Banyak Ide Bisnis Musiman di Bulan Puasa, Mana yang Paling Menguntungkan?

bisnis es cendol saat bulan puasa

Bulan Ramadhan 2019 telah tiba, menjadi waktu yang tepat untuk mencoba beberapa peluang bisnis musiman. Ada beberapa jenis usaha yang memiliki potensi keuntungan berlipat-lipat, apa jenis usaha yang paling menguntungkan di bulan puasa?

Bisnis musiman di bulan puasa dari tahun ke tahun tetap sama, maka kita harus jeli dalam melihat peluang. Dalam kesempatan ini, anda tidak perlu bingung ketika akan menentukan jenis usaha yang akan di jalankan pada saat bulan ramadhan.

Bisnis yang paling cocok dijalankan saat bulan puasa ramadhan yaitu bisnis baju koko / muslim, perlengkapan ibadah hingga takjil untuk buka puasa. Tak jarang kita melihat, banyak orang yang berdagang makanan menjelang berbuka puasa.

Kebutuhan terhadap produk makanan (takjil), baju muslim, perlengkapan ibadah dapat dipastikan naik, dan ini menjadi potensi bisnis yang dapat mendapatkan keuntungan yang luar biasa. 

Tak hanya itu, produk makanan seperti makanan ringan dan kue kering untuk kebutuhan lebaran juga meningkat, banyak ibu-ibu yang malas repot untuk membuat kue maka lebih memilik cara praktis yaitu dengan membeli ketimbang bikin sendiri.

Banyak ibu-ibu yang bilang seperti ini: “lebih baik beli kue yang sudah jadi, daripada bikin sendiri karena repot banget, lagi pula biayanya yang dihabiskan juga ga beda jauh”.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ternyata ada beberapa jenis usaha yang banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ini kami rangkum untuk anda yang ingin menjalankan bisnis musimal di bulan ramadhan.

1. Usaha Takjil 

Takjil adalah sebuah sebutan untuk makanan yang akan dijadikan menu berbuka puasa, biasanya identik berkuah santan Seperti: kolak pisang, kolang-kaling, dan lain-lain.

2. Usaha Minuman Es yang Segar

Banyak sekali orang yang ingin menikmati minuman es yang segar setelah berpuasa seharian, tak jarang orang yang membeli es segar seperti : es kelapa muda, es dawet, es cendol, es cincau, sop buah dan sebagainya.

3. Aneka Lauk Pauk

Bagi yang tidak sempat memasak, mungkin karena waktu yang padat untuk bekerja maka lebih baik membeli lauk yang sudah matang. Dari sekian banyak pedagang, semua dagangannya ludes terjual.

4. Bisnis Perlengkapan Ibadah

Ramadhan merupakan bulan yang paling spesial yang datang 1 tahun sekali, banyak orang yang ingin memaksimalkan ibadahnya, termasuk salah satu caranya dengan mengganti perlengkapan ibadahnya dengan yang baru, termasuk sarung, surban, baju koko, peci dll.

5. Kue Kering dan Makanan Ringan Lainnya

Kue kering dan makanan ringan pasti laku keras ketika menjelang hari raya idul fitri, banyak rumah tangga yang tidak sempat membuat kue sendiri maka lebih memilih untuk membeli untuk di masukan kedalam toples dan disuguhkan pada tamu yang datang.

6. Bisnis Kuliner

Mungkin untuk puasa pertama, bisnis kuliner sepi. Tapi ketika sudah memasuki puasa 1 minggu, warung-warung makan, rumah makan sangat banyak dikunjungi karena dijadikan tempat untuk berbuka puasa bersama.

Baca Juga: Bisnis di Bulan Ramadhan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.