Perbedaan SMS Banking dan Internet Banking

perbedaan sms dan internet banking

Banyak sekali manfaat menabung di bank diantaranya kita tidak perlu membawa uang tunai ketika bepergian, uang yang tersimpan aman dan bisa kita pakai sewaktu-waktu dibutuhkan, dapat melakukan berbagai jenis transaksi melalui berbagai layanan melalui ATM, Internet Bank dan SMS Banking.

Agar bisa transaksi melalui mesin ATM maka kita perlu memiliki kartu ATM yang diterbitkan oleh bank, tempat kita menabung. Jika anda menggunakan rekening tabungan BRI maka anda bisa meminta kartu ATM di kantor cabang BNI pada saat melakukan pembukaan rekening.

Dengan kartu ATM kita bisa melakukan penarikan uang secara tunai, berbeda dengan SMS Banking dan Internet Banking. Tidak semua rekening tabungan mendukung fitur ini, maka dari itu anda perlu bertanya kepada petugas terlebih dahulu apakah rekening yang akan anda buka mendukung fitur tersebut.

Perbedaan SMS Banking dan Internet Banking

SMS Banking dan Internet Banking merupakan layanan transaksi non-tunai, nasabah hanya bisa melakukan transaksi berupa transfer uang, pembayaran tagihan, cek saldo dll. Maka dari itu silahkan simak penjelasan kami mengenai perbedaan kedua fitur tersebut.

Layanan Internet Banking : 

Kemajuan teknologi informasi memungkinkan kita dari segala hal termasuk mendukung layanan perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus pergi ke bank atau mesin ATM, cukup menggunakan hp android atau laptop yang terhubung dengan internet.

Dengan internet banking segala transaksi dapat dilakukan secara praktis, ini merupakan fitur perbankan yang paling unggul karena banyak sekali gitur yang bisa digunakan dibandingkan dengan layanan sms banking dan ATM. Beberapa fitur yang di tawarkan di Internet Banking antara lain :

  • Informasi Rekening Lengkap (seperti : Cek Saldo, Rekening Koran dll).
  • Transfer uang, bisa transfer ke sesama Bank atau Antar Bank.
  • Melakukan berbagai pembayaran, seperti tagihan listrik, tagihan telp, isi pulsa, dll

Nasabah dapat mengakses nya secara 24 jam, untuk bisa menggunakannya nasabah harus memiliki akun login (username dan password) yang telah dibuat di bank. Tapi perlu diingat, kelalaian nasabah dapat berakibat fatal seperti sembarangan melakukan login di perangkat lain.

Layanan SMS Banking : 

Fitur ini juga cukup memudahkan nasabah, karena hanya dengan format tertentu yang dikirim melalui sms ke nomor center yang telah disediakan nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi melalui hp yang telah didaftarkan. Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:

a. Informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.
b. Informasi kartu kredit.
c. Transfer dana dan pembayaran.

SMS Banking menjadi pilihan yang tepat ketika nasabah tidak bisa mengakses internet, seperti ketika sedang mudik ke kampung dll. Setiap sms yang dikirimkan dan sms balasan dari nomor center bank yang bersangkutan akan dikenakan biaya (Rp500).

Ketika nomor hp anda telah terhubung dengan rekening tabungan maka anda harus menjaga kerahasian PIN SMS Banking, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan hapus segala jenis transaksi yang pernah anda lakukan di hp, dan jangan simpan PIN anda didalam kontak hp. Karena jika sewaktu-waktu hp anda hilang, rekening anda akan tetap aman.