perbedaan masa aktif dan masa tenggang kartu

Perbedaan Masa Aktif dan Masa Tenggang pada Kartu Operator

Nomor handphone merupakan sebuah nomor yang diterbitkan oleh beberapa operator dalam bentuk kartu chip yang dipasangkan ke perangkat android. Nomor-nomor tersebut bersifat unik, sehingga 1 nomor tidak mungkin dimiliki banyak orang.

Operator yang menerbitkan nomor hp memiliki kode sendiri pada awalan nomornya, kalau nomor indosat diawali (0858, 0857, 0856, 0815, 0816), nomor telkomsel diawali dengan (0812, 0813,0852,0811,0853), nomor xl diawali dengan (0817, 0818, 0878) dan lain-lain.

Nah setiap nomor yang diterbitkan memiliki masa berlaku disebut dengan masa aktif dan masa tenggang, adapun aturan yang berlaku tergantung kebijakan masing-masing operator.

Misalnya: Kartu Three (0838) memiliki masa berlaku always on (artinya memiliki masa aktif yang lebih lama) dibandingkan dengan operator lainnya. Pengguna tri tetap bisa menggunakan nomornya walaupun tidak di isi pulsa dalam jangka waktu lama.

Perbedaan Masa Aktif dan Masa Tenggang

Masa Aktif adalah masa berlaku pulsa yang ada didalam sebuah nomor, banyak orang juga menyebut juga sebagai masa aktif kartu, ketika masa aktif berakhir maka pulsa tidak bisa digunakan walaupun jumlahnya masih banyak.

Untuk memperpanjang masa aktif kartu maka pelanggan cukup membeli paket masa aktif atau melakukan isi ulang pulsa, semakin besar nominal pulsa yang di isi maka semakin lama juga masa aktif yang akan ditambahkan.

Jika pengguna tidak melakukan pengisian pulsa dalam waktu lama dan masa aktif berakhir maka nomor akan masuk ke masa tenggang, nomor tidak bisa digunakan untuk melakukan apapun kecuali menerima telp dan sms.

Masa Tenggang adalah waktu yang diberikan kepada pengguna yang telah melewati masa aktif sebelum akhirnya nomor tersebut diblokir permanen, memiliki jangka waktu selama 30 hari.

Masa tenggang merupakan tempo atau kesempatan yang diberikan kepada pelanggan untuk mengaktifkan kembali nomornya sebelum nomor diblokir ketika lewat dari 30 hari masa tenggang.

Baca Disini: Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Untuk memperpanjang masa aktif caranya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mengisi ulang pulsa pada nomor anda yang saat ini masih dalam masa tenggang. Ingat! jangan lewat dari waktu yang telah ditentukan, kalau lewat maka nomor anda akan hangus selamanya.

14 thoughts on “Perbedaan Masa Aktif dan Masa Tenggang pada Kartu Operator”

  1. nely shafira

    Pulsa sudah masuk di kartu saya,tapi tidak bisa digunakan untuk mendaftar paket.Ada sms masuk katanya di suruh isi ulang pulsa,padahal kan kartu saya sudah di transerkan pulsa dari nomor lain

  2. Salah satu nomor hp sy adalah Tri kelebihannya masa aktif yg lama sehingga sdh mengunakan sekitar 3 tahun lebih,sayang nya hanya di kota,jika masuk ke wilayah sinyalnya lenyap.

  3. Itu kartu tri anda selama 3 tahun selalu diisi pulsa atau dibiarkan saja tpi msh ttp aktif???
    Klau boleh tanya, sekali isi pulsa tri menambah masa aktif berapa hari?

  4. Ig: saferruu_

    Memang tidak bisa mba Nely, masa aktif akan bertambah ketika di isi ulang pulsa m-kios min. 10k. Adapun mendapatkan pulsa dari nomor lain(transfer) itu tidak akan menambahkan masa aktif nomor. Ini berlaku untuk kartus As/simPati.

  5. Saya punya kartu XL tapi sudah masatenggan udah lewat 9 hari kalo di isi pulsa bisaga

  6. Kartu Telkomsel saya sudah melewati masa tenggang 5 hari masih dapat menerima panggilan dan SMS tapi tidak bisa melakukan panggilan,tapi ketika mau di isi pulsa juga sudah tidak bisa

Leave a Comment

Your email address will not be published.