5 Cara Investasi Emas di Pegadaian

Investasi Emas Batangan di Pegadaian

Jenis Investasi yang menguntungkan sangat beragam tergantung dari kemampuan finansial, tapi yang jelas setiap orang harus bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk di Investasikan sehingga masa depan menjadi lebih sejahtera.

Dari beberapa jenis investasi yang menguntungkan yaitu dengan Investasi Emas.

Investasi emas dapat dilakukan oleh siapapun karena harga emas relatif lebih ringan, saat ini harga emas per gram nya mencapai Rp 500 ribuan.

Kendati demikian, banyak orang yang takut untuk menyimpan emas dirumah, karena memang menyimpan emas di rumah banyak sekali resiko yang kemungkinan terjadi seperti:

  • kerampokan,
  • kemalingan,
  • kebakaran dan lainnya.

Jika anda khawatir jika menyimpan emas dirumah maka bisa menggunakan fasilitas dan jasa penyimpanan emas seperti di Pegadaian.

Pegadaian merupakan perusahaan negara yang mengelola keuangan dan investasi emas, Berikut 5 cara investasi emas di Pegadaian :

1. Menitip Emas

Buat anda yang bingung ingin menyimpan emas dimana, ingin simpan emas dirumah tapi terlalu beresiko, maka anda bisa menggunakan jasa penitipan emas di Pegadaian, anda tidak perlu khawatir karena emas yang disimpan akan tetap aman dan terjamin (jugadiasuransikan).

Biaya untuk penitipan emas di Pegadaian cukup murah dan sangat terjangkau, biaya yang harus anda keluarkan untuk menitip emas yaitu hanya Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan.

Maka, jika Anda menitipkan emas seberat 1 kilogram (kg), biaya tiap bulan yang harus dibayar adalah Rp 200.000.

2. Mencicil Emas

Kalau memang belum punya emas, maka segeralah beli emas sebagai investasi anda. Karena ternyata selain menjadi tempat menitipan emas, pegadaian juga memfasilitasi nasabah yang ingin membeli emas.

Bisa beli secara tunai atau beli dengan cara mencicil.

Kalau memang punya uang pas pasan maka lebih baik beli emas nya dengan cara di cicil saja, anda tinggal menentukan berapa gram emas yang ingin di kredit.

Saat kredit atau cicil emas di Pegadaian maka anda perlu menyiapkan uang muka (DP) sebesar 20-30% dari nilai emas.

Kemudian, tentukan berapa jangka waktu cicilan. Anda bisa mencicil dengan tenor 1-36 bulan dan jumlah cicilan.

Tenor cicilan ini berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan. Selanjutnya anda membayar cicilan hingga lunas. Anda bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan.

3. Tabungan Emas

Konsep tabungan emas di Pegadaian yaitu anda membeli emas di Pegadaian kemudian anda titipkan juga di Pegadaian. Anda juga bisa mengambil emas dalam bentuk uang (dicairkan) seperti halnya tabungan bank.

Adanya produk tabungan emas ini, masyarakat menjadi lebih mudah untuk menabung membeli emas, karena anda bisa memulainya dengan uang minimal Rp 5.000 dan Rp 10.000, Anda sudah investasi emas seberat emas 0,01 gram.

Harga emas di tabungan emas akan disesuaikan dengan harga ketika transaksi dilakukan kali pertama dan Anda akan menabung mulai berat emas terendah. Jika Anda ingin mencairkan tabungan emas maka harganya akan disesuaikan dengan saat itu.

Gadai emas di Pegadaian

4. Gadai emas

Ketika anda sedang membutuhkan uang akan tetapi tidak ingin menjual emas, maka anda bisa menggadaikan emas tersebut ke Pegadaian. Anda akan mendapatkan pinjaman dari Pegadaian sebesar 85% dari harga emas.

Jika emas yang anda gadai ditaksir oleh Pegadaian senilai Rp 2 juta maka anda bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp1.700.000

Jangka waktu penitipan di Pegadaian selama 4 bulan, namun jika anda dapat memperpanjang titipan dengan membayar biaya sewa tambahan.

Biaya gadai dihitung per 15 hari masa pinjaman di Pegadaian konvensional , sedangkan Pegadaian syariah per 10 hari. Selain itu anda juga bakal dikenakan biaya administrasi.

