Kapan Anda Harus Mulai Mempersiapkan Dana Pensiun?

Siklus Usia Manusia Hingga Pensiun

Pensiun merupakan waktu dimana seseorang memiliki fisik yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, sehingga peru beristirahat dari sebuah pekerjaan yang berat, standar usia pensiun yaitu memasuki usia 56 tahun, jika memang tetap ingin melakukan suatu yang produktif boleh saja, asalkan tidak menggunakan fisik yang terlalu berat.

Bagi anda yang baru saja mulai bekerja mungkin belum terbayang masa pensiun, belum terfikirkan untuk menyimpan uang untuk dana pensiun. Tapi ketahui satu hal bahwa waktu terus berjalan dengan begitu cepat, tanpa disadari umur sudah memasuki kepala lima.

Masa pensiun pasti akan dialami semua orang sehingga kita perlu mempersiapkan dana pensiun, sehingga nantinya pada usia pensiun kita tidak terlalu berat memikirkan ekonomi.  Banyak yang bertanya, kapan waktu yang baik untuk memulai mempersiapkan dana pensiun?

1.  Mulai dari Sekarang, saat kamu masih bekerja

Lebih cepat lebih baik, itulah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan dana pensiun, saat dimana anda masih bisa bekerja, dengan menyisihkan hasil dari penghasilan atau gaji bulanan yang diterima. Sedini mungkin anda harus sudah memulai menyimpan uang dan berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun.

Dana pensiun dipersiapkan dengan menyisihkan gaji anda sebesar 5-10%. Buat komitmen sejak anda masih bekerja, bila perlu pada kerja yang pertama. Berapapun besarnya gaji yang anda dapatkan tetap harus berusaha menyisihkan sebagian untuk dana pensiun. Anda bisa kalkulasikan sendiri berapa kiranya uang yang akan berhasil disimpan jika dana pensiun sudah dimulai sejak sekarang.

2. Boleh juga ketika anda sudah Menikah

Dengan menikah pintu rezeki akan dibuka, walaupun memang pada konsepnya pengeluaran atau tanggungan akan bertambah. Tapi itu bukan persoalan yang terlalu besar, menyiapkan dana pensiun pada saat sudah menikah akan lebih mudah dan terkontrol. Anda dan pasangan anda telah merencanakan bersama untuk mewujudkan masa pensiun yang tentram tanpa beban.

Rencanakan masa depan bersama pasangan Anda, hal apa yang ingin dicapai. Jika sudah sepakat, minta pasangan untuk membantu mewujudkannya. Lalu mulailah membicarakan berapa banyak yang akan Anda dan pasangan sisihkan setiap bulannya. Misalnya, menyisihkan 20% dari hasil pendapatan berdua setiap bulan.

3. Ketika Sudah Punya Anak Pertama

Ketika usia pensiun, berapakan umur anak anda? karena anak juga menjadi tanggung kedua orangtua. Sehingga anda dan pasangan perlu mempersiapkan dan memperhitungkan kebutuhan anak nantinya, apakah masih bersekolah ketika anda pensiun atau ainnya.

Selain kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah dan menikah anak Anda juga harus masuk dalam perhitungan dana pensiun. Bisa dipastikan dananya tidak sedikit, bukan? Karena itu, sebaiknya Anda mulai merancang rencana pensiun dari sekarang.

Kesimpulannya : Mulailah dari Sekarang, lebih cepat lebih baik!