Syarat Pembuatan NPWP untuk Wiraswasta

Cara Buat Kartu NPWP

Bagi setiap orang yang bekerja dan tinggal di Indonesia memiliki kewajiban untuk membayar pajak, sehingga harus membuat NPWP (Nomo Pokok Wajib Pajak) di Kantor Pajak sesuai dengan wilayah tinggal. Pembuatan NPWP tidak dikenakan biaya, alias Gratis.

Membuat NPWP di Kantor Pajak sangatlah mudah, dimana anda cukup datang dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis pekerjaan yang anda lakukan. Bagi anda yang bekerja sebagai Pegawai baik Swasta maupun Negeri dapat melihat syarat nya disini.

Baca Disini : Syarat NPWP untuk Pegawai

Sedangkan bagi anda yang bekerja sebagai Wiraswasta (pelaku sebuah usaha / bisnis) maka anda dapat melengkapi persyaratan seperti yang kami sampaikan berikut ini, lengkapi semua nya jangan sampai ada yang kurang.

Anda wajib membawa :

  1. Fotokopi Identitas (KTP Elektrik)
  2. Fotokopi SKU (Surat Keterangan Usaha) dari Kelurahan
  3. Isi Formulir Pernyataan Usaha bermaterai 6000 
  4. Isi Formulir Pendaftaran
  5. Semua Formulir diatas telah disediakan di Kantor Pajak.

Pembuatan NPWP tidak bisa diwakilkan, sehingga anda yang bersangkutan yang harus datang sendiri untuk mengajukan proses pembuatan kartu NPWP, proses nya membutuhkan waktu 1 hari kerja. 

Selain untuk membayar pajak, NPWP juga digunakan untuk syarat pembuatan rekening di Bank, mengajukan KPR, mengajukan kredit kendaraan, dan sebagainya. Buat NPWP anda sekarang, karena dapat mempermudah proses kebutuhan lainnya.

Baca Selengkapnya ; Cara Membuat Kartu NPWP



1 COMMENT

  1. Saya sudah mengajukan untuk pembuatan npwp tapi saya terkendala status pekerjaan yang di ktp wiraswasta tapi posisi saya karyawan freelance di perusahaan swasta,tolong di bantu solusi,tc

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.