbal salah satunya produk yang kami tawarkan untuk anda, #obatjerawat #mengatasijerawat #obatherbal”

  1. Posting Di Waktu Yang Tepat

Memposting produk di Instagram yang tepat kapan ya?

Mengunggah gambar atau video di Instagram perlu memikirkan waktu yang paling tepat untuk lebih di perhatikan oleh calon konsumen.

Untuk menggunggah foto/video onlineshop kamu bisa siang hari antara jam 12-2.

Waktu yang sangat ramai dan bisa dimanfaatkan untuk meng-update foto produk yaitu sore hari sekitar jam 5-an.

  1. Gunakan Selebgram Untuk Endors Produk

Selebgram mempunyai followers yang banyak mencapai ribuan sampai jutaan.

Layaknya seorang artis berkat kepopuleranya  atau selebriti yang jadi primadona yang diperhatikan banyak orang.

Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penjual di instagram. Melalui selebgram menjadi alternatif yang sering dimanfaatkan bukan hanya oleh onlineshop dengan tetapi juga produk ternama.

Tawaran dari orang dekat juga akan mempengaruhi penjualan.

Baca Juga: Tips Sukses Jualan di Instagram

  1. Jalankan Pemberian Hadiah Menarik

Untuk menarik minat calon konsumen di instagram, pemilik onlineshop perlu melakukan berbagai kegiatan promosi.

Bentuk pemberian hadiah yang sering dilakukan misalnya dengan mengadakan photo/video terbaik Lewat kegiatan itu, pengguna diajak untuk mengirim foto dan video yang kreatif dan semenarik mungkin yang kemudian di-upload di Instagram.

Beragam cara promosi yang efektif di Instagram untuk meningkatkan penjualan di atas dapat diterapkan secara praktis dan mudah serta dapat dikolaborasikan dengan yang lain. Sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, maka bisnis diharapkan semakin maju dan berkembang dengan cara promosi yang efektif di  Instagram.



2 COMMENTS

  1. kalo post di instagram harus ada jedanya gak? Misalnya upload 5 menit sekali seara berturut2 apakah itu aman? Apakah ada waktu terbaik untuk post di instagram?

  2. @Dksmt: Aman aja… sebaiknya post di jam terbaik instagram yaitu jam sarapan, jam istirahat siang, jam pulang kerja, dan jam makan malam.

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.