Cara Cek NPWP Aktif atau Tidak

kartu npwp

Kartu NPWP tidak memiliki batas waktu atau tanggal kadaluarsa sehingga NPWP berlaku seumur hidup, anda dapat menggunakannya kapan saja ketika dibutuhkan. Namun pada kondisi tertentu bisa saja NPWP dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan.

Secara umum, NPWP akan dinonaktifkan apa bila terjadi 2 hal yaitu NPWP dinyatakan nonefektif (NE) dan NPWP dihapuskan (DE). Maka dari itu, untuk mengetahui kartu NPWP yang anda pegang saat ini aktif atau tidak maka anda dapat mengeceknya secara online.

Apa bila anda sudah lama tidak mengguakan NPWP, dan ingin tahu apakah NPWP nya masih aktif. Maka silahkan melakukan pengecekan secara online melalui situs resmi Derektorat Jendral Pajak. Buat akun terlebih dahulu dan login, melalui akun tersebut anda dapat mengetahui status NPWP anda..

Cara lainnya adalah anda dapat langsung menuju https://ssereg.pajak.go.id/ dan kemudian silahkan masukkan nomor NPWP anda. Apabila nama anda muncul setelah nomor NPWP dimasukan maka itu berarti NPWP-mu masih aktif terdaftar dalam sistem DJP.

Cek Status NPWP lewat Email atau Telp :

Tak hanya itu, anda juga bisa melakukan cek status NPWP melalui email, silahkan anda mengirimkan email ke [email protected], anda akan mendapatkan jawaban sesuai dengan pertanyaan anda. Tentunya berkenaan dengan aktif tidak nya NPWP anda.

Jika anda tidak ingin menunggu lama, maka anda bisa menghubungi call center pajak di 1500200 ikuti petunjuknya sampai anda terhubung dengan Customer Service. Anda dapat menanyakan, apakah kartu NPWP anda masih aktif atau tidak?

Selain itu juga anda bisa langsung datang ke kantor pelayanan pajak didaerah anda. Tanyakan kepada petugas pajak yang sedang bertugas, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar perpajakan termasuk status NPWP anda masih aktif atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda yang ingin mengetahui status kartu NPWP anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : Syarat Membuat NPWP untuk Karyawan



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.