9 Jenis Usaha Yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

Jenis Usaha untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa menjadilah pribadi yang tanggung dan mandiri, sudah saatnya kita berfikir bagaimana cara untuk menambah uang tabungan, tidak melulu menunggu kiriman dari orangtua. Disaat kita sedang belanja untuk menjadi seorang sarjana, disinilah waktu yang tepat untuk kita belajar untuk mandiri.

Tidak harus menjadi kaya, tapi paling tidak bisa sedikit membantu dan meringankan orangtua. Dengan memiliki penghasilan sendiri kita tidak lagi mengandalkan pemberian orangtua justru kita harus bisa memberi kepada mereka. Tak jarang mahasiswa yang sukses berkat ketekukanan dalam merintis sebuah usaha sambil kuliah.

Begitu juga dengan kamu, kamu bisa memanfaatkan skill dan kreatifitas yang kamu miliki. Kunci utama untuk bisa mandiri yaitu berani memulai, jika anda tahu seorang Choirul Tanjung pemilik Trans Media dulunya beliau sudah aktif berwirausaha selama kuliah, kini berkat pengalamannya beliau menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Ada beberapa jenis usaha yang bsia kamu jalankan sambil kuliah, karena memang bisa kamu jalankan tanpa menyita banyak waktu. Disamping kamu bisa tetap belajar pada jam kuliah, disela waktu kamu bisa mengisi waktu longgarmu menjadi waktu yang lebih produktif, inilah saatnya kamu menghabiskan masa-masa sulit, sehingga nantinya kamu tinggal menikmatinya.

1. Kursus Private kepada Anak Sekolah

Anda bisa coba memulai dengan menjadi seorang guru les atau guru private, terutama bagi kamu yang memiliki suatu kelebihan dalam salah satu bidang mata pelajaran seperti matematika, fisika, ekonomi, bahasa inggris atau lainnya. Apalagi jika kamu kuliahnya jurusan pendidikan (FKIP) maka disamping bisa mengasah kemampuanmu juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

2. Jasa Print dan Pengetikan Tugas – Tugas Kuliah

Manfaatkan uang saku yang kamu dapat dari orangtua untuk membeli sebuah perangkat print seperti Laptop / Komputer dan Mesin Print. Kamu bisa membuka usaha sebagai jasa print kepada teman-teman kamu yang ingin mencetak tugasnya, bila perlu kamu juga melayani jasa pengetikan. Manfaatkan kesempatan ini untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga: Modal Usaha untuk Mahasiswa

3. Jasa Pembuatan Website

Jika kamu memiliki kemampuan dalam pembuatan website maka ini bisa menjadi peluang usaha bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Karena saat ini banyak perusahaan-perusahaan, toko-toko yang membutuhkan website sebagai halaman promosi mereka. Peluang ini cukup menjanjikan buat kamu yang memiliki kemampuan dalam membuat web.

4. Jasa Pembuatan Kaos / Jaket

Bisa juga kamu menjalankan bisnis pembuatan kaos atau jaket, kenapa ini bisa menjadi peluang? Hampir setiap komunitas, UKM Kampus, Anak-Anak Sekolah membuat sebuah kaos sebagai seragam kebersamaan. Kamu bisa tawarkan kepada mereka jasa yang kamu miliki, tawarkan design yang lebih menarik, harga yang murah, hingga kualitas yang baik.

5. Jasa Design Grafis dan Percetakan

Peluang usaha didunia digital sekarang ini sudah menjadi trend, anda bisa memanfaatkan skill yang kamu miliki seperti membuka jasa design grafis sekaligus percetakan banner atau undangan. Ini bisa kamu jalankan sambil kuliah, karena tidak memakan waktu yang cukup banyak, manfaatkan waktu-waktu senggang yang kamu miliki.

6. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger juga bisa memberikan penghasilan bagi kamu, kamu bisa membangun sebuah blog berdasarkan hobi. Kamu bisa menuliskan tentang teknologi, tips, bisnis atau lainnya. Telah banyak mahasiswa yang sukses dengan menjalankan bisnis blog ini, terutama mahasiswa amikom dimana blog sudah masuk dalam kurikulum pendidikan.

7. Tour Guide dan Fotografer

Memiliki minat di fotografer bisa menjadi peluang buat kamu mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa mengambil gambar sekaligus menjadi tour guide, atau jika kamu hanya minat di fotografer kamu bisa memanfaatkannya sebagai fotografer sebuah acara seperti prewedding, pernikahan, acara ulang tahun atau lainnya.

8. Jualan Makanan Ringan

Jika kamu hobi mengolah resep untuk bisa menjadi sebuah makanan maka tak ada salahnya untuk dicoba, kamu bisa membuat sebuah makanan ringan dan kemudian tawarkan kepada teman-teman kampus, jika responnya positif kamu bisa pasarkan ke kalangan umum dengan memanfaatkan sosial media seperti instagram, twitter dan facebook.

9. Membuka Toko Online dan Dropshipper

Ini lah yang banyak dilakukan oleh banyak mahasiswa yaitu membuat sebuah toko online dengan menjual berbagai produk – produk yang laku dipasaran, anda bisa memanfaatkan situs e-commerce yang ada seperti tokopedia, bukalapak, olx dll. Kamu bisa menjadi grosir untuk mendapatkan harga miring sehingga bisa kamu jual ulang, Jika kamu memiliki modal yang terbatas maka kamu bisa menjadi dropshipper.

Baca Juga : Peluang Usaha menjadi Dropshipper