7 Jenis Pekerjaan Sampingan yang cocok untuk Mahasiswa

Cara berifikir setelah menjadi mahasiswa harus bisa berubah, tidak lagi seperti anak sekolahan khususnya yang berkenaan dengan ekonomi keuangan. Mahasiswa sudah seharusnya belajar mandiri, tidak selalu mengandalkan orangtua. Orangtua hanya sebagai backup ketika kamu memang benar-benar mengalami kesulitan dalam keuangan.

Bagi sebagian mahasiswa yang berfikir dewasa mereka tidak lagi menyedot dana dari orangtua apalagi untuk keperluan pribadi. Banyak alasan mengapa mereka tidak ingin berpangku tangan lagi dengan orangtua.

Misalnya : orangtua tidak memiliki penghasilan besar sehingga hanya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan dirumah, ingin belajar mandiri sehingga setelah lulus kuliah sudah terbiasa dengan keadaan dsb.

Bekerja selama kuliah tidak dituntut untuk menjadi kaya, paling tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti untuk membeli pulsa, membeli data internet, membeli bensin, membeli parfum, membeli sabun dan lain-lain. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kesuksesan bisa kamu raih saat masih kuliah.

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Buat kamu yang membutuhkan pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu belajar kuliah, silahkan simak 5 jenis pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang bisa kamu coba lakukan. 

1. Menjadi Guru Privat atau Les.

Menjadi guru private merupakan pekerjaan sampingan yang bisa ditekuni untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, terutama bagi mahasiswa yang mengambil jurusan keguruan (FKIP). Selain itu juga ini sebagai latihan menjadi guru, ketika kamu lulus nanti sudah terbiasa mengajarkan anak-anak.

2. Bisnis Online / Internet Marketing

Perkembangan era digital memudahkan kita semua dalam berbisnis, kamu bisa memanfaatkan internet sebagai media berbisnis. Kamu bisa membuka toko online untuk memulai usaha kamu, kamu bisa memasarkan produk yang kamu jual melalui sosial media , marketplace dll.

Atau kamu juga bisa menjadi seorang blogger, telah banyak blogger sukses yang memulai karir nya saat masih kuliah. Bahkan mereka bisa memiliki penghasilan jutaan rupiah hanya melalui blog yang mereka kelola.

3. Jasa Print Tugas

Menabunglah untuk membeli sebuah printer dan komputer, dengan memiliki kedua alat ini kamu bisa membuka jasa print tugas kepada mahasiswa lain. Kamu bisa melakukan promosi melalui facebook, atau menyebarkan informasi dalam bentuk pamflet ke fakultas-fakultas yang menginformasikan bahwa kamu membuka jasa print tugas dengan harga mahasiswa.

4. Bisnis Pulsa atau Paket Data

Pulsa dan paket data internet kini telah menjadi kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi, kamu bisa memanfaatkan ini untuk berbisnis penjualan pulsa atau paket data. Karena hampir semua mahasiswa memiliki hp android dan membutuhkan pulsa dan data Internet.

5. Driver Ojek Online (Gojek / Uber / Grab)

Kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi pengemudi ojek online, karena menjadi pengemudi ojek online tidak menyita banyak waktu , kamu bebas menentukan jam kerja. Apalagi penghasilan menjadi pengemudi ojek online bisa lebih besar dari karyawan swasta.

6. Kontributor atau Penulis Lepas di sebuah Website.

Saat ini hampir semua media menawarkan kerjasama menjadi seorang kontributor, contohnya : seperti menjadi kontributor Babe (aplikasi berita), menawarkan bayaran yang besar ketika kamu bisa menerbitkan 1 buah artikel yaitu Rp50.000/artikel.

7. Dropshipper

Ini merupakan bisnis online yang tidak membutuhkan modal yang besar, karena kamu tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu, dimana kamu bisa mempromosikan produk orang lain. Ketika ada yang minat untuk membeli nya maka kamu bisa memesan ke pemilik produk untuk di kirim ke alamat pelanggan kamu.

Demikian informasi mengenai 7 jenis pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa, kami tidak menyarakan kepada anda untuk ikut dalam program bisnis MLM karena ini bisa menyita banyak waktu kamu bahkan kamu bisa melalaikan waktu kuliah.

Baca Juga : Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan



Comments are closed.