pengertian data menurut para ahli

KAJIAN PUSTAKA: Pengertian DATA Menurut Para Ahli

DATA merupakan sebuah kata yang mempunya arti khusus, sering kali kata ini digunakan sebagai judul dalam penulisan ilmiah baik itu tesis, skripsi maupun tugas akhir.

Sebuah karya ilmiah yang ditulis tentu tidak boleh sembarangan dalam mencantumkan sumber, termasuk dalam penulisan arti dari DATA pada Bab II Kajian Pustaka.

Penulis perlu mengumpulkan pengertian DATA dari berbagai sumber, khususnya jawaban menurut para ahli yang dapat dipertanggung jawabkan.

Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia (KBBI) yang ditulis dalam situs kemendikbud menjelaskan bahwa DATA adalah keterangan yang benar dan nyata atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis.

Sehingga kami menyimpulkan bahwa pengertian DATA adalah kumpulan keterangan yang didapat dari proses pengamatan, selanjutnya data akan diolah menjadi bentuk yang lebih komples.

KAJIAN PUSTAKA: Pengertian DATA Menurut Para Ahli

Tentu pengertian yang kami ungkapkan diatas belum bisa menjadi acuan yang sebenarnya, maka perlu kutipan-kutipan menurut para ahli atau orang-orang yang berkompeten.

  • Menurut Suharsimi Arikunto (2006:118)

Data adalah segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi. Sehingga dapat diartikan bahwa informasi adalah data yang sudah diolah untuk keperluan tertentu.

  • Dempsey dan Dempsey, (2002: 76)

Data merupakan materi mentah yang membentuk semua laporan penelitian.

  • Nuzulla Agustina

Data adalah sebuah keterangan terhadap sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

  • Lia Kuswayatno¬†(2006:24)

Pengertian data adalah kumpulan kejadian atau peristiwa yang terjadi di dunia nyata yang berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari semuanya.

  • Menurut Zulkifli A. M.

Data adalah keterangan atay bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.

  • Menurut Turban (2010, p41)

Data adalah deskripsi dasar dari benda, peristiwa, aktivitas dan transaksi yang direkam, dikelompokkan, dan disimpan tetapi belum terorganisir untuk menyampaikan arti tertentu.

  • Menurut Hariyanto,2004

Definisi Data merupakan sebuah rekaman dari fakta, konsep, atau instruksi yang harus diproses untuk menjadi sebuah informasi yang dapat dimengerti oleh manusia.

  • Bernard (2012 : p130)

Menurutnya Arti data adalah fakta kasar mengenai orang, tempat, kejadian dan sesuatu
yang penting diorganisasikan.

  • Menurut Jogianto, 1990

Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.

  • Pengertian data menurut Vercellis (2009:6)

Data adalah data merupakan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur.

  • Suranta, 2004, hal:4

Data dapat di defenisikan sebagai bahan keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan, atau
hal.

  • Drs. Jhon J.Longkutoy (1996: 69)

Data adalah suatu istilah majemuk dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol, gambar, angka, huruf yang menunjukan suatu ide, objek, kondisi atau situasi dan lainnya.

Jenis-Jenis Data Berdasarkan Sifat :

Pada umumnya, data terdiri dari 2 jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif, sehingga memiliki pengertian yang jelas.

Data kuantitatif adalah informasi yang didapat menggunakan rumus matematika atau statistik sehingga penyajiannya dalam bentuk angka-angka.

Sedangkan data kualitatif adalah informasi dalam bentuk kata-kata dan biasanya diperoleh dengan cara wawancara atau quisioner.

Leave a Comment

Your email address will not be published.