9 Cara Menabung untuk Beli Rumah

Menabung untuk Beli Rumah Baru

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan kita yaitu menunda untuk segera melakukan investasi walaupun sebetulnya kita tahu bahwa dengan investasi akan bermanfat bagi kita dimasa yang akan datang. Kita lebih mementingkan emosial dengan membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Kita perlu melakukan sesuai untuk mengantisipasi dan segera memperbaiki keuangan agar tidak terjadi sesuai hal yang tidak diinginkan. Terlebih lagi ketika kita memiliki impian untuk bisa segera memiliki rumah idaman, maka kita perlu mempersiapkannya dengan sungguh-sunguh. Karena memang untuk membeli rumah itu tidak mudah, apalagi bagi kita yang memiliki pengasilan pas-pasan.

Rumah merupakan sebuah bentuk investasi yang harus segera kita realisasikan, jangan menunda-nunda dalam memiliki asset penting inil. Jika kita menundanya maka kemungkinan besar kita tidak akan bisa memiliki rumah hingga bertahun-tahun, bahkan seumur hidup. Yang kasihan adalah Anak-Anak kita, tentu kita tidak menginginkan hal ini terjadi,.

Maka dari itu mulai persiapkan dari sekarang, taka da gunakan selalu menunda-nunda, apalagi saat usia kita masih muda maka memiliki rumah menjadi prioritas yang harus segera terwujud. Perlu diingat bahwa, harga rumah semakin lama semakin mahal.

Kami memiliki beberapa tips untuk anda yang ingin memiliki impian untuk segera membeli rumah yaitu anda perlu melakukan pembenahan terhadap pengelolaan keuangan, terutama harus bisa menabung. Karena memang menabung merupakan solusi untuk anda agar bisa segera mewujudkan rumah idaman.

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Poin yang sangat penting ketika anda ingin memulai menabunb yaitu menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam hal ini menentukan tujuan untuk segera membeli rumah dalam kurung waktu berapa tahun. Sehingga anda menabung akan menjadi terarah dan tidak asal-asalan, dengan tujuan yang jelas anda akan lebih focus untuk bersunguh-sungguh dalam menjalankannya,. Menabung dengan tujuan yang jelas terbukti lebih efektif bila dibandingkan menabung tanpa tujuan.

Setelah menetapkan tujuan tentu anda harus komitmen, jangan hanya menetapkan tujuan diawal saja yang kemudian dilupakan. Sering kali orang lupa dengan tujuan mereka, maka taka da salahnya untuk menuliskan tujuan anda pada selembar kertas dan menempelkannya pada tempat yang sering kita lihat, seperti di lemari, dikaca, dimeja kantor, dll. Dengan begitu anda akan selalu ingat dan focus pada tujuan tersebut.

2. Tentukan Jumlah Tabungan yang Akan di Capai 

Kalau sudah menetapkan tujuan yang jelas “ingin membeli rumah”, maka selanjutnya anda menentukan berapa target tabungan yang ingin dicapai. Dengan begitu anda bisa memiliki gambaran kapan dan bagaimana tabungan tersebut dapat membantu anda memiliki rumah.

Anda perlu melakukan perhitungan keuangan yang masuk diakat dalam perencanaan keuangan yang anda lakukan. Tentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan sesuai dengan pendapatan tetap bulanan yang anda terima dan pengeluaran pokok bulanan keluarga anda agar tidak saling menganggu.

3. Target Tabungan yang Tepat

Lakukan kegiatan menabung anda ini dengan menyenangkan, buat sistem tabung atau aturan dalam pengelolaan keuangan dengan memiliki target secara berkala. Misalnya, target mingguan, target harian, dan yang lainnya.

Dengan begitu akan membuat anda lebih terkontrol dengan baik dalam mengelola keuangan. Tidak perlu menetapkan sejumlah target yang terlalu besar, yang justru akan membuat Anda malas untuk menjalankannya.

4. Segera Lunasi Semua Hutang-hutang Anda 

Hutang akan membuat anda terganggu dan membuat anda menjadi tertekan, akan sangat lebih nyaman jika Anda tidak memiliki beban tersebut untuk itu lunasi dulu hutang – hutang anda. Ketika hutang semua sudah lunas maka anda tidak akan memiliki beban dalam proses menabung dan bisa lebih fokus.

5. Tabungan dalam Bentuk Emas

Jika memang anda memiliki jangka waktu tabungan yang cukup panjang maka anda bisa menabung dalam bentuk emas. Untuk bisa menabung emas anda bisa membuka tabungan emas di Pegadaian, dengan setoran awal minimal Rp5000. Emas merupakan barang berharga yang cocok untuk dijadikan investasi karena tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi sehingga nilainya akan cenderung stabil.

Menabung dalam bentuk emas dapat dijadikan pertimbangan, terutama jika Anda membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengumpulkan sejumlah dana untuk membeli rumah. Namun, jangan lupa untuk selalu mempelajari dan mengetahui dengan jelas mengenai seluk-beluk investasi emas itu secara detail terlebih dahulu.

6. Kelola Pengeluaran dengan Benar

Mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli atau membayar sesuatu begitu mudah dilakukan. Bahkan tanpa perhitungan yang baik, hal ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Anda harus selalu membiasakan diri memperhitungkan dan mempertimbangkan setiap Rp yang keluar dari tabungan anda.

7. Menerapkan Pola Hidup Hemat

Menerapkan pola hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari terbilang cukup sulit. Apalagi jika anda memiliki kebiasaan dalam membelanjakan uang tanpa perhitungan yang jelas. Hidup hemat dapat membuat anda menjadi bebas dari sejumlah masalah keuangan pada masa yang akan datang. Biasakan untuk selalu menjalankan pola hidup hemat agar sejumlah uang yang ada bisa dialokasikan ke dalam tabungan.

8. Kumpulkan Nominal Tertentu

Menabung akan lebih mudah ketika kita menerapkan cara yang satu ini, yaitu dengan mengumpulkan nominal tertentu. Misalnya : setiap menemukan pecahan 20ribu dan Rp10 ribu harus anda tabung ditempat tertentu, nanti pada akhir bulan bisa anda hitung dan bisa anda lokasikan ke rekening tabungan khusus.

9. Belanja dengan Cerdas

Kegiatan belanja adalah salah satu pos pengeluaran terbesar di dalam pengelolaan keuangan. Karena itu, sangat penting untuk mengelola dan melakukan ini dengan cara yang cerdas. Catat dan susun daftar belanja dengan tepat. Selalu bawa dan patuhi catatan tersebut saat berbelanja sehingga pengeluaran tetap terkontrol dengan baik.




Silahkan Tinggalkan Komentar