10 Tips Bisnis Jualan Online Di Tokopedia

Website Marketplace Tokopedia

Tokopedia merupakan sebuah website marketplace yang memfasilitasi para pelaku usaha mikro untuk berjualan online, siapapun bisa berjualan di tokopedia tanpa dikenakan biaya alias gratis. Anda tidak perlu melakukan promosi besar – besaran untuk mendapatkan banyak visitor atau pengunjung, karena tokopedia sudah memiliki banyak sekali pengunjung.

Pengunjung yang datang ke tokopedia berasal dari promosi iklan dari facebook atau google yang dilakukan oleh Tim marketing Tokopedia untuk memberikan kemudahan kepada para pedagang di tokopedia. Pengunjung yang membuka web tokopedia dapat langsung mencari produk yang mereka inginkan, dan langsung menemukan barang sesuai dengan apa yang anda jual.

Anda tidak perlu membuat website sendiri dan tidak perlu bersusah payah melakukan promosi, anda cukup membuka toko di tokopedia dan memiliki produk – produk yang dibutuhkan banyak orang bisa lansgsung jualan dengan mudah. Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang paling populer dibandingkan dengan yang lainnya seperti bukalapak, kaskus, olx dll

Jika anda ingin berjualan di Tokopedia dengan mudah maka anda perlu mengikuti beberapa tips dari kami, kami yakin barang yang anda jual akan dapat menarik konsumen untuk membelinya. Simak tips berbisnis jualan online melalui tokopedia.com

1. Cantumkan Identitas Dengan Jelas

Identitas yang jelas sangat penting, banyak orang akan melihat identitas penjual. Dengan semakin jelas identitas yang anda cantumkan maka akan memberikan keyakinan kepada konsumen untuk membeli produk anda. Identitas yang dimaksud pada tokopedia adalah seperti : Nama Toko, Pemilik Toko, Alamat Toko, Nama Anda , Kontak telepon, PIN BBM

2. Isi Deskripsi Toko yang Jelas dan Menarik

Dengan memberikan deskripsi toko yang jelas dan menarik, akan membuat konsumen yang membuka produk anda tertarik untuk membeli. Tanpa merasa takut tertipu. Hal ini berbanding lurus dengan identitas yang anda cantumkan pada halaman toko profill.

3. Pasang Logo Toko yang Menarik dan Nyata

Kenapa hal ini harus dilakukan, karena logo sangat berpengaruh untuk kelancaran bisnis anda. Bisnis mana yang tidak menggunakan logo? Mulai dari perusahaan besar seperti merek mobil, merek motor, alat elektronik menggunakan Logo. Maka anda pun menggunakan logo yang paten, tidak berganti – ganti. Karena orang akan mengingat logo anda.

4. Susun Etalase Barang yang anda jual dengan Rapi

Jika anda menjual berbagaimacam jenis produk, maka buatlah etalase barang. Karena ditokopedia dilengkapi fasilitas kategori etalase, susunlah dengan rapih berdasarkan barang yang anda jual. Misal anda menjual Hp maka letakanlah di etalase hp, jika anda menjual buku maka letakanlah di etalase buku dst.

5. Jelaskan Details Produk pada Halaman Produk

Jelaskan Produk yang anda jual dengan jelas dan gamblang, sebutkan jika barang memiliki kelebihan atau keunggulan. Jenis Varian yang tersedia , dan fasilitas – fasilitas yang bisa didapatkan pembeli jika membeli produk yang anda jual. dan lain sebagainya yang bisa memberikan daya tarik pembeli.

7. Berikan Harga Diskon

Gunakan strategi permainan Harga salah satunya dengan memberikan Harga Diskon. Karena setiap orang sangat tertarik dengan harga diskon. Belajarlah pemberian diskon yang dilakukan Ramayana atau Matahari Mall. Berikan diskon yang masuk akal agar calon pembeli tidak merasa curiga dan kurang yakin atas diskon yang anda berikan.

8. Selalu Update Barang yang Anda Jual

Pastikan stok barang-barang baru selalu tersedia, anda perlu mengupdate selalu harga barang dan tambah produk. Jangan sampai hal kecil ini justru akan membuat pelanggan anda perlu, karena kita tahu harga berubah kapan saja, ketika ada perubahan harga maka perbaharui harga pada produk yang anda jual.

9. Respon Segera Pembeli yang melakukan Order

Ketika ada pembeli yang melakukan transaksi pembelian barang pada toko anda, segera lakukan proses pengiriman barang. Sehingga pelanggan / konsumen yang membeli barang akan memberikan respon dan testimonial positif bahwa pelayanan toko anda sangat cepat. Karena jika pembeli menunggu 1 hari saja, nantinya akan beralih pada toko lain yang lebih cepat.

10. Gunakan Logo Gold untuk Menarik Perhatian 

Anda bisa menggunakan fitur Gold pada tokopedia, dimana anda akan mendapatkan nilai lebih. Karena lebih terlihat profesional. Dengan ada nya logo Gold merchant maka pembeli akan lebih yakin untuk membeli pada toko anda di tokopedia. Anda boleh coba ini, hanya dengan biaya Rp100ribu perbulan.

 

 



Silahkan Tinggalkan Komentar