Gambar Pahlawan di Uang Baru kok tidak Terkenal?

Uang Baru 2017 (Uang Kertas)

Menyambut tahun baru 2017, Indonesia kembali merilis uang baru dalam beberapa bentuk pecahan uang kertas dan uang koin. Uang baru ini diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Jokowi melalui Bank Indonesia. Namun, peluncuran uang baru menimbulkan pro dan kontra, mulai dari bentuk, warna, design dan pahlawan yang ditampilkan.

Uang baru ini telah resmi menjadi alat pembayaran yang sah, sehingga sebagai masyarakat Indonesia harus tetap menjaga dan menghormatinya. Pertanyaan-pertanyaan bermunculan dan mulai diperbincangkan di social media, beberapa rangkuman pertanyaan dan jawaban :

Apa keunggulan dari uang baru?

Uang baru 2017 memiliki keunggulan untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan seperti tuna netra, karena setiap nominalnya ada huruf brailnya, dengan begitu ini bisa membantu mereka untuk tetap bisa melakukan transaksi dan tidak mudah dibohongi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Design uang baru kok mirip uang Yuan?


Design uang NKRI ini bukan hanya seperti uang Yuan saja, tapi juga mirip dengan uang dollar singapura, dollar brunei, uang ringgit dan bath. Uang baru NKRI ini menggunakan bahan khusus anti minyak sehingga tidak mudah kucel seperti uang sebelumnya.

Jika ada yang bilang ini ada konsiprasi dari pihak tertentu, itu tidak benar , Masyarakat dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Yang terlibat dalam Design Uang NKRI ini?

TIM yang mendesign dari uang baru ini melibatkan beberapa pihak termasuk budayawan, sejarawan, dan beberapa pihak berkepentingan lainnya.

Apakah uang ini tidak mudah rusak? sekilas seperti Uang Mainan dan Gambar Pahlawannya kok tidak terkenal?

Uang baru ini memiliki banyak sensor sebagai system keamanan, sudah jelas beda dengan uang mainan. Setiap benda pasti akan rusak jika tidak dirawat dengan baik, untuk itu jaga baik-baik uang baru ini, jangan sering kena air, jangan di remas, jangan dilipat apalagi di coret-coret.

Jumlah pahlawan banyak sekali, gambar pahlawan dimuka uang NKRI ini ada yang memang sudah terkenal dan ada juga yang belum terkenal. Untuk yang terkenal seperti Soekarno dan Hatta, Tjut Meutia, yang belum dikenal seperti Sultan Mahmud Badruddin dll, dengan begitu masyarakat dapat tahu dan kenal ternyata ada nama pahlawan lain yang berjuang untuk Indonesia.

Sebagai tambahan, di bagian belakang uang baru terdapat design tari-tarian nusantara yang tujuannya untuk mengenalkan pariwisata dan bahan edukasi kepada masyarakat dan juga agar tidak diakui oleh Negara Lain.

Pada intinya design uang baru telah dibahas dan dipertimbangkan oleh TIM. Sebagai masyarakat Indonesia harus bisa memahami dan menghargai uang NKRI sebagai alat pembayaran yang sah.