Mengapa Alfamart dan Indomaret Selalu Berdekatan?

Alfamart dan Indomaret

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan Alfamart dan Indomaret, sebuah minimarket masa kini yang telah menjamur hingga ke pelosok desa. Keduanya merupakan perusahaan yang berbeda, alfamart milik PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk dan Indomaret milik PT. Indomarco Prismatama.

Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa alfamart dan indomaret saling berdekatan? siapa yang meniru siapa? . Berdasarkan informasi dari halaman liputan6.com menyatakan bahwa Alfamart meniru Indomaret, itulah alasannya. 

Tapi selagi bersaing sehat tak jadi masalah bukan? toh banyak juga toko baju di pasar, toko sepatu di pasar, tukang cukur dipasar dll. Sama halnya dengan Alfamart dan Indomaret, keduanya bebas mau bisnis apa dan dimana, model bisnisnya seperti apa?

Karena ada Sistem Waralaba

Indomaret dan Alfamart membuka kesempatan bagi siapa saja yang memiliki modal untuk mengajukan permohonan kerjasama waralaba dengan kedua minimarket tersebut. Sudah tentu, untuk tempat atau lokasi berdasarkan keinginan si Investor dong.

Bisa saja Investor A membuka Gerai Indomaret di Lokasi A dan Investor B membuka gerai Alfamart di lokasi yang sama dan saling berdekatan, disitu karena ada faktor Peluang. Atau sebaliknya Investor A membuka gerai Alfamart di lokasi B dan Investor B membuka gerai Indomaret di lokasi yang sama bahkan ada Investor yang sama membuka gerai Indomaret dan Alfamart. 

Baca Juga : Syarat Mengajukan Waralaba Alfamart

Karena dilihat lokasi tersebut paling strategis dari lokasi lainnya yang ada di daerah tersebut maka ini merupakan kesempatan emas untuk meraup keuntungan dari bisnis waralaba minimarket. Walau lokasi nya berdekatan Namun, tetap saja ada perbedaan di antara keduanya.

Lokasi yang Strategis

Semua tentu tahu mana lokasi yang strategis dan tidak, buat apa membuka toko di tempat yang sepi. Faktor lokasi lah yang menyebabkan alasan mengapa Indomaret dan Alfamart lokasinya berdekatan. Disuatu tempat tentu memiliki prospek bisnis yang sangat potensial, setiap pembisnis mengerti akan hal itu.

Tapi ada juga Alfamart dan Indomaret yang lokasinya berjauhan hal ini karena faktor sewa tempat, kadang ada juga pemilik tempat yang tidak bersedia lokasinya di sewa atau memang tidak memungkinkan untuk disewa, yang memungkinkan di sewa letaknya agak berjauhan antara keduanya.

Study Kasus :

Alfamart dan Indomaret sama-sama membuka gerai di samping kampus, karena mereka tahu potensi penghasilan di kampus sangat tinggi. Maka dari itu, terkesan lokasinya selalu berdekatan. Padahal memang karena faktor lokasi dengan potensi keuntungan yang menggiurkan.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.