ciri ciri penipu instagram

Ciri-Ciri Online Shop Penipu di Instagram

ciri ciri penipu instagram

Ternyata banyak banget penipu di instagram dengan kedok toko online palsu, maka dari itu kalian harus waspada dan berhati-hati ketika ingin membeli barang secara online lewat instagram.

Kita tahu bahwa instagram atau IG digunakan sebagai sosial media berbagi video dan foto untuk memamerkan sesuatu yang kita lakukan, tak hanya itu instagram juga bisa digunakan sebagai sarana promosi usaha.

Jika kalian punya usaha atau bisnis, maka kalian bisa membuat akun toko online di instagram karena bisa menjangkau banyak orang dari berbagai daerah, apalagi barang yang kamu jual punya harga murah dan berkualitas.

Disisi lain instagram juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum penipu yang tidak bertanggung jawab, para penipu mencari korban untuk mendapatkan sebuah keuntungan, apalagi kalau bukan menipu untuk mendapatkan uang.

Hampir setiap hari ada korban penipuan di instagram, rata-rata mereka tertipu karena belanja online.

Ada 2 penyebab yang sering menjadi alasan seseorang bisa tertipu di instagram yaitu:

  • Orang awam yang baru menggunakan ig
  • Tergiur harga murah dari toko online palsu

Maka dari itu, kami menghimbau kepada kalian untuk tidak terlalu tergiur dan percaya dengan akun toko online di instagram yang menawarkan barang dengan harga murah.

Akun toko online di instagram yang memiliki jumlah followers banyak tidak menjamin itu asli, Karena di instagram banyak banget penipu yang membuat toko online, bahkan akun ig yang mereka gunakan memiliki jumlah followers yang banyak.

Ciri Ciri Toko Online Penipu Instagram

Agar kalian tidak tertipu di instagram, maka alangkah baik nya untuk membaca ciri-ciri toko online penipu di instagram yang bisa anda ketahui dengan mudah.

Waspada sebelum membeli itu sangat penting!!

1. Harga barang jualannya murah banget

untuk menarik perhatian calon korban, penipu menerapkan modus banting harga atau cuci gudang.

Toko online penipu biasanya menjual barang dengan harga yang sangat murah, banyak bisa 50% dari harga pasar pada umumnya, ditambah lagi ada bonus-bonus yang diberikan.

Kebanyakan korban penipuan belanja online di instagram karena harga murah dan promo seperti ini.

Contoh: ada toko online yang menjual hp oppo reno 4 dengan harga Rp1.000.000, tentunya kita harus curiga dengan ini. Kalau bukan penipuan maka hp yang di jual hasil dari curian.

Pokoknya jangan percaya dan jangan tergiur dengan toko online yang seperti itu, daripada uang kalian lenyap dimakan penipu lebih baik membeli secara langsung di toko terdekat didaerah sendiri.

2. Harga serba 1 jutaan, 2 jutaan, 800 ribuan atau lainnya

Ada toko online yang mengaku-ngaku sebagai distributor besar yang sedang promo besar-besaran, cuci gudang dan lain sebagainya.

Toko tersebut menjual barang serba harga 1 jutaan, 2 jutaan, 800 ribua, 500 ribuan atau lainnya. Bahkan menawarkan promo hari ini beli 2 gratis 1 serta gratis ongkir ke seluruh Indonesia

Stop!! jangan tergiur!

Kami jamin 100% kalau toko tersebut penipu, lebih baik belanja online di shopee yang jauh lebih aman daripada belanja di instagram yang tidak jelas asal usul tokonya.

3. Followers nya banyak tapi yang komen cuma se upil

Wiiih, ada toko online yang menjual barang murah nih!!

Kayaknya asli? karena jumlah followersnya banyak banget, pasti ini toko online terpercaya.

Mungkin kalian punya banyangan seperti itu, kalau kalian menemukan toko online dengan jumlah followers banyak maka yang perlu di cek adalah komentar-komentarnya bagaimana.

Kalau sepi kayak kuburan maka itu akun toko online penipu, follower banyak ga menjamin toko tersebut terpercaya justru itu sebuah jebakan untuk menjerat korban.

4. Akun Palsu, Kloningan, Menjual Barang BM, Cuci Gudang dan tai kucing

Penipu di instagram nggak kehabisan akan untuk menjerat para korbannya.

Hati hati kalau kalian menemukan sebuah toko online yang mengaku-ngaku sebagai toko online lainnya, pastikan toko yang anda temukan adalah asli bukan akun palsu atau kloningan.

Toko palsu tersebut biasanya akan menjual barang dengan harga murah dengan alasan promosi besar besaran atau cuci gudang, atau bahkan menyediakan barang BM yang dijual cepat, maka harga yang ditawarkan murah banget.

Hati hati dengan akun toko seperti ini.

5. Penipu biasanya akan mengirim KTP Palsu, Bukti Pengiriman Palsu dan bawa bawa agama

Yang namanya penipu kurang afdhol kalau ga bohong sana sini, mulai dari data ktp yang diberikan, bukti transaksi dengan pelanggan lain juga palsu, bukti pengiriman palsu dan berani bawa bawa agama.

Hal semacam ini biasa dilakukan oleh para penipu toko online di instagram, jadi jangan terlalu baper kalau mereka bawa bawa agama. Mereka seakan akan tak takut dosa dengan apa yang mereka kerjakan, yang intinya mereka bisa dapat duit dari menipu orang lain.

6. Barang yang dijual adalah Barang Lelang dari Sitaan

Ada ada aja akal akalannya para penipu di instagram, ga kehabisan ide untuk mengelabuhi para korbannya.

Bahkan ada yang mengaku bahwa barang yang dijual dengan harga murah ini adalah barang lelang hasil sitaan, harus segera dikeluarkan, korban di rayu untuk segera melakukan pembayaran agar tidak di ambil pembeli yang lain.

Pokoknya penipu mengaku bahwa barang yang mereka jual hasil sitaan dari bank, pegadaian atau lembaga lainnya.

Daftar Akun Olshop Penipu di Instagram:

  • @pusat_bm_amanah
  • @ps.store_jakarta
  • @jakarta_importir.id
  • @nayaka.furniture
  • @fokus.ponsel.id
  • @inter_plaza.cell
  • dan masih banyak lagi

5 thoughts on “Ciri-Ciri Online Shop Penipu di Instagram”

Leave a Comment

Your email address will not be published.