Transfer Uang Karena Kena Tipu? Ini Cara Blokir Rekening Penipu

cara blokir rekening penipu

Penipuan di era digital marak terjadi, banyak orang yang melakukan penipuan dengan berbagai modus seperti jual beli barang dengan harga murah, pengumuman sms undian berhadiah, menawarkan pinjaman uang, dan sebagainya.

Tak sedikit orang yang telah menjadi korban penipuan tersebut, rata-rata yang tertipu adalah orang awam. Mereka tergiur untuk membeli barang berkedok promo murah, tergiur dengan hadiah undian yang ditawarkan, juga karena butuh uang melakukan pinjaman online lewat sms.

Jika ini terjadi? Siapa yang salah?

Yang salah adalah anda sendiri yang kurang berhati-hati dan sangat ceroboh ketika mendapatkan informasi. Jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran yang tidak dapat dipercayai. 

Kalau anda sudah transfer uang ke rekening penipu, maka uang yang sudah anda transfer kemungkinan kecil akan kembali, apalagi yang nominalnya dibawah 2 jutaan. Tapi, tak ada salahnya untuk melaporkan kejadian yang anda alami ke polisi dan bank.

Semoga aja uang yang sudah anda transfer dapat kembali, itu artinya jika uang kembali masih menjadi rezeki anda. Tapi jika uang tidak kembali, maka ikhlaskan saja dan anda harus lebih berhati-hati dikemudian hari, jadi kan pengalaman ini sebagai pelajaran yang berharga.

Cara Blokir Rekening Penipu

Ketika anda sadar bahwa anda sudah tertipu, maka segera ambil tindakan agar uang yang sudah anda transfer dapat kembali. Berikut beberapa cara yang harus anda lakukan:

1. Segera Hubungi Bank Anda

Setelah anda sadar bahwa anda sudah tertipu maka segeralah telp bank, sampaikan masalah yang anda alami yaitu sudah transfer uang karena tertipu.

Sebutkan nomor rekening anda dan nomor rekening penipu, bank akan melakukan pembekuan dana yang telah anda transfer ke rekening penipu tersebut.

Selanjutnya, tanyakan data-data apa saja yang harus dipersiapkan agar dana yang di bekukan dapat dikembalikan kepada anda.

2. Minta surat keterangan dari Polisi 

Buatlah surat keterangan dari polisi yang menyatakan bahwa anda telah tertipu dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu.

Surat keterangan ini akan digunakan untuk memperkuat kasus penipuan yang anda alami, sehingga bank dapat segera memproses kasus penipuan tersebut. Dan dana yang telah anda transfer dapat segera dikembalikan.

3. Pergi ke kantor cabang terdekat 

Segera pergi ke kantor cabang bank anda dengan membawa persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. Anda harus pergi segera mungkin setelah semua data dilengkapi, jangan tunggu besok.

Siapkan juga bukti-bukti transaksi yang anda lakukan seperti chat whatsapp, bukti transfer dan sebagainya untuk memperkuat kebenaran anda ketika melaporkan terkait kasus penipuan online.

4. Buat Surat Permintaan Blokir Rekening 

Buatlah surat pernyataan bahwa anda mengajukan blokir nomor rekening penipu, sebutkan nama dalam rekening, nomor rekening yang anda transfer dan ditanda tangani diatas materai agar lebih kuat.

5. Bank akan memproses jika data dan syarat terpenuhi

Jika syarat-syarat serta bukti – bukti transaksi sudah lengkap maka bank akan langsung memproses pengajuan blokir rekening, dan bank akan berusaha melakukan penarikan dana yang telah anda transfer untuk dikembalikan ke rekening anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here