Apa yang dimaksud dengan ATM dan fungsinya?

pengertian atm dan fungsinya

Setiap orang yang membuka rekening tabungan di bank baik itu swasta maupun negeri maka akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM. Kartu ATM adalah sebuah kartu yang digunakan untuk bisa transaksi melalui mesin ATM.

Apa yang dimaksud dengan ATM dan fungsinya?

Pada kesempatan ini, kami akan membantu menjelaskan kepada anda mengenai mesin ATM dan fungsi utamanya. Mungkin, anda sudah tahu bentuk dari ATM seperti apa? dan kegunaannya juga sudah tahu?

ATM merupakan sebuah singkatan dari Automated Teller Machine atau dalam bahasa indonesia “Anjungan Tunai Mandiri”. Secara pengertian ATM adalah : sebuah mesin transaksi yang telah menggunakan sistem komputerisasi untuk melayani dan membantu nasabah melakukan beberapa jenis transaksi.

Dengan adanya mesin ATM dan Kartu ATM, maka nasabah dapat mengakses rekening tabungannya untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, tarik tunai, transfer uang, melakukan pembayaran tagihan, dan sebagainya dengan mudah dan praktis tanpa harus pergi ke teller di kantor cabang.

Kartu ATM yang digunakan nasabah untuk mengakses rekening tabungan melalui mesin ATM memiliki kode keamanan yang disebut dengan PIN ATM. PIN ATM terdiri dari 6 digit angka rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik nya saja, bahkan pihak bank pun tidak mengetahuinya.

Untuk mendapatkan kartu ATM maka seseorang harus memiliki rekening tabungan disuatu bank, karena setiap bank akan memberikan fasilitas kartu ATM. Dengan memiliki kartu ATM, maka kita tidak perlu membawa uang tunai ketika bepergian.

Baca Disini: Cara Bikin Kartu ATM BNI Syariah



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.