5. Arisan Emas

Pegadaian memiliki produk untuk memfasilitasi nasabah yang memiliki emas untuk dapat menyimpan dan investasi emas mereka melalui arisan logam mulia di Pegadaian.

Untuk mengikuti arisan emas dapat mengajukan permohonan di kantor Pegadaian dengan membentuk kelompak yang terdiri minimal 6 orang.

Proses nya sama seperti hal nya arisan Ibu – Ibu, dimana setiap bulan akan dilakukan pengundian untuk mendapatkan 1 keping emas. Adapun pemesanan dalam satu kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas.

Tapi sebaiknya Anda mengomunikasikan kemampuan anggota untuk menentukan berat emas yang dipesan agar tidak membebani biaya bulanan.

Anda pun tidakk usah khawatir mengenai fluktuatifnya harga karena Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga naik atau turunnya harga emas tidak akan memengaruhi harga emas di program ini karena tidak akan berubah sejak awal perjanjian

Previous articleCara Titip Emas di Pegadaian
Next articleTabungan Emas Pegadaian Emas merupakan barang berharga yang dulunya sebagai alat pembayaran (tukar menukar) barang. Kini emas beralih fungsi sebagai alat untuk investasi, investasi yang sangat mudah , mudah di beli dan mudah dijual. Ketika seseorang menabung uang yang diwujudkan dalam bentuk emas batangan selama 3-5 tahun akan memberikan manfaat daripada menabung uang tunai. Emas dijual dalam ukuran berat gram, dan dalam bentuk cetakan 5 gram. Jika harga per gram emas Rp500 ribu maka untuk bisa membeli emas dalam bentuk cetakan anda harus memiliki uang sebanyak Rp 2.500.000 , harga emas terus berubah setiap waktu, adakalanya naik dan adakalanya juga turun, tapi dalam rentan waktu 5 tahun cenderung naik. Maka menabung yang paling baik yaitu dengan menabung emas. Untuk memudahkan masyarakat dalam berinvestasi emas, Pegadaian menawarkan sebuah program tabungan emas. Melihat kondisi setiap orang berbeda – beda terutama bagi ekonomi kelas menengah kebawah yang kesulitan untuk berinvestasi emas dengan alasan tidak punya uang tunai.. Dengan tabungan emas di Pegadaian, maka anda dapat membeli emas dalam ukuran 0.01 gram. Jadi jika harga emas per gram Rp 500 ribu, maka 0.01 gram emas harganya hanya Rp 5000. Jadi anda dapat menabung dengan cara membeli emas per 0.01 gram nya. Hingga kemudian ketika sudah genap menjadi 5 gram, 10 gram atau lainnya bisa anda cetak dalam bentuk emas batangan. Untuk mengikuti program tabungan emas di Pegadaian, anda harus memenuhi beberapa syarat  yaitu anda mengisi formulir pengajuan pembukaan tabungan emas, melampirkan fotocopy KTP. Bagi anda yang usianya masih berada di bawah 21 tahun dan diatas 55 tahun tidak bisa mengikuti program tabungan emas ini. Walaupun anda memiliki dana atau uang pas – pasan maka anda tetap bisa menyisihkan uang untuk investasi emas, emas yang dibeli melalui tabungan ini akan tersimpan dengan aman dan bersertifikat PT. Antam atau Pegadaian.

Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian

Siapa saja bisa mengikuti program tabungan emas Pegadaian jika memenuhi persyaratan umur yang telah kami sebutkan yaitu antara 21 tahun – 55 tahun. Untuk memulai menabung emas, anda wajib membuka rekening di Pegadaian terlebih dahulu dengan biaya administrasi Rp 30 ribu dan biaya titip emas Rp 30.000 pertahun. Selanjutnya anda menyerahkan Setoran Minimal setara harga 0.01 gram sesuai kurs harian emas Pegadaian saat ini. Setiap hari kurs emas terus berubah, perlu diketahui bahwa Pegadaian sudah memiliki kurs jual-beli emas yang diperbarui setiap hari melalui situs mereka. Nasabah tidak terikat dengan jangka waktu, jadi anda bebas menabung secara harian mingguan atau bulanan. Nasabah tidak terikat dengan jangka waktu, jadi anda bebas menabung secara harian mingguan atau bulanan. Jika tabungan anda sudah mencapai batas cetak seperti 5, 10, 25, 50 dan 100 gram, jika anda ingin cetak maka bisa langsung dicetak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here