7 Cara Agar Bisa Hemat Dalam Pengeluaran Keluarga

Agar keuangan keluarga tetap stabil dan sejahtera maka salah satu caranya adalah dengan berhemat, menurut pribahasa “hemat pangkal kaya”. Lalu, bagaimana cara agar bisa hemat dalam pengeluaran keluarga??

Mungkin itu pertanyaan anda saat ini.

Hidup hemat itu sangat sederhana yaitu meminimalisasi pengeluaran dan memperbanyak penghasilan, artinya pemasukan lebih besar dari pengeluaran. Hal ini menjadi salah satu cara agar bisa menciptakan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Apabila pengeluaran rumah tangga (keluarga) lebih kecil dibanding pemasukan maka dapat dipastikan anda memiliki uang lebih / sisa yang dapat di tabung atau disimpan sebagai bentuk investasi.

Pada prinsipnya, uang yang harus disisihkan setelah mendapatkan gaji atau penghasilan setiap bulan yaitu sebesar 30% , itu artinya jika anda punya penghasilan 3 juta perbulan maka 900 ribu harus ditabung.

Namun, pada kenyataannya tidak demikian. Banyak sekali godaan yang datang ketika akan berhemat. Pada kesempatan kali ini, kami tim infoperbankan.com akan memberikan tips atau cara hemat dalam pengeluaran keluarga.

1. Hemat Pengeluaran Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dalam rumah tangga, banyak sekali alat elektronik yang kita miliki dan inilah yang membuat kita harus menghabiskan banyak pengeluaran pada listrik.

Untuk itu, kita perlu memilih produk elektronik yang hemat energi. Produk elektronik hemat energi memang dijual dengan harga yang lebih mahal tapi dalam jangka panjang justru akan lebih hemat.

Selanjutnya, anggota keluarga wajib disiplin dalam penggunaan listrik, matikan elektronik seperti Komputer, Pompa Air, AC, TV, Lampu saat tidak digunakan. Ini akan membantu mengurangi pengeluaran listrik setiap bulan.

Apabila kita tidak bijak dalam penggunaan listrik, maka akan menyebabkan pengeluaran keluarga yang cukup banyak.

2. Membuat Daftar Belanja

Disini menjadi tugas seorang istri, istri harus pintar dalam belanja kebutuhan-kebutuhan pokok setiap hari selama 1 bulan, buatlah daftar belanja yang rapi. Dengan begitu, kita dapat mengetahui pengeluaran wajib.

Dalam daftar belanja, anda perlu menuliskan barang-barang penting terlebih dahulu, selanjutnya barang-barang remeh. ini akan membuat anda terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

Membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar belanja justru akan membuat pengeluaran semakin besar, boleh saja membeli barang yang diinginkan tapi jangan terlalu sering. Jika memang masih bisa ditunda sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Sehat itu mahal harganya, ketika orang itu jatuh sakit maka harus mengeluarkan biaya untuk berobat. Maka dari itu, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga, ini akan membuat keluarga menjadi sehat selalu.

Gaya hidup sehat itu adalah mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, contohnya: hindari rokok. Dan rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

4. Kurangi Makan Di Luar

Bukan berarti tidak boleh mengajak jalan-jalan keluarga untuk makan diluar, hanya saja lebih di kurangi. Arti nya tidak terlalu sering, karena ini dapat menyebebkan pengeluaran yang cukup besar.

Jalan-jalan bersama keluarga boleh jika hanya sekedar untuk refreshing dan mendekatkan keluarga, paling tidak dilakukan hanya 1 bulan sekali setelah gajian.

5. Stop berlangganan Sesuatu yang tidak Perlu

Berlangganan layanan seperti koran, tv, jasa online, atau lainnya juga dapat membuat pengeluaran rumah tangga menjadi besar.

Cobalah anda hitung total biaya berlangganan yang saat ini sedang anda ikuti, jika memang angka tagihannya besar maka stop berlanggan salah satu layanan atau kesemuanya.

6. Belanja Kebutuhan Rumah Tangga di Pasar Tradisional

Perlu anda ketahui bahwa harga barang-barang atau kebutuhan memasak atau kebutuhan bulanan lainnya lebih murah di pasar tradisional dibandingkan di supermarket. Hanya saja anda harus sedikit bekeringat saat belanja di pasar.

Memang belanja di pasar tradisional tidak senyaman belanja di mall / supermarket, tapi harga barang di pasar tradisional sudah pasti lebih murah dan masih bisa ditawar.

7. Memilih Produk All in One

Banyak sekali produk-produk rumah tangga yang kita butuhkan, agar lebih hemat anda perlu membeli produk yang all in one. Artinya 1 produk bisa digunakan untuk beberapa keperluan.

Dengan menerapkan tips atau cara hemat diatas maka akan membuat pengeluaran rumah tangga menjadi lebih hemat. Dengan begitu, sisa uang akan lebih banyak dan bisa digunakan untuk investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here